3 Negara Pernah Ditekuk Spanyol di Perempat Final Euro

Jerman berpotensi menjadi korban selanjutnya #EURO2024

Intinya Sih...

  • Spanyol berhasil meraih kemenangan meyakinkan pada babak 16 besar Euro 2024 dengan skor 4-1 melawan Georgia.
  • Sejarah menunjukkan bahwa Spanyol pernah dua kali meraih kemenangan pada babak perempat final Euro, yang berujung pada trofi juara.
  • Penampilan apik Spanyol pada Euro 2008 dan Euro 2012, berhasil menjadi juara dengan mengalahkan lawannya di babak perempat final.

Spanyol berhasil meraih kemenangan meyakinkan pada babak 16 besar Euro 2024. Bertanding di RheinEnergieSTADION melawan Georgia, anak asuh Luis de la Fuente yang sempat tertinggal lebih dahulu berhasil mengakhiri laga dengan keunggulan 4-1. Selanjutnya, Alvaro Morata dan kolega akan menghadapi sang tuan rumah, Jerman, pada babak perempat final Euro 2024, Jumat (5/7/2024).

Jika menilik kiprah Spanyol sepanjang sejarah Euro, La Furia Roja tercatat tiga kali meraih kemenangan pada babak perempat final. Menariknya, dua kemenangan pada babak perempat final berakhir dengan trofi juara. Kemenangan atas Jerman pada Jumat nanti tentu akan memudahkan jalan Spanyol untuk menjuarai Euro 2024.

1. Spanyol secara dramatis singkirkan Italia di perempat final Euro 2008 lewat adu penalti

3 Negara Pernah Ditekuk Spanyol di Perempat Final EuroSpanyol menang adu penalti atas Italia di Euro 2008. (twitter.com/EURO2024)

Spanyol tampil superior pada babak grup Euro 2008. Tergabung di Grup D bersama Rusia, Swedia, dan sang juara bertahan, Yunani, La Furia Roja berhasil finis sebagai pemuncak klasemen dengan torehan sembilan poin. Atas hasil positif itu, Spanyol lolos ke babak perempat final dan bertemu Italia yang finis sebagai runner-up Grup C.

Pertandingan antara Spanyol dan Italia pada babak perempat final Euro 2008 berlangsung sengit. Sayangnya, laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti lantaran tak ada gol tercipta selama 120 menit pertandingan berlangsung. Skor kacamata yang berakhir hingga akhir babak tambahan waktu tak terlepas dari performa apik kiper kedua tim yang juga bertugas sebagai kapten tim pada laga tersebut, Iker Casillas dan Gianluigi Buffon.

Spanyol kemudian meraih tiket ke babak semifinal setelah menang 4-2 pada babak adu penalti. Casillas menjadi pahlawan kemenangan La Furia Roja dengan melakukan dua penyelamatan. Di sisi lain, Buffon juga sempat melakukan satu penyelamatan.

Penampilan apik Spanyol berlanjut pada babak selanjutnya. Mereka berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Rusia pada babak semifinal dengan skor 3-0. Casillas dan kolega kemudian berhak atas trofi juara Euro 2008 berkat gol semata wayang Fernando Torres ke gawang Jerman di partai puncak.

Baca Juga: Berti Vogts, Sosok Tunggal Juara Euro sebagai Pemain dan Pelatih

2. Dua gol Xabi Alonso bawa Spanyol menang 2-0 atas Prancis di perempat final Euro 2012

3 Negara Pernah Ditekuk Spanyol di Perempat Final EuroSpanyol melawan Prancis di Euro 2012. (chelseafc.com)

Spanyol tampil meyakinkan pada babak grup Euro 2012. Berstatus sebagai juara bertahan, mereka berhasil finis di puncak klasemen Grup C. Anak asuh Vicente del Bosque mengungguli Italia di posisi kedua dan Kroasia di posisi ketiga.

La Furia Roja kemudian bertemu lawan tangguh pada babak perempat final. Mereka harus bertarung melawan Prancis yang finis di posisi kedua Grup D. Bertanding di Donbass Arena, Casillas dan kolega berhasil lolos ke semifinal setelah mengakhiri laga dengan unggul 2-0. Kedua gol tersebut dicetak oleh pria yang kini menjadi pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.

Spanyol berhasil mempertahankan gelar dengan menjuarai Euro 2012. La Furia Roja menyingkirkan Portugal di semifinal lewat drama adu penalti. Kemudian, di final, mereka meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-0 atas Italia.

3. Spanyol singkirkan Swiss di perempat final Euro 2020

3 Negara Pernah Ditekuk Spanyol di Perempat Final EuroSpanyol melawan Swiss di Euro 2020. (chelseafc.com)

Performa kurang meyakinkan Spanyol pada fase grup Euro 2020 membuat mereka finis di posisi kedua, berjarak dua poin dari Swedia di puncak klasemen. Atas hasil itu, La Furia Roja harus menghadapi Kroasia pada babak 16 besar. Sergio Busquets dan kawan-kawan kemudian lolos ke perempat final setelah mampu mengalahkan Kroasia dengan skor 5-3.

Bertemu Swiss di perempat final, Spanyol mendapat perlawanan yang cukup sengit. Laga tersebut bahkan harus berlanjut ke babak adu penalti lantaran skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak tambahan waktu. Anak asuh Luis Enrique lantas meraih tiket ke semifinal setelah unggul 3-1.

Sayangnya, langkah La Furia Roja harus terhenti di semifinal. Mereka kalah oleh Italia lewat adu penalti dengan skor 3-5. Gli Azzurri kemudian keluar sebagai juara setelah menang atas Inggris di partai final lewat drama adu penalti.

Statistik menunjukkan bahwa Spanyol memiliki catatan apik di Euro jika mampu mengalahkan lawannya di perempat final. Akankah La Furia Roja menang atas Jerman pada Jumat nanti sekaligus mempermalukan sang tuan rumah?

Baca Juga: 5 Pemain Georgia dengan Catatan Spesial di Euro 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya