3 Pemain Girona 2024/2025 yang Pernah Bermain di Akademi Barcelona

Mereka jadi andalan

Girona temui tantangan sulit pada jornada kelima LaLiga 2024/2025. Mereka akan menghadapi sang pemuncak klasemen sementara, Barcelona, pada Minggu (15/09/2024) pukul 21.15 WIB. Aroma persaingan juga semakin terasa lantaran kedua tim sama-sama berasal dari Catalan.

Meski begitu, Girona kini diperkuat tiga nama yang pernah bermain di akademi Barcelona, La Masia. Hal itu tentu cukup menarik. Lantas, siapa sajakah ketiga pemain tersebut? Berikut pembahasan lengkapnya!

1. Bakatnya terabaikan di La Masia, Arnau Martinez kini jadi bek kanan andalan Girona

3 Pemain Girona 2024/2025 yang Pernah Bermain di Akademi BarcelonaArnau Martinez (instagram.com/arnaueti4)

Arnau Martinez lahir di Premia de Dalt, Spanyol. Karier sepak bolanya dimulai bersama klub usia muda setempat, CD Premia de Dalt. Martinez kemudian pindah ke Barca Junior pada 2010 saat usianya menginjak 7 tahun. Dia membela salah satu akademi terbaik di dunia itu hingga 6 musim lamanya.

Namun, karena kemampuannya belum cukup memikat, Martinez dilepas gratis ke Hospitalet F.b. pada 2016. Tak bertahan lama, dia kembali memulai petualangan baru pada 2018. Kali ini, sang pemain berlabuh ke akademi Girona.

Kemampuan Martinez kian berkembang bersama akademi Girona. Dia pun mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada musim panas 2021. Kepercayaan itu tidak disia-siakan Martinez. Dia mampu menjadi sosok yang diandalkan di sektor bek kanan.

Martinez kini memasuki musim keempat bersama Girona pada 2024/2025. Bahkan, 2 dari 3 laga yang telah dilakoni, Martinez ditugaskan sebagai kapten tim. Itu tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, mengingat usia Martinez masih cukup muda, 21 tahun.

Martinez sendiri diprediksi akan kembali tampil saat melawan Barcelona dalam lanjutan LaLiga jornada kelima. Laga itu bisa menjadi ajang pembuktian bagi Martinez kepada Barcelona yang telah mengabaikan bakatnya semasa kecil.

2. Oriol Romeu kembali membela Girona dengan status pinjaman dari Barcelona

3 Pemain Girona 2024/2025 yang Pernah Bermain di Akademi BarcelonaOriol Romeu (x.com/GironaFC)

Nama Oriol Romeu pernah menghiasi akademi Barcelona selama 5 musim (2004—2009). Dalam kurun waktu tersebut, Romeu bermain mulai dari Barca Junior hingga Barca Atletic. Sayangnya, dia gagal menembus tim utama Barcelona. Romeu kemudian melanjutkan karier bersama sejumlah klub ternama, seperti Chelsea, Valencia, VfB Stuttgart, dan Southampton.

Pada musim panas 2022, Romeu bergabung dengan klub LaLiga, Girona. Dia tampil cukup apik pada musim 2022/2023. Performa itu pun tak luput dari pantauan Barcelona. Blaugrana yang juga sedang butuh tambahan pemain di posisi gelandang bertahan kemudian merekrutnya pada musim panas 2023. Proses transfer sang pemain hanya memakan biaya 3,4 juta euro atau Rp52 miliar.

Kendati demikian, penampilannya bersama Barcelona pada musim 2023/2024 tidak memenuhi ekspektasi. Karena hal itu, Blaugrana mengembalikan Romeu ke Girona pada musim panas 2024 dengan status pinjaman selama semusim.

Romeu yang sebelumnya sudah menjadi andalan pun tak kesulitan untuk mengambil alih tempat utama. Dia selalu diturunkan dalam empat laga awal Girona di LaLiga 2024/2025. Akan tetapi, Romeu tidak bisa bermain saat melawan Barcelona karena ada klausul yang melarangnya.

3. Baru bergabung, Abel Ruiz bakal bertugas sebagai mesin pencetak gol Girona

3 Pemain Girona 2024/2025 yang Pernah Bermain di Akademi BarcelonaAbel Ruiz (instagram.com/gironafc)

Abel Ruiz merupakan rekrutan anyar Girona pada musim panas 2024. Dia diboyong dari SC Braga dengan biaya 9 juta euro atau Rp128 miliar. Kedatangan Ruiz bertujuan untuk mengisi peran yang ditinggal Artem Dovbyk sebagai mesin pencetak gol.

Ruiz pun tampil menjanjikan sejauh ini. Dari 4 laga yang sudah dilakoni di LaLiga 2024/2025, dia berhasil mengemas 2 gol. Ketajaman Ruiz bakal kembali diuji saat Girona berhadapan dengan Barcelona pada pekan kelima. Laga tersebut juga menjadi momen yang cukup spesial bagi striker berusia 24 tahun ini. Pasalnya, dia merupakan pemain lulusan akademi La Masia.

Ruiz cukup lama meniti karier di akademi La Masia. Dia mulai bergabung pada 2012 untuk bermain di tim Barca U-16. Statusnya terus meningkat hingga membela Barca Atletic. Akan tetapi, kesempatan untuk menembus tim utama Barcelona harus sirna. Ruiz justru dipinjamkan ke SC Braga selama setengah musim hingga akhirnya dijual permanen pada musim panas 2020.

Itulah tiga nama di skuad Girona 2024/2025 yang pernah bermain di akademi La Masia. Girona sendiri cukup beruntung diperkuat oleh mereka. Pasalnya, ketiga pemain tersebut bisa diandalkan untuk mengangkat performa tim. 

Baca Juga: 4 Kemenangan Terakhir Barcelona atas Girona di LaLiga sejak 2017/2018

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya