Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!

Mulai dari Marcelo hingga Luis Suarez

Jakarta, IDN Times - Musim 2021/22 telah resmi berakhir. Setelah semua fokus sempat tertuju pada persaingan ketat, kini beralih ke bursa transfer musim panas sudah resmi dibuka.

Semua klub berbenah. Ada yang berganti pelatih, menambah amunisi dengan mendatangkan pemain baru, dan ada juga yang kehilangan. Beberapa pemain kelas dunia pun juga akan kehabisan kontrak. Berikut IDN Times sajikan starting XI pemain gratis terbaik, mengutip dari berbagai sumber.

1. Samir Handanovic

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!sempreinter.com

Di bawah mistar gawang ada kiper veteran milik Inter Milan, Samir Handanovic. Pemain berusia 37 tahun ini memiliki kontrak yang akan habis pada 30 Juni 2022 mendatang. Hingga kini, masih belum dapat dipastikan masa depan pemain asal Slovenia ini.

Handanovic didatangkan 10 tahun lalu dari sesama klub Serie A, Udinese. Sejak saat itu, Handanovic menjadi andalan bagi I Nerazzurri. Total, 438 pertandingan dilakoni dengan sukses menorehkan catatan 161 cleansheet.

Bagi seorang penjaga gawang, usia 37 tahun dianggap masih belum tepat untuk pensiun. Makanya, dengan kontraknya yang tinggal menghitung hari, klub mana pun memiliki peluang untuk merekrut Handanovic.

Baca Juga: 9 Potret Samir Handanović, Kiper Kelas Dunia Andalan Inter Milan

2. Marcelo

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!24hrsport.com

Buat posisi bek kiri ada Marcelo. Bek kiri berusia 34 tahun ini telah memastikan untuk tidak lagi memperpanjang kontraknya di Real Madrid yang habis 30 Juni 2022 mendatang setelah 15 tahun mengabdi.

Marcelo dilego dari Fluminense pada 2007 lalu. Selama merumput bersama Los Blancos, Marcelo telah memainkan 545 pertandingan dengan torehan 38 gol serta 103 assist. Tak hanya itu, kontribusi pemain asal Brasil ini dalam memberikan berbagai trofi bergengsi juga sangat luar biasa. Dia telah mengantarkan Madrid meraih empat trofi Piala Dunia Klub, lima trofi Liga Champions, tiga trofi Piala Super Eropa, dan enam mahkota La Liga.

Marcelo dianggap sebagai salah satu bek kiri terbaik di era sepak bola dunia modern ini. Hal itu membuat Marcelo menjadi properti yang cukup menggoda di bursa transfer musim panas mendatang bagi klub mana pun untuk menambah amunisinya untuk mengarungi musim depan.

3. Serge Aurier

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!telegraph.co.uk

Bek kanan Villarreal ini kontraknya juga akan habis pada 30 Juni 2022 mendatang. Aurier didatangkan secara gratis usai kontraknya diputus Tottenham Hotspur pada musim panas yang lalu.

Dia memang hanya dikontrak selama semusim dan hingga kini masih belum dapat dipastikan apakah Villarreal akan memperpanjang kontrak pemain asal Pantai Gading tersebut. Padahal, klub berjuluk The Yellow Submarine ini diketahui memiliki opsi perpanjangan kontrak dua tahun untuk Aurier.

Usianya yang masih 29 tahun dan pengalamannya membela beberapa klub top Eropa seperti Paris Saint-Germain, Spurs, dan Villarreal, menjadikannya opsi yang menarik untuk mengisi pos bek kanan jika pada akhirnya Aurier dilepas secara gratis. Bersama Villarreal, Aurier total memainkan 24 laga di semua kompetisi.

4. Alessio Romagnoli

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!milanreports.com

Di posisi bek tengah ada kapten AC Milan, Alessio Romagnoli. Bergabung pada 2015 lalu dari AS Roma, kontraknya akan segera habis pada 30 Juni 2022 mendatang. Pemain berusia 27 tahun ini merupakan andalan Rossonerri dalam mengawal lini pertahanannya sejak ia didatangkan pertama kali hingga sekarang. Tercatat, 247 pertandingan telah ia lakoni di semua kompetisi.

Namun, Romagnoli mungkin saja harus berpindah klub mulai musim depan kalau kontraknya tidak diperpanjang. Dengan kualitas dan usianya yang masih relatif emas bagi pesepak bola, ia tentunya akan menjadi buruan banyak klub top Eropa.

5. Andreas Christensen

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!teamtalk.com

Berikutnya ada nama Andreas Christensen. Bek asal Denmark milik Chelsea ini hampir dipastikan berganti klub untuk musim depan setelah kabarnya telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya yang kadaluarsa 30 Juni 2022 mendatang.

Pemain yang lulus dari akademi The Blues pada 2014 ini telah bermain sebanyak 161 pertandingan di semua kompetisi. Meski begitu, klub baru Christensen tampaknya tinggal menunggu hari untuk diumumkan. Melansir berbagai sumber, bek berusia 26 tahun ini santer dikabarkan akan segera merapat ke Camp Nou kandang Barcelona.

6. Paul Pogba

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!eurosport.com

Maju ke posisi gelandang tengah ada nama gelandang Prancis, Paul Pogba. Pemain berusia 29 tahun ini telah dipastikan akan segera berganti klub usai Manchester United telah secara resmi mengumumkan kepergiannya di akhir musim kemarin. Enam musim di MU, Pogba total memainkan 233 pertandingan dengan catatan 39 gol dan 51 assist.

Padahal, sebelumnya pada 2012 lalu, pemain lulusan akademi The Red Devils itu sudah sempat dilepas secara gratis ke Juventus. Dan kini, Pogba akan Kembali pergi tanpa biaya dari Old Trafford. Rumornya, Pogba akan Kembali ke La Vecchia Signora.

7. Corentin Tolisso

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!besoccer.com

Kontrak Corentin Tolisso bersama Bayern Munich juga akan berakhir pada 30 Juni 2022. Gelandang berusia 27 tahun ini pun sudah dipastikan pergi secara bebas transfer menurut jurnalis transfer kenamaan, Fabrizio Romano.

Tolisso didatangkan dari Lyon pada 2017 lalu. Sempat menjadi andalan, kariernya di Allianz Arena mulai meredup setelah kerap kali menderita cedera dalam beberapa musim terakhir. Alhasil, The Bavarians pun bersedia untuk melepasnya dengan gratis. Selama berseragam Die Roten, Tolisso mencatatkan 118 penampilan dengan koleksi 21 gol dan 15 assist.

8. Angel Di Maria

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!psgtalk.com

Angel Di Maria menjadi pemain berikutnya yang kontraknya habis pada 30 Juni 2022 mendatang. Didatangkan Paris Saint-Germain pada 2015 lalu dari Manchester United, pemain asal Argentina ini menjadi andalan Les Parisiens. 295 pertandingan sukses ia lakoni dengan catatan produktivitas 93 gol dan 119 assist.

Meski moncer bersama PSG, Di Maria tak lagi muda. Usianya yang sudah menginjak 34 tahun membuat PSG tampak ragu untuk terus memakai jasanya. Hal itu lah yang membuat Di Maria kian dekat dengan pintu keluar Parc des Princes. Menurut juru transfer Fabrizio Romano, Di Maria diincar dua raksasa Eropa, Barcelona dan Juventus. Patut ditunggu ke mana pada akhirnya eks Real Madrid ini berlabuh.

Baca Juga: Haaland Vs Nunez, Duel 2 Striker Muda Potensial di EPL Musim Depan

9. Federico Bernardeschi

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!blackwhitereadallover.com

Berikutnya ada pemain Juventus, Federico Bernardeschi. Pemain yang fasih bermain di posisi kedua sayap kiri dan kanan ini juga kian pasti dilepas mengingat kontraknya yang akan habis 30 Juni 2022 mendatang tak juga diperpanjang. Pemain berusia 28 tahun ini direkrut dari Fiorentina pada 2017 lalu.

Sebenarnya, Bernardeschi cukup diandalkan oleh Si Nyonya Tua. Musim ini saja ia diturunkan sebanyak 36 kali di semua kompetisi. Namun, menurut kabar yang disebut oleh Gianluca Di Marzio, bahwa Napoli semakin serius untuk menggaetnya secara gratis, Bernardeschi juga dilaporkan bersedia untuk bergabung dengan Gli Azzurri.

10. Luis Suarez

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!thesportslite.com

Luis Suarez menjadi pemain berikutnya yang kontraknya habis pada musim panas ini. Torehan 34 gol dan enam assist musim ini kemungkinan besar menjadi kontribusi terakhirnya untuk Atletico Madrid. Striker asal Uruguay ini baru dikontrak selama dua tahun dari Barcelona pada 2020 lalu.

Masih belum diketahui ke mana striker haus gol ini akan berlabuh nantinya. Rumornya, Suarez diisukan akan bereuni dengan Steven Gerrard dan Philippe Coutinho di Aston Villa.

11. Edinson Cavani

Starting XI Pemain Gratis Terbaik di Musim Panas 2022, Super Star!lookcharms.com

Kompatriot Suarez, Edinson Cavani, kontraknya juga tidak diperpanjang Manchester United. Hal itu memastikan sang striker berusia 35 tahun ini untuk perlu mencari klub baru untuk musim depan.

Sejak didatangkan dengan gratis dari PSG pada 2020 lalu, Cavani berhasil mengoleksi 19 gol dan tujuh assist dari 59 laga bersama The Red Devils. Kabarnya, Cavani ingin merumput di La Liga. Namun, hingga kini masih belum dapat dipastikan klub mana yang akan dibela Cavani.

Ahmad Fikri Adzhani Photo Writer Ahmad Fikri Adzhani

Football and coffee really define me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya