3 Laga Tandang Terakhir Liverpool ke Markas Klub Italia di UCL

Sempat terbantai

Intinya Sih...

  • Liverpool akan bertandang ke markas AC Milan dalam laga pembuka UEFA Champions League 2024/2025.
  • Sebelumnya, Liverpool berhasil meraih kemenangan saat bertandang ke markas klub Italia di UCL 2021/2022.
  • Pada pertemuan terakhir di kandang klub Italia, Liverpool kalah telak 1-4 dari Napoli pada fase grup UCL 2022/2023.

Liverpool akan memulai kiprah mereka di UEFA Champions League 2024/2025 pada, Rabu (18/9/2024) dini hari WIB. Laga pertama The Reds tak akan mudah. Sebab, mereka harus bertandang ke markas raksasa Italia, AC Milan.

Arne Slot yang menjalani musim pertamanya di Liverpool tentu ingin anak asuhnya mampu mencuri tiga poin dari kandang Rossoneri. Kemenangan di San Siro akan membuat kepercayaan diri Mohamed Salah dan kolega meningkat untuk menjalani laga-laga selanjutnya. 

The Reds memiliki modal yang bagus sebelum menantang Alvaro Morata dan kolega. Statistik menunjukkan bahwa tiga lawatan terakhir Liverpool ke markas klub Italia menghasilkan 2 kemenangan dan 1 kekalahan. Salah satu kemenangan didapat saat mereka menang 2-1 atas AC Milan di UCL 2021/2022.

Berikut tiga laga tandang terakhir Liverpool ke markas klub Italia.

1. Liverpool permalukan AC Milan di fase grup UCL 2021/2022

3 Laga Tandang Terakhir Liverpool ke Markas Klub Italia di UCLAC Milan menjamu Liverpool di Liga Champions Eropa 2021/2022. (acmilan.com)

Liverpool tampil memukau sejak fase grup di UCL 2021/2022. Berada di Grup B bersama AC Milan, Atletico Madrid, dan FC Porto, mereka finis sebagai juara grup dengan meraih poin sempurna, yaitu 18 poin dari hasil 6 kemenangan dari total 6 laga. Salah satu kemenangan didapat saat bertandang ke markas AC milan pada pekan terakhir.

Liverpool yang telah dipastikan lolos dari fase grup melakukan rotasi di beberapa posisi saat datang ke San Siro. Salah satunya ialah dengan memainkan Tyler Morton di posisi gelandang bertahan. Selain itu, Nat Phillips juga diturunkan sejak menit awal untuk menemani Ibrahima Konaté di jantung pertahanan.

AC Milan yang mengincar kemenangan mampu unggul terlebih dahulu lewat gol Fikayo Tomori pada menit 29. Sayangnya, keunggulan itu tak bertahan lama. Liverpool langsung merespon dan menyamakan kedudukan lewat gol Salah tujuh menit setelahnya. Divock Origi yang tampil sejak menit awal sebagai ujung tombak menjadi pahlawan kemenangan The Reds lewat gol pada menit 55.

Baca Juga: 3 Pemain Pinjaman AC Milan yang Mencetak Banyak Gol, Abraham Menyusul?

2. Liverpool meraih kemenangan penting di kandang Inter Milan pada leg pertama 16 besar UCL 2021/2022

3 Laga Tandang Terakhir Liverpool ke Markas Klub Italia di UCLInter Milan menjamu Liverpool di UCL 2021/2022. (uefa.com)

Setelah mampu finis sebagai juara grup B UCL 2021/2022, Liverpool kembali bertemu klub Italia pada babak 16 besar. Kali itu, mereka ditantang oleh Inter Milan. Sebelumnya, Nerazzurri mampu lolos dari fase grup sebagai runner-up grup D dengan sepuluh poin.

Laga pertama antara Inter Milan dan Liverpool dilaksanakan di San Siro. The Reds yang menurunkan sederet pemain terbaiknya tampil impresif dan menang dengan skor 2-0. Roberto Firmino yang masuk menggantikan Diogo Jota pada menit 46 berhasil membuka keunggulan lewat golnya pada menit 75. Delapan menit berselang, Salah menggandakan keunggulan lewat tendangan mendatar yang mampu melewati beberapa pemain bertahan Inter Milan.

Meski Inter Milan mampu menang saat tandang ke markas Liverpool pada leg kedua, anak asuh Jurgen Klopp berhak lolos ke babak selanjutnya karena unggul agregat 2-1. The Reds kemudian mampu melaju hingga partai puncak setelah menyingkirkan Benfica di perempat final dan Villarreal di semifinal. Sayangnya, mereka gagal meraih trofi lantaran kalah 0-1 dari Real Madrid di final.

3. Liverpool dibantai Napoli di UCL 2022/2023

3 Laga Tandang Terakhir Liverpool ke Markas Klub Italia di UCLNapoli menjamu Liverpool di UCL 2022/2023. (uefa.com)

Laga melawan Napoli pada pekan pertama fase grup UCL 2022/2023 merupakan momen terakhir Liverpool datang ke markas klub italia di kompetisi tertinggi antarklub Eropa. The Reds yang mengincar kemenangan harus pulang dengan tangan kosong. Sebab, Napoli mengakhiri laga dengan kemenangan telak 4-1.

Napoli tampil mengejutkan dengan mencetak gol cepat pada menit 5 lewat aksi dari Piotr Zieliński. Pada menit 31, Frank Anguissa menambah keunggulan I Ciucciarelli lewat sepakan mendatar yang tak mampu diantisipasi oleh Alisson. Napoli kemudian menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 lewat satu gol tambahan dari Giovanni Simeone pada menit 44. 

The Reds yang berambisi untuk bangkit pada babak kedua justru kembali kebobolan. Zieliński membawa Napoli unggul 4-0 lewat gol keduanya pada menit 47. Dua menit berselang, Luis Diaz memperkecil ketertinggalan Liverpool lewat tendangan terukur dari luar kotak penalti.

Meski unggul secara statistik dalam tiga lawatan terakhir ke kandang klub Italia di UCL, Liverpool tak boleh lengah sedikit pun saat bertandang ke markas AC Milan, pada Rabu (18/9/2024) WIB nanti. Apalagi, Rossoneri tengah berambisi untuk bangkit dari start buruk di Serie A. Dari 3 laga yang telah dijalani, anak asuh Paulo Fonseca belum meraih 1 kemenangan pun dan terjebak di posisi ke-14 dengan torehan 2 poin.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Valencia 2024/2025, Termasuk Kiper Anyar Liverpool

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya