Deretan Prestasi Ángel Di María Bersama Timnas Argentina, Gemilang!

Final Copa America 2024 jadi penampilan terakhir

Intinya Sih...

  • Angel Di Maria gantung sepatu dari tim nasional Argentina setelah membawa La Albiceleste menang di final Copa America 2024.
  • Di Maria tampil dalam 145 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 32 assist bersama Argentina, serta memenangkan Piala Dunia U-20 pada tahun 2007.
  • Dengan capaian terbaiknya bersama Argentina, Di Maria telah mengoleksi tiga trofi juara dunia, yakni pada tahun 2022, setelah sebelumnya pada tahun 1978 dan 1986.

Ángel Di María memutuskan untuk gantung sepatu dari tim nasional. Laga melawan Kolombia di final Copa America 2024 merupakan penampilan terakhirnya bersama La Albiceleste. Menariknya, ia yang tampil selama 117 pada laga itu berhasil membawa Argentina menang dan meraih trofi juara.

Pemain kelahiran Rosario, Argentina, itu mencatatkan debut bersama timnas senior Argentina pada 6 September 2008. Dirinya tampil sebagai starter dan bermain selama 45 menit saat Argentina bertemu Paraguay di Kualifikasi Piala Dunia 2010. Laga yang berlangsung di Mâs Monumental tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Bersama La Albiceleste, Di Maria tampil dalam 145 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 32 assist. Selain itu, pemain yang memulai karier profesional bersama CA Rosario Central itu juga berhasil mencatatkan sejumlah prestasi mentereng.

1. Angel Di Maria berperan penting membawa Argentina juara sepak bola Olimpiade Beijing 2008

Deretan Prestasi Ángel Di María Bersama Timnas Argentina, Gemilang!Ángel Di María membela Argentina di Olimpiade Beijing 2008. (twitter.com/FIFAcom)

Di María menjadi salah satu pemain penting saat Argentina menjuarai sepak Bola Olimpiade Beijing 2008. Dari fase grup hingga final, ia selalu tampil dalam setiap laga yang dijalani Argentina. Ia berhasil mencatatkan 2 gol dan 3 assist dari 6 penampilan. 

Di Maria merupakan pahlawan Argentina di partai puncak. Bertanding di National Stadium, ia mencetak satu-satunya gol saat saat Argentina melawan Nigeria di final. Menariknya, pemain yang memberi assist kepada Di Maria ialah Lionel Messi.

2. Angel Di Maria mengoleksi dua trofi Copa America

Deretan Prestasi Ángel Di María Bersama Timnas Argentina, Gemilang!Ángel Di María (instagram.com/angeldimariajm)

Di Maria berhasil membawa Argentina menjuarai Copa America sebanyak dua kali. Yang pertama terjadi pada 2021. Menariknya, ia tampil sebagai pahlawan kemenangan di final dengan mencetak satu-satunya gol ke gawang Brasil.

Pemain yang mampu bermain di sisi kiri dan kanan lini serang itu kembali membawa Argentina juara Copa America pada 2024. Meski tak mampu mencetak satu gol pun, ia masih menjadi pemain penting di lini serang. Dari 6 laga yang dijalani Argentina di Copa America 2024, Di Maria tampil dalam 5 laga dengan torehan 1 assist.

Baca Juga: Perpisahan Manis Angel Di Maria Bersama Argentina

3. Angel Di Maria membawa Argentina meraih trofi Finalissima 2022 setelah kalahkan Italia

Deretan Prestasi Ángel Di María Bersama Timnas Argentina, Gemilang!Angel Di maria membawa Argentina juara Finalissima 2022. (instagram.com/angeldimariajm)

Argentina tampil di Finalissima 2022 sebagai juara Copa America 2021. Di laga penentuan, La Albiceleste bertemu Italia, Rabu (1/6/2022), yang merupakan juara Euro 2000. Demi mampu meraih trofi, kedua tim menurunkan sederet pemain terbaiknya di laga tersebut.

Anak asuh Lionel Scaloni berhasil mengalahkan Italia dengan skor telak 3-0. Di Maria mencetak satu gol pada menit 45+1. Dua gol lainnya dicetak oleh Lautaro Martinez dan Paulo Dybala.

4. Cetak 1 gol dan 1 assist di final dan bawa Argentina juara Piala Dunia 2022

Deretan Prestasi Ángel Di María Bersama Timnas Argentina, Gemilang!Angel Di maria (nomor 11) menjuarai Piala Dunia 2022 bersama Argentina. (fifa.com)

Trofi Piala Dunia 2022 menjadi capaian terbaik Di Maria bersama Argentina. Dengan capaian tersebut, Argentina telah mengoleksi tiga trofi juara dunia. Sebelumnya, La Albiceleste juga pernah menjadi juara pada 1978 dan 1986.

Momen terbaik Di Maria di Piala Dunia 2022 terjadi di laga final melawan Prancis. Setelah Messi mencetak gol pembuka pada menit 23, dirinya menggandakan keunggulan pada menit 36. Selain satu gol itu, ia juga mencetak satu assist untuk gol pertama Messi.

Selain rentetan capaian gemilang di atas, Di Maria juga sempat berprestasi ketika masih bermain untuk tim junior Argentina. Dirinya berhasil membawa Argentina U-20 juara Piala Dunia 2007. Menariknya, ia tampil apik di ajang itu dengan mengemas 3 gol dan 2 assist dari 5 penampilan.

Baca Juga: Scaloni: Angel Di Maria Merupakan Legenda Argentina

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya