3 Laga dengan Jumlah Gol Terbanyak di Euro 2024

Spanyol pulangkan Georgia dengan telak #EURO2024

Euro 2024 telah usai digelar. Spanyol berhasil keluar sebagai juara setelah mampu kalahkan Inggris dengan skor 2-1 di final. Dengan capaian tersebut, La Furia Roja resmi menjadi tim yang paling sering menjuarai Euro dengan mengoleksi empat trofi.

Diikuti sederet negara top di bidang sepak bola, Euro 2024 berhasil menyajikan sederet pertandingan menarik. Beberapa laga berlangsung seru dengan terciptanya banyak gol

Tiga laga berikut masuk dalam daftar laga dengan jumlah gol terbanyak di Euro 2024. Salah satu laga berlangsung menarik lantaran berjalan ketat dan dua tim saling balas gol.

1. Jerman bantai Skotlandia dengan skor 5-1 pada laga pembuka

3 Laga dengan Jumlah Gol Terbanyak di Euro 2024Jerman menang 5-1 atas Skotlandia di Euro 2024. (dfb.de)

Pertandingan pembuka Euro 2024 menjadi laga dengan jumlah gol terbanyak sepanjang turnamen. Sebanyak enam gol tercipta dalam laga yang mempertemukan Skotlandia dengan sang tuan rumah, Jerman, Jumat (14/6/2024). Bertanding di Allianz Arena, Der Panzer berhasil meraih tiga poin lantaran mengakhiri laga dengan kemenangan telak 5-1.

Dominasi Jerman atas Skotlandia telah terlihat sejak awal laga. Hasilnya, Der Panzer berhasil unggul cepat lewat gol yang dicetak Florian Wirtz pada menit 10. Dua gol dari Jamal Musiala pada menit 19 dan Kai Havertz pada menit 45+1 membawa Jerman unggul 3-0 pada babak pertama.

Der Panzer tak mengendurkan serangan pada babak kedua. Alhasil, Niclas Fuellkrug mencetak gol keempat Jerman pada menit 68. Upaya Skotlandia untuk memperkecil ketertinggalan membuahkan hasil berkat gol bunuh diri Antonio Ruediger pada menit 87. Sayangnya, gawang Skotlandia harus kembali kebobolan oleh gol Emre Can pada menit 90+3.

Baca Juga: 8 Pemain Spanyol yang Pernah Meraih Gelar Individu di Euro

2. Austria secara dramatis mampu kalahkan Belanda dengan skor 3-2 di fase grup

3 Laga dengan Jumlah Gol Terbanyak di Euro 2024Austria menang 3-2 atas Belanda di Euro 2024. (uefa.com)

Grup D menyajikan persaingan yang cukup menarik. Austria yang awalnya tak diperhitungkan berhasil finis sebagai juara grup. Di bawah asuhan Ralf Rangnick, mereka mengungguli Prancis, Belanda, dan Polandia.

Keberhasilan Austria menjadi juara grup tak terlepas dari kemenangan atas Belanda pada matchday ketiga. Bertanding di Olympiastadion Berlin, Austria berhasil meraih tiga  poin lantaran menang 3-2. Menariknya, saling balas gol terjadi pada laga tersebut.

Austria mengakhiri babak pertama dengan unggul 1-0 berkat gol bunuh diri Donyell Malen pada menit 6. Belanda yang berinisiatif menekan pada awal babak kedua berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Cody Gakpo ke sisi kiri gawang Austria. Pada menit 59, Austria kembali unggul berkat tandukan kepala Romano Schmid.

Belanda yang beberapa kali menekan berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Memphis Depay pada menit 75. Umpan dari Wout Weghorst mampu ia selesaikan dengan baik. Sayangnya, Belanda lagi-lagi harus kebobolan. Memanfaatkan kesalahan Virgil van Dijk yang berdiri tak sejajar dengan bek-bek lainnya, Marcel Sabitzer yang bergerak cukup bebas di sisi kiri lini serang Austria berhasil melepaskan tendangan keras ke gawang De Oranje pada menit 80.

3. Spanyol hentikan langkah Georgia pada babak 16 besar dengan kemenangan 4-1

3 Laga dengan Jumlah Gol Terbanyak di Euro 2024Spanyol menang 4-1 atas Georgia di Euro 2024. (uefa.com)

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2024 diwarnai dengan dua kemenangan telak. Selain menang 3-0 atas Italia pada fase grup, mereka juga mengalahkan Georgia dengan skor 4-1 pada babak 16 besar. Kekalahan itu sekaligus menghentikan kiprah impresif Georgia sebagai debutan di Euro kali ini.

Bertanding di RheinEnergieSTADION, Georgia tampil mengejutkan dengan unggul lebih dahulu berkat gol bunuh diri Robin Le Normand pada menit 18. Usaha La Furia Roja untuk bangkit membuahkan hasil pada menit 39. Sepakan keras Rodri dari luar kotak penalti tak mampu ditepis Giorgi Mamardashvili. 

Setelah skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama, Spanyol mengamuk pada babak kedua. La Furia Roja menggelontorkan tiga gol tambahan yang dicetak oleh Fabian Ruiz, Nico William, dan Dani Olmo. Dengan mencetak satu gol dan tampil apik di lini tengah, Rodri terpilih sebagai Player of the Match pada laga tersebut.

Selain menjadi laga dengan jumlah gol terbanyak di Euro 2024, kemenangan Jerman atas Skotlandia juga berhasil memecahkan rekor lain. Kemanangan yang diraih atas Tartan Army tersebut menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Der Panzer di Euro.

Baca Juga: 3 Pemain yang Bobol Gawang Spanyol di Euro 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya