4 Jebolan Akademi yang Dilepas Ipswich Town pada Musim Panas 2024

Elkan Baggott dipinjamkan kepada Blackpool

Ipswich Town akan kembali tampil di kasta teratas sepak bola Inggris pada 2024/2025. Mereka menjadi 1 dari 3 klub yang berhasil promosi dari Championship. Terakhir kalinya klub berjuluk The Tractor Boys itu tampil di English Premier League terjadi pada 2001/2002.

Untuk mampu tampil kompetitif di EPL, Ipswich Town bergerak cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2024 ini. Enam pemain baru telah didatangkan untuk membuat skuad makin solid. Di sisi lain, klub yang mengoleksi satu trofi kasta tertinggi Liga Inggris itu juga telah melepas sepuluh pemainnya.

Menariknya, 4 dari 10 pemain yang telah dilepas merupakan jebolan akademi, salah satunya ialah Elkan Baggott. Pemain Timnas Indonesia itu dipinjamkan kepada klub kasta ketiga, Blackpool. Termasuk Elkan Baggott, berikut empat jebolan akademi yang dilepas Ipswich Town pada musim panas 2024.

1. Idris El Mizouni direkrut klub milik Erick Thohir, Oxford United

4 Jebolan Akademi yang Dilepas Ipswich Town pada Musim Panas 2024Idris El Mizouni (kanan) (itfc.co.uk)

Idris El Mizouni dipromosikan ke tim utama Ipswich Town pada musim panas 2019. Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu kesulitan mendapat menit bermain. Oleh The Tractor Boys, ia sempat beberapa kali dipinjamkan kepada klub lain.

Setelah bermain untuk Leyton Orient sebagai pemain pinjaman pada 2023/2024, pemain asal Tunisia itu resmi hengkang secara permanen dari Ipswich Town pada musim panas 2024 ini. Dirinya direkrut klub milik Erick Thohir yang berlaga di Championship, Oxford United. Oleh klub berjuluk The Us tersebut, ia diikat kontrak hingga 2027.

2. Nick Hayes hijrah ke klub kasta kelima Inggris

4 Jebolan Akademi yang Dilepas Ipswich Town pada Musim Panas 2024Nick Hayes (barnetfc.com)

Nick Hayes mengasah kemampuan di akademi Ipswich Town pada 2017/2018. Setelah sempat beberapa kali pindah klub, ia direkrut tim utama Ipswich Town pada musim dingin 2022. Sayangnya, perjalanan Hayes bersama The Tractor Boys tak mudah.

Pemain berpaspor Inggris itu tak mencatatkan menit bermain sedetik pun bersama Ipswich Town sejak pertama kali datang ke Portman Road. Ia bahkan sempat dua kali dipinjamkan kepada klub lain. Pada musim panas 2024 ini, kontraknya dengan Ipswich Town resmi berakhir dan ia sepakat bergabung dengan klub kasta kelima, Barnet.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Ipswich Town pada Musim Panas 2024

3. Corrie Ndaba lebih sering dipinjamkan kepada klub lain oleh Ipswich Town

4 Jebolan Akademi yang Dilepas Ipswich Town pada Musim Panas 2024Corrie Ndaba (instagram.com/corriendaba)

Corrie Ndaba resmi angkat kaki dari Portman Road pada musim panas 2024 ini. Dirinya dipermanenkan oleh klub kasta teratas Skotlandia, Kilmarnock FC, setelah menjadi pemain pinjaman selama semusim. Bersama Kilmarnock pada 2023/2024, ia diandalkan di sisi kiri pertahanan dan mencatatkan 37 penampilan dengan torehan 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Sejak dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2021, Ndaba kesulitan mendapat menit bermain di Ipswich Town. Secara total, ia hanya tampil dalam lima laga. Selain Kilmarnock, pemain berpaspor Irlandia itu juga sempat dipinjamkan kepada Salford, Burton Albion, dan Fleetwood.

4. Elkan Baggott dipinjamkan kepada Blackpool

4 Jebolan Akademi yang Dilepas Ipswich Town pada Musim Panas 2024Elkan Baggott (instagram.com/elkanbaggott)

Elkan Baggott harus menunda mimpinya untuk tampil di EPL. Oleh Ipswich Town, ia kembali dipinjamkan kepada klub lain pada 2024/2025. Pemain yang mengoleksi 2 gol dari 22 penampilan bersama Timnas Indonesia itu akan bermain untuk Blackpool di kasta ketiga Inggris, League One.

Sebelumnya, Ipswich Town telah beberapa kali meminjamkan Baggott kepada klub lain. Klub-klub yang pernah memakai jasa pemain kelahiran Bangkok itu ialah Gillingham FC, Cheltenham, dan Bristol Rovers. Sedangkan, bersama The Tractor Boys, Baggott baru mencatatan 7 laga dengan torehan 1 gol.

Ipswich Town tampaknya masih ingin memberi kesempatan kepada Elkan Baggott untuk terus berkembang. Buktinya, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu tidak dilepas secara permanen seperti tiga pemain lainnya dalam daftar ini. Pertanyaannya, mampukah Baggott tampil apik bersama Blackpool dan mencuri perhatian tim pelatih Ipswich Town?

Baca Juga: Profil Elkan Baggott, Bek Timnas yang Bela Ipswich Town

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya