Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!

Tinggalkan Santiago Bernabeu

Nacho Fernández tak akan lagi bermain untuk Real Madrid pada 2024/2025. Pemain berusia 34 tahun itu secara resmi telah hengkang dari Santiago Bernabeu dan bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Qadsiah, secara gratis pada musim panas 2024. 

Setelah sempat bermain untuk Real Madrid di beberapa kelompok umur, pemain yang mampu bermain di beberapa posisi berbeda di lini belakang itu dipromosikan ke tim utama pada awal musim 2012/2013. Selama menjadi bagian dari tim utama, ia mencatatkan 364 penampilan dengan torehan 16 gol 10 assist. Selain itu, dirinya juga berhasil memenangi Sederet trofi bersama Los Blancos.

Berikut koleksi trofi Nacho Fernandez selama bermain untuk Real Madrid.

1. Nacho Fernandez meraih empat trofi LaLiga Spanyol

Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!Nacho Fernandez membawa Real Madrid juara LaLiga 2021/2022. (x.com/nachofi1990)

Nacho Fernandez berhasil membawa Real Madrid juara LaLiga Spanyol sebanyak empat kali, termasuk pada musim terakhirnya pada 2023/2024. Statistiknya sebagai pemain belakang juga cukup gemilang. Dari 242 laga, ia berhasil mengemas 12 gol dan 7 assist

LaLiga 2016/2017 menjadi salah satu musim terbaik Fernandez bersama Real Madrid. Dari 28 laga, ia berhasil mencetak 2 gol dan 3 assist. Berkat kontribusinya, Los Blancos secara dramatis keluar sebagai juara dengan mengungguli Barcelona di posisi kedua dan hanya berjarak tiga poin.

2. Berhasil membawa Los Blancos berjaya di Eropa dengan meraih enam trofi UCL

Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!Nacho Fernandez membawa Real Madrid juara UCL 2023/2024. (x.com/nachofi1990)

Nacho Fernández menjadi bagian penting di balik kesuksesan Real Madrid merajai UEFA Champions League dalam kurun waktu sedekade terakhir. Sejak dipromosikan ke tim utama, ia berhasil membawa Los Blancos juara sebanyak enam kali. Di kompetisi teratas antarklub Eropa itu, dirinya mencatatkan 70 penampilan dengan torehan 2 gol dan 2 assist

Kiprah Fernandez bersama Los Blancos di UCL berakhir dengan capaian manis. Bertugas sebagai kapten tim, ia berhasil membawa Real Madrid juara pada 2023/2024. Menariknya, anak asuh Carlo Ancelotti berhasil keluar sebagai juara setelah melewati perlawanan beberapa klub top, seperti Manchester City di perempat final dan Bayern Munich di semifinal.

Baca Juga: 10 Potret Nacho Fernandez, Bek yang Setia Menghuni Skuad Real Madrid

3. Nacho Fernandez persembahkan lima trofi FIFA Club World Cup

Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!Nacho Fernández membawa Real Madrid juara FIFA Club World Cup 2023. (x.com/nachofi1990)

Dominasi di pentas Eropa membuat Real Madrid beberapa kali tampil di FIFA Club World Cup. Di ajang tersebut, Los Blancos selalu keluar sebagai juara setiap kali berpartisipasi dalam kurun waktu sedekade terakhir. Sejak dipromosikan ke tim utama, Nacho Fernandez turut berperan membawa Los Blancos meraih lima trofi FIFA Club World Cup.

Bersama Los Blancos, Nacho Fernandez mencatatkan lima penampilan di ajang tersebut. Meski tak mencetak gol dan assist, perannya di lini belakang cukup vital. Ia bahkan sempat menjadi kapten tim dan bermain selama 90 menit saat Real Madrid menang 4-1 atas Al-Ahly di semifinal pada 2023.

4. Nacho Fernandez memenangi empat trofi UEFA Super Cup

Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!Nacho Fernandez membawa Real Madrid juara UEFA Super Cup 2022/2023. (x.com/nachofi1990)

Selain FIFA Club World Cup, dominasi di pentas Eropa juga membuat Real Madrid beberapa kali tampil di UEFA Super Cup. Bersama Los Blancos, Nacho Fernandez berhasil menjuarai ajang tersebut sebanyak empat kali. Sayangnya, dirinya tak pernah tampil sedetik pun di ajang tersebut. 

Fernandez sejatinya berpeluang mengoleksi lima trofi UEFA Super Cup selama membela Real Madrid. Sayangnya, ia tak masuk ke dalam skuad pada 2014/2015. Di partai final saat itu, Real Madrid berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 2-0.

5. Nacho Fernandez mempersembahkan 2 trofi Copa del Rey dan 5 trofi Supercopa de Espana

Koleksi Trofi Nacho Fernández selama Membela Real Madrid, Gemilang!Nacho Fernandez menjuarai Copa del Rey 2022/2023 bersama Real Madrid. (x.com/nachofi1990)

Selain beberapa gelar bergengsi di atas, Nacho Fernandez juga berhasil membawa Real Madrid menjuarai Copa del Rey dan Supercopa de Espana. Secara Total, ia mempersembahkan 2 trofi Copa del Rey dan 5 trofi Supercopa de Espana. Kesuksesan di dua ajang itu membuat koleksi trofi Fernandez menjadi lengkap.

Selama membela Los Blancos, Fernandez tampil dalam 40 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist di Copa del Rey. Dua gol tersebut tercipta ke gawang CyD Leonesa pada 2016/2017 dan Real Sociedad pada 2019/2020. Sedangkan di Supercopa de Espana, ia mencatatkan tujuh penampilan tanpa mencetak gol dan assist.

Secara total, Nacho Fernandez perembahkan 26 trofi untuk Real Madrid. Dengan capaian gemilang itu, ia layak disebut sebagai legenda Los Blancos.

Baca Juga: 6 Manajer yang Pernah Menangani Nacho Fernandez di Real Madrid

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya