4 Lulusan Akademi yang Dijual Mahal Benfica, Untung Banyak

João Neves diboyong PSG

Benfica baru saja mendapat dana segar. Klub yang mengoleksi 38 trofi Primeira Liga Portugal itu belum lama ini menjual salah satu pemain lulusan akademi mereka sendiri, Joao Neves. Pemain berusia 19 tahun itu diboyong raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), dengan biaya sebesar 59,9 juta euro atau Rp1,05 triliun.

Ini bukan kali pertama Benfica mendapat dana besar dengan menjual pemain jebolan akademi mereka sendiri. Klub berjuluk As Guias itu tercatat telah beberapa kali melakukan hal serupa.

Termasuk Joao Neves, berikut empat lulusan akademi yang dijual mahal Benfica.

1. Joao Felix dibeli Atletico Madrid seharga Rp2,2 triliun saat berusia 19 tahun

4 Lulusan Akademi yang Dijual Mahal Benfica, Untung BanyakJoao Felix (instagram.com/joaofelix79)

Joao Felix masih memegang rekor sebagai pemain jebolan akademi termahal yang pernah dijual Benfica. Pada musim panas 2019, ia yang saat itu masih berusia 19 tahun direkrut Atletico Madrid dengan biaya transfer sebesar 127,2 juta euro atau Rp2,2 triliun. Kepindahannya ke Estadio Cívitas Metropolitano juga membuatnya masuk sebagai lima pemain dengan biaya transfer termahal dalam sejarah sepak bola.

Felix bergabung dengan akademi Benfica saat berusia 15 tahun pada 2015. Pada 2018, ia dipromosikan ke tim utama setelah tampil mengesankan untuk tim junior. Selama membela tim utama, ia mengemas 20 gol dan 11 assist dari 43 penampilan di berbagai ajang.

2. Rúben Dias dibeli Manchester City seharga Rp1,2 triliun pada 2020

4 Lulusan Akademi yang Dijual Mahal Benfica, Untung BanyakRúben Dias (instagram.com/rubendias)

Ruben Dias bergabung dengan akademi Benfica saat berusia 11 tahun pada 2008. Sembilan tahun kemudian, tepatnya pada 2017, ia dipromosikan ke tim utama berkat performa apik di tim junior. Selain dirinya, dua pemain lain yang saat itu dipromosikan ke tim utama Benfica ialah João Carvalho dan Diogo Gonçalves.

Dias menjadi pemain penting di tim utama Benfica sejak musim pertama. Selama 3 musim, ia mencatatkan 137 penampilan dengan torehan 12 gol dan 7 assist. Pada musim panas 2020, ia hijrah ke English Premier League setelah ditebus Manchester City dengan biaya transer sebesar 71,6 juta euro atau Rp1,2 triliun.

Baca Juga: 3 Pemain Portugal yang Dibeli PSG dari Benfica dengan Harga Selangit

3. Gonçalo Ramos ditebus PSG dengan dana sebesar Rp1,14 triliun

4 Lulusan Akademi yang Dijual Mahal Benfica, Untung BanyakGoncalo Ramos (psg.fr)

Dipromosikan ke tim utama Benfica pada awal musim 2020/2021, Gonçalo Ramos tak langsung mendapat menit bermain reguler. Meski begitu, ia bekerja keras hingga mampu menjadi mesin gol pada Benfica pada 2021/2022 dan 2022/2023. Bersama As Guias, Goncalo Ramos mengemas 41 gol dan 12 assist dari 106 penampilan.

Performa impresif Ramos di Benfica berhasil mencuri perhatian raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. Les Parisiens kemudian berhasil mendapatkannya sebagai pemain pinjaman selama setengah musim sebelum akhirnya dipermanenkan pada musim dingin 2024. Oleh PSG, Ramos ditebus dengan biaya transfer sebesar 65 juta euro atau Rp1,14 triliun.

4. João Neves diboyong PSG seharga Rp1,05 triliun pada musim panas 2024

4 Lulusan Akademi yang Dijual Mahal Benfica, Untung BanyakJoão Neves (instagram.com/joao_neves87)

João Neves akan menjalani musim pertamanya di luar Portugal pada 2024/2025. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu direkrut PSG. Les Parisiens mengikatnya dengan kontrak berdurasi 5 musim hingga 2029 mendatang.

Neves belum genap 2 musim bermain untuk tim utama Benfica. Sejak dipromosikan dari akademi pada musim dingin 2023, ia telah mencatatkan 75 penampilan dengan torehan 4 gol dan 3 assist. Selain itu, ia juga berperan penting membawa As Guias juara Liga Portugal pada 2022/2023.

Para pemain di atas menjadi bagian penting di skuad Benfica selama beberapa musim terakhir. Meski akhirnya hengkang ke klub lain, As Guias selalu berhasil meregenerasi skuadnya dengan pemain-pemain muda potensial lainnya. Setelah Joao Neves, akankah ada pemain jebolan akademi lainnya yang dijual mahal Benfica?

Baca Juga: 5 Pemain Portugal Termahal yang Dijual Benfica ke Klub Lain

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya