4 Eks Newcastle United yang Masih Berstatus Tanpa Klub

Loris Karius salah satunya

Intinya Sih...

  • Newcastle United gagal tampil di Eropa setelah finis ketujuh di Premier League 2023/2024.
  • Mereka melepas tujuh pemain termasuk Jeff Hendrick, Matt Ritchie, dan Loris Karius.
  • Newcastle juga mendatangkan tiga pemain baru dan mempermanenkan Lewis Hall.

Newcastle United tak mampu tampil maksimal di English Premier League 2023/2024. The Magpies hanya mampu finis di posisi ketujuh dan absen tampil di pentas Eropa pada 2024/2025. Padahal, mereka berhasil menembus empat besar pada musim sebelumnya.

Kegagalan The Magpies untuk meraih tiket tampil di kompetisi antarklub Eropa tampaknya tak ingin diulangi musim depan. Buktinya, pergerakan mereka pada bursa transfer musim panas 2024 cukup aktif. Sejauh ini, klub dengan empat trofi Liga Inggris itu telah melepas tujuh pemain, termasuk empat nama berikut yang masih berstatus tanpa klub setelah resmi meninggalkan St James' Park.

1. Jeff Hendrick lebih sering dipinjamkan kepada klub lain sejak direkrut The Magpies pada 2020

4 Eks Newcastle United yang Masih Berstatus Tanpa KlubJeff Hendrick (newcastleunited.com)

Jeff Hendrick gagal bersinar di Newcastle United. Sejak didatangkan secara gratis dari Burnley pada musim panas 2020, ia lebih sering dipinjamkan kepada klub lain. Klub-klub yang pernah memakai jasanya sebagai pemain pinjaman ialah Queens Park Rangers, Reading, dan Sheffield Wednesday.

Pemain asal Irlandia ini hanya mencatatkan 27 penampilan selama berseragam Newcastle United. Berposisi sebagai gelandang, ia juga mengemas 3 gol dan 1 assist. Saat ini, ia masih mencari klub baru untuk melanjutkan kariernya.

Baca Juga: 4 Pemain Newcastle United yang Unjuk Gigi di Euro 2024

2. Matt Ritchie dirumorkan pulang ke Portsmouth

4 Eks Newcastle United yang Masih Berstatus Tanpa KlubMatt Ritchie (newcastleunited.com)

Kontrak Matt Ritchie bersama Newcastle United resmi berakhir pada musim panas 2024 ini. Selama berseragam The Magpies, pemain berusia 34 tahun itu mencatatkan 215 penampilan dengan torehan 25 gol dan 32 assist. Salah satu musim terbaiknya bersama Newcastle ialah saat ia berhasil mengemas 12 gol dan 8 assist di Championship 2016/2017.

Setelah resmi berpisah dengan The Magpies, Ritchie dirumorkan akan kembali membela mantan klubnya, Portsmouth. Klub yang bermarkas di Fratton Park itu disinyalir membutuhkan pengalaman Ritchie untuk mampu tampil kompetitif di Championship 2024/2025. Sebelumnya, Portsmouth berhasil promosi ke Championship setelah finis sebagai pemuncak klasemen League One 2023/2024.

3. Loris Karius ingin melanjutkan karier di Serie A

4 Eks Newcastle United yang Masih Berstatus Tanpa KlubLoris Karius saat membela Besiktas pada 2018. (twitter.com/LorisKarius)

Loris Karius menjadi salah satu pemain yang harus angkat kaki dari St James' Park pada musim panas 2024. Sejak bergabung pada awal musim 2022/2023, mantan pemain Liverpool itu memang tak mendapat banyak kesempatan bermain. Selama 2 musim berseragam The Magpies, ia hanya menjadi pelapis Nick Pope dan Martin Dubravka dengan hanya tampil dalam 180 menit dari 2 laga.

Kiper asal Jerman itu kini tengah mencari klub baru untuk musim depan. Dirinya dikabarkan ingin mencoba tantangan baru dengan bermain di Serie A Italia. Meski begitu, hingga kini belum ada kesepakatan antara dirinya dengan salah satu klub Serie A.

4. Paul Dummett tinggalkan Newcastle United setelah 23 tahun

4 Eks Newcastle United yang Masih Berstatus Tanpa KlubPaul Dummett (instagram.com/pauldummett)

Paul Dummett merupakan pemain yang telah menjadi bagian dari Newcastle United selama 23 tahun. Dirinya telah bergabung dengan akademi sejak berusia 9 tahun. Bersama tim senior, Dummett telah mencatatkan 213 penampilan dengan torehan 4 gol di berbagai ajang.

Bersama Ritchie, Dummett menjadi pemain penting yang membawa Newcastle naik ke kasta teratas dengan menjuarai Championship 2016/2017. Sepanjang musim itu, Ritchie tampil kokoh di lini belakang dengan mencatatkan 45 penampilan. Saat ini, ia masih mencari klub baru untuk melanjutkan kariernya.

Newcastle United ingin serius memanfaatkan bursa transfer musim panas 2024 dengan sebaik-sebaiknya. Selain telah melepas tujuh pemain, mereka juga berhasil mendatangkan tiga pemain baru. The Magpies juga telah resmi mempermanenkan Lewis Hall, pemain berusia 19 tahun yang tampil apik pada 2023/2024 sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain Newcastle United Berpotensi Hengkang pada Musim Panas 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya