Pemain yang Cetak Brace pada Matchday 1 Kualifikasi Piala Afrika 2024

Mereka jadi kunci kemenangan tim

Dunia sepak bola tengah memasuki jeda Internasional. Negara-negara di Afrika punya agenda khusus, yaitu menjalani Kualifikasi Piala Afrika 2025. Matchday pertama telah berlangsung pada 6—7 September 2024.

Tidak banyak hal menarik yang tersaji pada matchday pertama. Sebagian besar laga berakhir dengan skor imbang. Hanya ada 4 negara yang menang setidaknya dengan selisih 2 gol.

Sehubungan dengan itu, beberapa pemain mampu tampil memukau. Mereka berhasil memborong dua gol atau sering disebut brace. Berikut ini tiga pemain yang mencetak brace pada matchday pertama Kualifikasi Piala Afrika 2025.

1. Hakim Ziyech sukses mengeksekusi dua penalti saat Maroko membungkam Gabon 4-1

Pemain yang Cetak Brace pada Matchday 1 Kualifikasi Piala Afrika 2024Hakim Ziyech mengeksekusi penalti saat melawan Gabon. (instagram.com/equipedumaroc)

Hakim Ziyech merupakan pemain kunci di lini serang Maroko. Winger berusia 31 tahun ini diturunkan sebagai starter dan bermain selama 75 menit saat melawan Gabon pada matchday pertama Kualifikasi Piala Afrika 2025 di Grup B. Ziyech sendiri tampil cukup apik dengan mengemas dua gol meski hanya lewat penalti.

Penalti pertama terjadi pada menit 10. Ziyech yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan begitu tenang. Maroko kembali dihadiahi penalti pada menit 26. Untuk kedua kalinya, Ziyech dipilih sebagai penendang dan berhasil memasukkan bola ke gawang Gabon yang dikawal Loyce Mbaba. Gabon sebenarnya juga mendapat dua penalti pada babak pertama. Namun, hanya satu yang bisa dikonversi menjadi gol.

Dalam laga ini, Maroko mampu mendominasi permainan. Mereka berhasil menumbangkan Gabon dengan skor telak 4-1. Selain Hakim Ziyech, dua gol Maroko lainnya disumbangkan Brahim Diaz pada menit 59 dan Ayoub El Kaabi pada menit 82.

Baca Juga: 3 Legenda Real Madrid yang Mencetak Brace di Final UCL

2. Mencetak dua gol, Jean-Philippe Krasso jadi aktor kemenangan Pantai Gading atas Zambia

Pemain yang Cetak Brace pada Matchday 1 Kualifikasi Piala Afrika 2024Jean-Philippe Krasso (instagram.com/jpkrasso)

Pantai Gading sempat dibuat kesulitan saat menghadapi Zambia pada matchday pertama Kualifikasi Piala Afrika 2025 di Grup G. Padahal, secara kualitas, tim berjuluk Les Elephants ini lebih unggul dibanding Zambia. Untungnya, Pantai Gading bisa tetap meraih kemenangan pada akhir laga.

Kemenangan tersebut tidak lepas dari peran besar seorang Jean-Phillippe Krasso. Krasso awalnya hanya duduk di bangku cadangan dan baru masuk pada menit 71 untuk menggantikan Oumar Diakite. Namun, siapa sangka, penyerang yang membela klub kasta kedua Liga Prancis, Paris FC, ini justru menjadi pembeda.

Baru 2 menit bermain, Krasso berhasil memecahkan kebuntuan yang dialami Pantai Gading. Tak sampai di situ, dia kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 84. Krasso pun membawa Pantai Gading menang 2-0 atas Zambia.

3. Ademola Lookman mengemas dua gol saat Nigeria menggilas Benin 3-0

Pemain yang Cetak Brace pada Matchday 1 Kualifikasi Piala Afrika 2024Aksi Ademola Lookman saat berhadapan dengan Benin. (x.com/Alookman_)

Nigeria punya lini depan yang cukup mumpuni untuk menjalani Kualifikasi Piala Afrika 2025. Hal itu pun terlihat pada matchday pertama di Grup D saat melawan Benin. Super Eagles berhasil membungkus kemenangan dengan skor 3-0. Ketiga gol tersebut dibuat para penyerang Nigeria.

Sosok Ademola Lookman layak disematkan sebagai bintang dalam laga ini. Dipercaya bermain penuh, Lookman tidak menyia-yiakan kesempatan. Torehan dua gol berhasil dibukukan penyerang yang berseragam Atalanta ini.

Gol pertama tercipta pada masa tambahan waktu babak pertama. Lookman mengecoh beberapa pemain Benin hingga akhirnya menggetarkan gawang lawan. Dia kemudian menggandakan golnya pada menit 83. Sedangkan, satu gol Nigeria lain dicetak Victor Osimhen pada menit 78. 

Ketiga pemain di atas langsung tampil impresif pada matchday pertama Kualifikasi Piala Afrika 2025. Mereka mencetak brace sekaligus mengantarkan negaranya meraih kemenangan penting. Lantas, akankah ketiga pemain itu bisa kembali mencetak brace pada matchday kedua atau justru ada pemain lain yang mengikuti jejak mereka? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: 4 Pemain Real Madrid yang Mencetak Gol Pertama di LaLiga dengan Brace

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya