6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024

Semuanya masih berusia muda

Intinya Sih...

  • Manchester United mendatangkan pemain muda potensial, Joshua Zirkzee dan Leny Yoro.
  • Willy Kambwala dipermanenkan oleh Villarreal dengan biaya 10 juta euro atau Rp176 miliar.
  • Mason Greenwood hengkang ke Marseille setelah absen lama dan tampil apik bersama Getafe.

Manchester United manjadi salah satu klub yang paling sering disebut pada awal bursa transfer musim panas 2024. Itu tak terlepas dari pergerakan agresif mereka untuk mendatangkan pemain baru. Sejauh ini, Setan Merah telah mendaratkan dua pemain muda potensial, yaitu Joshua Zirkzee dan Leny Yoro.

Setan Merah tampaknya ingin segera bangkit dari krisis pada 2024/2025. Untuk memenuhi misi itu, mereka juga telah melepas sejumlah pemain. Menariknya, sebanyak 6 dari 9 pemain yang telah dilepas Manchester United sejauh ini pernah mengasah kemampuan di akademi. Siapa saja mereka?

1. Willy Kambwala direkrut Villarreal dan diikat kontrak hingga 2029

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Willy Kambwala diperkenalkan sebagai pemain baru Villarreal pada musim panas 2024. (villarrealcf.es)

Willy Kambwala tercatat menjadi bagian dari tim utama MU selama setengah musim. Setelah bermain untuk beberapa kelompok umur, ia dipromosikan ke tim utama pada Januari 2024. Bersama tim utama, ia mencatatkan 10 penampilan.

Pemain berusia 19 tahun itu akan memulai petualangan baru pada 2024/2025. Dirinya diboyong oleh Villarreal dengan biaya sebesar 10 juta euro atau Rp176 miliar. Oleh El Submarino Amarillo, Kambwala diikat kontrak jangka panjang hingga 2029 mendatang.

Baca Juga: 6 Bek Tengah Prancis yang Pernah Berseragam Manchester United

2. Álvaro Carreras dipermanenkan Benfica setelah tampil apik sebagai pemain pinjaman

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Álvaro Carreras (instagram.com/alvarocarreras3)

Setelah sempat bermain untuk MU U-21 dan U-23, Álvaro Carreras dipromosikan ke tim utama pada 2022/2023. Meski begitu, ia tak pernah tampil untuk Setan Merah di kompetisi resmi. Hal itu lantaran ia selalu dipinjamkan kepada klub lain. Klub-klub yang pernah memakai jasanya ialah Preston, Granada, dan Benfica. 

Pemain berusia 21 itu akhirnya dipermanenkan oleh Benfica setelah hanya menjadi pemain pinjaman pada paruh kedua 2023/2024. Bersama Benfica, ia mampu tampil apik sebagai bek kiri dan telah mengemas 1 gol dan 1 assist dari 16 penampilan. Oleh As Guias, ia ditebus dengan biaya sebesar 6 juta euro atau Rp105 miliar dengan durasi kontrak hingga 2029.

3. Mason Greenwood bergabung dengan Marseille setelah dikaitkan dengan beberapa klub top

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Mason Greenwood (instagram.com/masongreenwood)

Mason Greenwood akhirnya secara resmi hengkang dari MU. Pemain berusia 22 tahun bergabung dengan klub Ligue 1 Prancis, Marseille. Les Phocéens mengeluarkan biaya sebesar 26 juta euro atau Rp458 miliar untuk menebusnya.

Setelah absen cukup lama lantaran terjerat kasus kekerasan seksual, Greenwood tampil apik sebagai pemain pinjaman di Getafe pada 2023/2024. Dirinya berhasil mengemas 10 gol dan 6 assist dari 36 penampilan di berbagai ajang. Performa apiknya bersama Getafe bahkan sempat membuat beberapa klub top tertarik untuk memboyongnya.

4. Omari Forson bergabung dengan AC Monza secara gratis

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Omari Forson (instagram.com/omariforson10)

Omari Forson resmi meninggalkan Old Trafford seiring dengan kontraknya yang telah berakhir. Sebelum dipromosikan ke tim utama pada Januari 2024, ia sempat bermain untuk beberapa kelompok umur. Sedangkan bersama tim utama, Forson hanya tampil dalam 7 laga dengan torehan 1 assist.

Pemain berusia 20 tahun itu akan melanjutkan kariernya di Serie A pada 2024/2025. Klub yang finis di posisi 12 Serie A 2023/2024, AC Monza, resmi mendapatkan tanda tangannya. Oleh I Bagai, Forson diikat kontrak hingga 2028 mendatang.

5. Brandon Williams masih berstatus tanpa klub

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Brandon Williams (instagram.com/branwilliams)

Brandon Williams sempat disebut-sebut sebagai bek kiri masa depan Manchester United. Dipromosikan ke tim utama pada awal musim 2019/2020, ia mencatatkan 17 penampilan dengan torehan 1 gol di berbagai ajang pada musim debutnya. Sayangnya, menit bermainnya bersama Setan Merah semakin menurun pada musim-musim berikutnya.

Williams resmi tak akan lagi membela Setan Merah pada musim depan. Hal itu lantaran pihak klub tak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2024 ini. Saat ini, pemain berusia 23 tahun itu masih berstatus tanpa klub.

6. Shola Shoretire memutuskan untuk hengkang meski pihak klub sempat menahannya

6 Jebolan Akademi yang Dilepas Manchester United Musim Panas 2024Shola Shoretire (instagram.com/sholashoretire)

Shola Shoretire tak mendapat menit bermain yang cukup di tim utama Manchester United. Sejak dipromosikan ke tim utama pada 2020, ia hanya mencatatkan lima penampilan di berbagai ajang. Padahal, ia sempat tampil tajam bersama tim U-21 dengan mengemas 32 gol dan 20 assist dari 71 penampilan.

Pihak klub sejatinya ingin memberi kesempatan kepada Shoretire. Setan Merah ingin memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2024 ini. Sayangnya, sang pemain telah membuat keputusan untuk hengkang.

Selain enam pemain jebolan akademi tersebut, tiga pemain lain yang telah dilepas MU ialah Donny van de Beek, Raphaël Varane, dan Anthony Martial. Penurunan performa menjadi alasan utama Setan Merah melepas mereka pada musim panas ini.

Baca Juga: 5 Bek Termahal yang Pernah Direkrut Manchester United, Yoro Terbaru!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya