3 Negara Asia Sempurna pada Fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jepang dan Australia sama sekali tidak kebobolan

Fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah usai. Sebanyak 18 tim berhasil lolos dari babak ini. Selanjutnya, mereka akan kembali bertarung pada fase ketiga mulai September 2024 mendatang.

Beberapa tim berhasil lolos ke babak ketiga dengan tidak mudah. Salah satunya Indonesia yang tak mampu meraih kemenangan pada dua laga awal dan sempat menjadi juru kunci Grup F. Selain itu, ada juga China yang secara dramatis lolos ke babak ketiga meski memiliki poin dan jumlah gol yang sama dengan Thailand.

Di sisi lain, beberapa negara tampil dominan dengan selalu meraih kemenangan dalam enam laga. Tiga negara berikut membuktikan diri mereka siap bertarung pada fase ketiga dengan meraih poin sempurna pada fase kedua.

Berikut tiga negara yang meriah poin sempurna pada fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

1. Timnas Jepang meraih 18 poin dan tak kebobolan 1 gol pun

3 Negara Asia Sempurna pada Fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026Timnas Jepang (instagram.com/takumi18minamino_official)

Tim Nasional Jepang tampil begitu dominan di ajang ini. Berada di Grup B dengan Korea Utara, Suriah, dan Myanmar, Takefusa Kubo dan kolega berhasil meraih 18 poin dari hasil 6 kemenangan. Tak hanya itu, Samurai Biru juga tampil superior dengan mencetak 24 gol dan tak kebobolan 1 gol pun.

Myanmar dan Suriah benar-benar tak berdaya saat bertemu Jepang. Dari 2 pertemuan, 2 negara tersebut selalu kalah dengan skor 0-5. Di sisi lain, Jepang sempat susah payah menang atas Korea Utara pada 21 Maret 2024.

Striker milik Feyenoord, Ayase Ueda, menjadi salah satu pemain Jepang yang paling bersinar di ajang ini. Pemain berusia 25 tahun itu tampil tajam dengan mencetak enam gol. Dirinya bahkan sempat mencetak hattrick ke gawang Myanmar pada laga pertama, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: Timnas Indonesia Harumkan ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia 2026

2. Satu grup dengan Indonesia, Irak berhasil lolos sebagai juara grup dengan 18 poin

3 Negara Asia Sempurna pada Fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026Timnas Irak (instagram.com/iraq)

Irak berhasil lolos ke fase ketiga dengan status sebagai juara Grup F. Satu grup dengan Indonesia, Vietnam, dan Filipina, Ali Jasim dan kolega meraih 18 poin. Dari 6 laga yang dijalani, mereka berhasil mengemas 17 gol dan hanya kebobolan 2 gol.

Dua gol yang bersarang di gawang Singa Mesopotomia salah satunya dicetak oleh pemain Indonesia. Shayne Pattynama mencetak satu gol saat Indonesia bertandang ke markas Irak. Sayangnya, gol itu belum mampu membawa Indonesia meriah tiga poin lantaran Irak mengakhiri laga dengan kemenangan meyakinkan 5-1.

Bomber berusia 28 tahun, Aymen Hussein, tampil ganas di ajang ini. Dirinya berhasil mengemas 4 gol dari 5 penampilan. Salah satu golnya tercipta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan membawa Irak meraih tiga poin atas Indonesia, Kamis (6/6/2024).

3. Australia meraih 18 poin dan menjadi juara Grup I

3 Negara Asia Sempurna pada Fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026Timnas Australia (twitter.com/Joe_Gauci18)

Selain Jepang dan Irak, Australia juga berhasil meraih poin sempurna di ajang ini. Berada di Grup I bersama Palestina, Lebanon, dan Bangladesh, Jackson Irvine dan kolega berhasil meraih 18 poin. Sama seperti Jepang, Australia juga tak kebobolan satu gol pun di ajang ini.

Beberapa kemenangan besar berhasil diraih Socceroos di ajang ini. Mereka mencatatkan tiga kemenangan dengan skor 5-0. Selain itu, mereka juga sempat menang 7-0 saat bertemu Bangladesh pada laga pertama.

Bomber yang berkarier di kasta ketiga Inggris, Kusini Yengi, menjadi pemain Australia tertajam di ajang ini. Dirinya berhasil mengemas 4 gol dari 5 laga. Penampilannya pada laga terakhir melawan Lebanon begitu menawan dengan mencetak brace.

Negara-negara yang lolos ke fase ketiga secara otomatis lolos ke Piala Asia 2027. Selanjutnya, 18 negara yang lolos ke fase ketiga akan berebut 6 tiket ke Piala Dunia 2026. Siapa yang nantinya berhasil merebut tiket itu?

Baca Juga: Daftar 18 Negara di Fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada Indonesia

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya