4 Striker Atalanta pada 2023/2024, Siapa Paling Tajam?

Terdiri dari 2 senior dan 2 junior

Atalanta Bergamo menjadi tim yang patut dinantikan kiprahnya pada 2023/2024. Sebab, La Dea memiliki komposisi tim yang cukup mumpuni dan diyakini bisa bersaing. Tiap lininya juga diisi pemain-pemain berkualitas.

Khusus untuk posisi striker saja, Atalanta punya empat pemain sekaligus. Dua di antaranya baru didatangkan pada bursa transfer musim panas 2023 ini. Jumlah tersebut tergolong banyak untuk pemain yang bermain di satu posisi.

Lantas, siapa saja keempat striker Atalanta itu? Berikut daftarnya!

1. Ketajaman Duvan Zapata membuat Atalanta rela memermanenkannya pada 2020

4 Striker Atalanta pada 2023/2024, Siapa Paling Tajam?Duvan Zapata (instagram.com/duvanzapata91)

Pada musim panas 2018, Atalanta meminjam Duvan Zapata dari Sampdoria selama 1,5 musim. Karena performanya sangat apik, ia pun dipermanenkan pada musim dingin 2020 dengan biaya 12 juta euro atau sekitar Rp198 miliar. Dirinya selalu menjadi tumpuan utama Atalanta dalam mencetak gol.

Semenjak berseragam Atalanta, Striker Kolombia itu telah mencetak 81 gol dan 43 assist dari 190 pertandingan. Sayang, ketajaman Zapata mulai menurun. Hal itu terjadi lantaran usianya yang makin tua, 32 tahun. Ia perlu menjaga performanya konsisten agar tidak tergusur striker lain.

2. Luis Muriel, rekan senegara Duvan Zapata yang bersaing di Atalanta

4 Striker Atalanta pada 2023/2024, Siapa Paling Tajam?Luis Muriel (instagram.com/luisfmuriel9)

Luis Muriel merupakan striker berpengalaman di Serie A Italia. Ia pernah memperkuat Udinese, Lecce, Sampdoria, dan Fiorentina sebelum bergabung dengan Atalanta pada musim panas 2019. Kala itu, Muriel direkrut La Dea dengan harga sebesar 21,2 juta euro atau sekitar Rp350 miliar.

Striker yang juga berasal dari Kolombia itu didatangkan guna menjadi pesaing Duvan Zapata. Sejauh ini, Muriel telah mencatatkan 159 penampilan dan mampu mengemas 62 gol serta 27 assist. Namun, musim 2023/2024 bisa menjadi akhir perjalanan striker 32 tahun itu bersama Atalanta. Sebab, kontraknya akan habis pada akhir musim dan belum ada pembicaraan perpanjangan kontrak.

Baca Juga: 5 Rekrutan Atalanta pada Musim Panas 2023, Fokus Benahi Segala Lini

3. El Bilal Toure menjadi rekrutan termahal Atalanta

4 Striker Atalanta pada 2023/2024, Siapa Paling Tajam?El Bilal Toure (atalanta.it)

Karena dua striker andalannya makin menua, Atalanta bergegas melakukan penyegaran dengan mendatangkan striker muda pada musim panas 2023. Pilihan La Dea akhirnya jatuh kepada El Bilal Toure. Ia direkrut dari klub Spanyol, Almeria, dengan mahar 28 juta euro atau sekitar Rp462 miliar. Angka tersebut sekaligus menjadikan Toure sebagai rekrutan termahal Atalanta sepanjang masa.

Ekspektasi besar tentu diharapkan Atalanta dari Striker 23 tahun itu. Namun, Toure justru mengawali karier bersama La Dea dengan kurang baik. Ia malah terkena cedera hamstring yang membuatnya harus absen sementara. Ia diperkirakan akan melewatkan dua laga awal Atalanta di Serie A 2023/2024. Toure diharapkan dapat segera bangkit sehingga bisa menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Atalanta.

4. Atalanta memulangkan Gianluca Scamacca ke Serie A pada musim panas 2023

4 Striker Atalanta pada 2023/2024, Siapa Paling Tajam?Gianluca Scamacca (atalanta.it)

Selepas menjual Rasmus Hojlund ke Manchester United, Atalanta langsung merekrut striker muda Italia yang berkarier di English Premier League bersama West Ham United, Gianluca Scamacca. Dengan dana besar dari penjualan Hojlund, mereka tak kesulitan merampungkan transfer Scamacca. La Dea berani merogoh kocek sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp412 miliar untuk memulangkannya ke Serie A.

Kembali ke Serie A bisa menjadi pilihan tepat untuk terus mengembangkan kemampuannya setelah kesulitan di Premier League. Scamacca sendiri sudah sangat familier kompetisi kasta tertinggi Italia tersebut. Bahkan, striker 24 tahun itu langsung mencetak satu gol di laga debutnya pada pekan pertama Serie A 2023/2024. Menariknya, gol tersebut ia cetak ke gawang eks timnya, Sassuolo. Scamacca dipercaya bisa menjadi pilar penting bagi Atalanta.

Memiliki banyak striker merupakan sebuah keuntungan bagi Atalanta. Sebab, opsi di lini serang mereka menjadi lebih beragam. La Dea juga tidak perlu khawatir apabila salah satu dari mereka harus absen karena penggantinya punya kualitas sepadan. Lantas, siapakah dari keempat striker di atas yang mampu tampil tajam pada 2023/2024? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atalanta yang Pernah Membela Tim EPL, Scamacca Terbaru!

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya