5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu Lukaku

Ada yang menggunakannya selama sedekade

Posisi striker Napoli mengalami perubahan pada musim panas 2024. I Partenopei meminjamkan Victor Osimhen kepada Galatasaray. Sebagai gantinya, Napoli merekrut Romelu Lukaku dari Chelsea dengan biaya 30 juta euro atau Rp512 miliar.

Alih-alih mengambil nomor punggung 9, Lukaku justru menggunakan nomor punggung 11 yang lebih identik dengan seorang winger. Di Napoli sendiri, hal tersebut bukanlah suatu yang baru. Itu terlihat dari daftar lima pengguna nomor punggung 11 terakhir sebelum Lukaku. Beberapa striker juga menggunakannya.

Untuk tahu lebih jelas siapa saja lima pengguna nomor punggung 11 Napoli sebelum Romelu Lukaku, berikut ulasan lengkapnya!

1. Walid Cheddira hanya memakai nomor punggung 11 dalam dua laga

5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu LukakuWalid Cheddira (instagram.com/walo_98)

Walid Cheddira kembali memperkuat Napoli setelah masa peminjamannya ke Frosinone berakhir pada musim panas 2024. Cheddira sempat melakoni dua laga di Piala Italia dan Seria A pada musim 2024/2025. Akan tetapi, kebersamaan tersebut tidak berlangsung lama.

Striker asal Maroko ini kemudian dipinjamkan ke Espanyol selama semusim. Dia terkena imbas dari kedatangan Romelu Lukaku. Nomor Punggung 11 yang sebelumnya dikenakan Cheddira pun ikut beralih ke Lukaku. 

2. Hirving Lozano dipercaya jadi andalan, tetapi belum memenuhi ekspektasi

5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu LukakuHirving Lozano (instagram.com/hirvinglozano)

Hirving Lozano direkrut Napoli dari PSV Eindhoven pada musim panas 2019. Biaya transfernya cukup fantastis mencapai 45 juta euro atau Rp767 miliar. Winger asal Meksiko ini langsung mengenakan nomor punggung 11.

Lozano pun dipercaya menjadi andalan di lini serang I Partenopei. Meski begitu, penampilan sang pemain belum memenuhi ekspektasi. Kontribusi yang diciptakannya juga tidak terlalu apik. Selama 4 musim (2019--2023), Lozano hanya mengemas 30 gol dan 17 assist dari 155 pertandingan. 

Baca Juga: 4 Pemain Napoli Terakhir yang Bergabung dengan Galatasaray

3. Adam Ounas hanya berperan sebagai pelapis sehingga minim menit bermain

5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu LukakuAdam Ounas (x.com/ChampionsLeague)

Adam Ounas bergabung dengan Napoli pada musim panas 2017. Ounas memakai nomor punggung 37 pada musim perdananya. Semusim berselang, dia mengganti nomor punggungnya menjadi 11. Akan tetapi, performa Ounas dengan nomor tersebut jauh dari kata bagus.

Napoli lantas meminjamkannya ke klub lain selama 2 musim. Setelah masa peminjamannya berakhir, winger Aljazair ini kembali berseragam Napoli dengan nomor punggung yang berbeda lagi, 33. Ounas mengakhiri kiprahnya bersama I Partenopei pada musim panas 2022 dengan hanya mengemas 7 gol dan 1 assist dari 62 penampilan.

4. Christian Maggio menggunakan nomor punggung 11 selama sedekade

5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu LukakuChristian Maggio (uefa.com)

Nomor punggung 11 Napoli cukup lekat dalam diri Christian Maggio. Bukan tanpa alasan, dia telah menggunakan nomor tersebut selama sedekade (2008—2018). Menariknya lagi, Maggio merupakan pemain berposisi bek kanan. Pemain yang mengisi sektor pertahanan umumnya memakai jersey bernomor kecil.

Maggio menjadi pemain yang diandalkan I Partenopei. Dia juga cukup produktif sebagai seorang bek sayap. Maggio mampu menorehkan 23 gol dan 30 assist dari 308 penampilan. Melihat performa apik tersebut, tidak mengherankan jika Maggio bisa bertahan lama bersama Napoli.

5. Emanuele Calaio berhasil membawa Napoli promosi ke Serie A pada 2007/2008

5 Pengguna Nomor Punggung 11 Napoli sebelum Romelu LukakuEmanuele Calaio (instagram.com/emanuele_calaio9)

Emanuele Calaio membela Napoli dalam 2 periode berbeda. Striker Italia ini awalnya didatangkan pada musim dingin 2005 dan menggunakan nomor punggung 9. Calaio baru menggunakan jersey bernomor punggung 11 pada 2 musim berikutnya (2006—2008). Sang pemain juga berjasa atas keberhasilan Napoli promosi ke Serie A Italia pada 2007/2008.

Sempat hengkang, Calaio kembali memperkuat Napoli pada musim dingin 2011 dengan status pinjaman. Dia bahkan dipermanenkan setengah musim kemudian. Akan tetapi, kiprahnya kali ini tidak berjalan mulus. Performa Calaio menurun dan sempat dipinjamkan ke klub lain hingga akhirnya dilepas secara gratis. Selama berseragam Napoli, Calaio mencatat 136 penampilan dengan kontribusi 44 gol dan 4 assist.

Kelima pemain di atas punya nasib yang beragam saat memperkuat Napoli. Beberapa pemain sulit menampilkan performa apiknya, tetapi ada juga yang begitu diandalkan. Lantas, seperti apa kiprah Romelu Lukaku bersama I Partenopei? Akankah bersinar dan bertahan lama?

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Gol pada Debut Bersama Napoli, Lukaku Terbaru

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya