4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal oleh Arsenal

Emile Smith Rowe resmi gabung Fulham 

Intinya Sih...

  • Arsenal telah kehilangan beberapa pemain akademi mahal, termasuk Emile Smith Rowe yang bergabung dengan Fulham.
  • Cesc Fàbregas ditebus oleh Barcelona seharga 34 juta euro setelah tampil impresif di Arsenal, sementara Alex Iwobi dan Folarin Balogun juga pindah dengan nilai transfer tinggi.
  • Smith Rowe hengkang ke Fulham dengan biaya 31,8 juta euro setelah kesulitan mendapat menit bermain di Arsenal, seperti halnya Iwobi dan Balogun sebelumnya.

Arsenal menjadi salah satu klub top Inggris yang tercatat pernah melahirkan pemain-pemain top dari akademinya. Namun, kebanyakan dari mereka akhirnya hengkang dari Emirates Stadium karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya ditebus mahal oleh klub lain.

Yang terbaru, ada Emile Smith Rowe yang memilih hengkang ke Fulham. Menariknya, kepergiannya dari Emirates Stadium membuatnya menjadi salah satu pemain jebolan akademi yang dijual mahal oleh Arsenal.

Termasuk Smith Rowe, berikut empat pemain jebolan akademi yang dijual mahal oleh Arsenal.

1. Cesc Fàbregas hengkang ke Barcelona setelah ditebus dengan biaya sebesar Rp600 miliar

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal oleh ArsenalCesc Fàbregas (uefa.com)

Cesc Fàbregas pindah ke akademi Arsenal pada 2003 setelah mengasah kemampuan di akademi Barcelona selama 6 tahun. Berkat penampilan apik di akademi Arsenal, ia kemudian dipromosikan ke tim utama pada awal musim 2004/2005. Performanya bersama The Gunners meningkat cukup pesat.

Fabregas mencatatkan 303 penampilan dengan torehan 57 gol dan 95 assist bersama The Gunners. Penampilan impresifnya selama 7 musim bersama Arsenal berhasil menarik perhatian Barcelona. Blaugrana kemudian berhasil mendatangkannya pada 2011 dengan biaya sebesar 34 juta euro atau Rp600 miliar. Saat ini, ia berstatus sebagai manajer di klub promosi Serie A Italia, Como.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal yang Pindah ke Fulham dalam 14 Tahun Terakhir

2. Emile Smith Rowe (Rp561 miliar) mengalami masa sulit di tim utama Arsenal

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal oleh ArsenalEmile Smith Rowe (instagram.com/esr)

Emile Smith Rowe baru saja mengambil salah satu keputusan terpenting dalam kariernya. Setelah kesulitan mendapat menit bermain dan beberapa kali diganggu cedera, ia memutuskan untuk menerima tawaran Fulham pada musim panas 2024 ini. Oleh The Cottagers, ia ditebus dengan dana sebesar 31,8 juta euro atau Rp561 miliar dengan durasi kontrak hingga 2029 mendatang.

Pemain kelahiran tahun 2000 itu bergabung dengan akademi Arsenal pada 2010. Setelah sempat membela beberapa kelompok umur, ia dipromosikan ke tim utama pada 2020. Bersama The Gunners, ia mencatatkan 115 penampilan dengan torehan 18 gol dan 13 assist.

3. Alex Iwobi (Rp536 miliar) hijrah ke Everton pada 2019 setelah  4 musim bersama The Gunners

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal oleh ArsenalAlex Iwobi (instagram.com/alexanderiwobi)

Akademi Arsenal tercatat menjadi satu-satunya tempat bagi Alex Iwobi mengasah kemampuannya ketika junior. Dirinya berada di sana sejak 2004 hingga 2015. Berkat performa apik di tim junior, ia diberi kesempatan untuk promosi ke tim utama pada awal musim 2015/2016.

Iwobi bermain untuk The Gunners hingga 2019. Selama 4 musim di tim utama Arsenal, ia tampil dalam 149 laga dengan torehan 15 gol dan 24 assist. Pada musim panas 2019, ia hengkang ke Everton setelah ditebus dengan biaya sebesar 30,4 juta euro atau Rp536 miliar.

4. Folarin Balogun dibeli AS Monaco dengan biaya sebesar Rp529 miliar pada musim panas 2023

4 Jebolan Akademi yang Dijual Mahal oleh ArsenalFolarin Balogun (arsenal.com)

Persaingan ketat di sektor penyerang tengah menjadi alasan utama Folarin Balogun resmi meninggalkan Arsenal pada musim panas 2023. Pemain Amerika Serikat itu bergabung dengan AS Monaco setelah ditebus dengan biaya sebesar 30 juta euro atau Rp529 miliar. Sebelum resmi hengkang dari Emirates Stadium, ia sempat dipinjamkan kepada Stade Reims selama semusim.

Balogun mengasah kemampuan di akademi Arsenal sejak berusia 10 tahun pada 2011. Pada 2022, ia resmi dipromosikan ke tim utama setelah sempat dipinjamkan kepada Middlesbrough selama setengah musim. Bersama The Gunners, ia hanya tampil dalam 10 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

Kini, Emile Smith Rowe percaya bahwa hengkang ke Fulham adalah keputusan sempurna dalam kariernya. Pemain berusia 24 tahun itu juga berharap mampu menentukan sentuhan terbaiknya bersama The Cottagers. Mampukah ia mewujudkannya bersama Fulham?

Baca Juga: 6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo Calafiori

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya