Witan Sulaeman Naik Haji, Doakan Timnas Langsung dari Makkah

Ia tak ikut main karena sedang haji

Makkah, IDN Times - Gelandang Tim Nasional Indonesia, Witan Sulaeman, punya doa khusus saat berhaji tahun ini. Di depan Ka'bah, ia mendoakan agar Timnas selalu bisa mendapatkan hasil positif. Witan juga yakin Indonesia bisa memenangkan dua pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia melawan Irak dan Filipina.

1. Witan yakin Indonesia bisa sikat Irak di GBK

Witan Sulaeman Naik Haji, Doakan Timnas Langsung dari MakkahGelandang Tim Nasional Indonesia Witan Sulaiman saat menunaikan ibadah haji (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Keyakinan Witan didasari tren positif permainan timnya. Apalagi, Timnas akan bermain di Gelora Bung Karno. Belum lagi Timnas juga akan bermain dengan kekuatan penuh. Selain dirinya, tercatat hanya Jay Idzes dan Elkan Baggot yang tak bisa bermain. Jay sendiri sedang membela Venezia, sementara Elkan tak dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong.

"Meski saya tak bermain, saya doakan langsung dari sini," ujarnya saat ditemui di Hotel Dal Lamar, Makkah, Sabtu (1/6/2024). Selain karena berangkat haji, Witan juga dipastikan tak bisa merumput karena terkena akumulasi kartu kuning. 

Baca Juga: Witan Gak Dipanggil ke Timnas Indonesia karena Pergi Haji

2. Witan juga yakin Timnas bisa libas Filipina

Witan Sulaeman Naik Haji, Doakan Timnas Langsung dari MakkahWitan bersama sang istri di Makkah. IDN Times/Faiz Nashrillah

Laga melawan Irak, kata Witan, akan menjadi ajang pembalasan dendam. Sebelumnya, di leg pertama, Indonesia dibantai 5-1. Diakui Witan, saat itu kondisinya cukup berat. Selain karena kekuatan Irak sedang dalam performa terbaik, mereka juga bermain di kandang dengan dukungan pendukung. "Dulu kan memang mereka didukung penuh suporternya," kata dia. 

Tak cuma lawan Irak, Witan juga yakin Indonesia bisa melibas Filipina di laga terakhir kualifikasi. "Saya yakin bisa memenangi dua pertandingan ini."

3. Witan berangkat haji dengan program penggabungan mahram

Witan Sulaeman Naik Haji, Doakan Timnas Langsung dari MakkahWitan saat ditemui di hotel tempatnya menginap. IDN Times/Faiz Nashrillah

Adapun Witan sendiri akhirnya berangkat haji setelah mendaftar pada 2019. Ia mengikuti program penggabungan mahram dengan sang istri, Rismahani. Rismahani sebelumnya sudah mendaftar di tahun 2012. Keduanya menikah pada tahun 2022. 

Menurut Witan, proses penggabungan mereka akhirnya disetujui oleh Kementerian Agama setelah menanti pengurusannya selama empat bulan. "Alhamdulillah sekarang senang sekali bisa nyampe Makkah," kata Witan.

Baca Juga: 7 Potret Witan dan Anak Pakai Jersey Timnas, Disebut Bayi Punya Bayi!

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya