4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade Rennais

Désiré Doué direkrut PSG 

Stade Rennais menjadi klub yang hampir selalu mempromosikan pemain akademi ke tim senior tiap musimnya. Menariknya, tak sedikit dari mereka mampu tampil melebihi ekspektasi dan bersinar bersama Les Rouge et Noirs. Performa apik mereka bahkan sering kali membuat klub-klub top Eropa rela mengeluarkan dana besar untuk merekrutnya.

Terbaru, ada Désiré Doué yang resmi berpisah dengan Stade Rennais untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain. Menariknya, dana besar yang dikeluarkan Les Parisiens untuk menebusnya membuat pemain berusia 19 tahun itu sebagai pemain akademi termahal yang pernah dijual Stade Rennais.

Termasuk Desire Doue, berikut empat pemain akademi yang dijual mahal Stade Rennais.

4. Lesley Ugochukwu ditebus Chelsea seharga Rp464 miliar pada 2023

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade RennaisLesley Ugochukwu (instagram.com/l.ugochukwu8)

Lesley Ugochukwu bergabung dengan akademi Stade Rennais ketika berusia 8 tahun pada 2012. Di tim junior, ia menunjukkan performa yang menjanjikan hingga mampu promosi ke tim senior pada 2021. Pada musim pertama di tim senior, dirinya tampil dalam 23 laga dengan torehan 1 gol.

Performa Ugochukwu makin menjanjikan pada musim kedua. Berposisi utama sebagai gelandang bertahan, ia tampil dalam 35 laga dengan torehan 1 assist. Chelsea yang kepincut dengannya kemudian berhasil merekrutnya pada musim panas 2023 dengan dana sebesar 27 juta euro atau Rp464 miliar.

3. Eduardo Camavinga diboyong Real Madrid seharga Rp532 miliar pada 2021

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade RennaisEduardo Camavinga (hinstagram.com/camavinga)

Karier Eduardo Camavinga meningkat pesat di Real Madrid. Kehadirannya berhasil membawa Los Blancos meraih berbagai trofi bergengsi. Menariknya, keputusan Real Madrid untuk memboyongnya seharga 31 juta euro atau Rp532 miliar pada 2021 tak terlepas dari performa impresifnya di Stade Rennais.

Pemain berpaspor Prancis itu menjadi pemain penting di lini tengah Stade Rennais sejak promosi dari tim junior pada 2019. Bersama Les Rouge et Noirs, ia mencatatkan 88 penampilan dengan torehan 2 gol dan 5 assist. Dirinya berperan penting membawa Stade Rennais finis di posisi ketiga Ligue 1 Prancis 2019/2020.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Direkrut AC Milan dari Klub Ligue 1

2. Ousmane Dembélé (Rp601 miliar) ditebus Borussia Dortmund pada 2016

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade RennaisOusmane Dembélé (instagram.com/o.dembele7)

Performa menjanjikan Ousmane Dembélé di tim junior berhasil membuatnya promosi ke tim senior pada musim panas 2015. Meski saat itu baru berusia 18 tahun, ia tak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Dirinya tampil tajam di lini serang dan mengemas 12 gol dari 26 laga di Ligue 1 2015/2016.

Raksasa Jerman, Borussia Dortmund, tertarik dengan performa Dembele di Stade Rennais. Klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu kemudian merekrutnya dengan biaya sebesar 35 juta euro atau Rp601 miliar. Setelah sempat hijrah ke Barcelona, Dembele kembali ke Prancis pada musim pans 2023 dengan bermain untuk PSG.

1. Désiré Doué (Rp859 miliar) menjadi pemain jebolan akademi termahal yang pernah dijual Stade Rennais

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal Stade RennaisDésiré Doué (nomor 33) (instagram.com/desire.doue)

Désiré Doué mampu tampil menonjol sejak promosi ke tim senior Stade Rennais pada 2022. Di Ligue 1 2022/2023, ia mengemas 3 gol dari 26 laga. Performa apik tersebut berlanjut pada musim berikutnya. Dari 31 penampilan di Ligue 1 2023/2024, ia mampu mencetak 4 gol dan 5 assist.

PSG yang tengah berburu pemain muda potensial berhasil memboyongnya ke Parc des Princes pada musim panas 2024 ini. Pemain berusia 19 tahun tersebut ditebus seharga 50 juta euro atau Rp859 miliar. Bermain untuk klub sebesar PSG tentu membuatnya namanya semakin dikenal.

Diboyong dengan harga mahal tentu bukan jaminan bagi Désiré Doué untuk mendapat utama di skuad Les Parisiens. Apalagi, klub yang mengoleksi 12 trofi Liga Prancis itu memiliki sederet winger top. Mampukah Désiré Doué bersaing di skuad bertabur bintang PSG?

Baca Juga: 4 Pemain Baru yang Cetak Gol pada Pekan Ke-1 Ligue 1 Prancis 2024/2025

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya