5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani Olmo

Hanya Sergi Roberto yang bertahan lama

Dani Olmo merupakan rekrutan anyar Barcelona pada bursa transfer musim panas 2024. Demi memulangkannya kembali, Blaugrana rela membayar biaya senilai 55 juta euro atau Rp948 miliar kepada RB Leipzig. Kedatangan Olmo tentu menjadi suntikan berharga bagi skuad asuhan Hansi Flick.

Hal itu langsung terlihat saat Olmo melakoni debut melawan Rayo Vallecano pada pekan ketiga LaLiga 2024/2025. Olmo mencetak satu gol yang membuat Barcelona menang sekaligus dinobatkan sebagai man of the match. Bersama Barcelona, Olmo akan menggunakan jersey bernomor punggung 20. Nomor punggung itu sendiri punya histori kurang mentereng lantaran jarang ada pemain dengan nama besar yang menggunakannya.

Berikut ini lima pemain yang menggunakan nomor punggung 20 Barcelona sebelum Dani Olmo.

1. Sergi Roberto menggunakan nomor punggung 20 selama sedekade

5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani OlmoSergi Roberto (fcbarcelona.com)

Sebelum diambil alih Dani Olmo, nomor punggung 20 Barcelona sangat lekat dengan seorang Sergi Roberto. Wajar saja, dia telah menggunakannya selama sedekade. Namun, Roberto harus melepas nomor punggung tersebut menyusul kepergiannya pada musim panas 2024 ini. Itu terjadi setelah Barcelona tidak memperpanjang kontrak sang pemain akibat faktor usia yang semakin uzur.

Roberto sendiri sudah cukup berkontribusi bagi Barcelona. Meski bukan menjadi pilihan utama, kehadiran Roberto tetap sangat berarti. Dia merupakan tipe pemain yang bisa menempati banyak posisi. Selama berseragam Barcelona, Roberto mencatat 373 penampilan dengan torehan 19 gol dan 43 assist serta berhasil mempersembahkan berbagai macam trofi.

2. Cristian Tello menjalani peran sebagai winger pelapis

5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani OlmoCristian Tello (fcbarcelona.com)

Cristian Tello mendapat kesempatan promosi ke tim utama Barcelona pada musim panas 2012. Kendati demikian, perannya tidak lebih dari sekedar pemain pelapis di sektor winger. Tello juga sempat menganti nomor punggungnya dari 37 ke 20 untuk musim 2013/2014. Namun, hal itu tidak berdampak signifikan bagi performa sang pemain.

Tello lantas tersisihkan dari skuad Blaugrana. Dia dipinjamkan kepada FC Porto dan Fiorentina hingga akhirnya dijual ke Real Betis pada musim panas 2017. Bersama Barcelona, Tello melakoni 86 pertandingan dengan kontribusi 20 gol dan 14 assist.

Baca Juga: 3 Pemain RB Leipzig Pindah ke LaLiga pada Musim Panas 2024, Ada Olmo!

3. Penampilan Ibrahim Afellay terganggu karena cedera ACL

5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani OlmoIbrahim Afellay (uefa.com)

Ibrahim Afellay bergabung dengan Barcelona pada musim dingin 2010 usai direkrut dari PSV Eindhoven. Gelandang serang asal Belanda ini langsung menggunakan jersey bernomor punggung 20. Selama paruh kedua musim 2010/2011, Afellay sulit menampilkan permainan terbaiknya. Wajar saja, Afellay masih dalam tahap adaptasi.

Akan tetapi, nasib Afellay malah bertambah buruk pada musim 2011/2012. Dia mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) sehingga membuatnya absen hampir semusim penuh. Setelah pulih, Barcelona memilih meminjamkannya ke klub lain, FC Schalke 04 dan Olympiacos. Afellay pun hanya mencatatkan 35 laga dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist untuk Barcelona sebelum pergi secara gratis pada musim panas 2015.

3. Jeffren hanya menjadi pemain pelengkap

5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani OlmoJeffren (uefa.com)

Jeffren mengawali karier bersama Barcelona di tim U-18. Dia kemudian promosi ke tim utama pada musim panas 2009. Meski begitu, kehadirannya hanya sebagai pelengkap. Itu terlihat lantaran sang pemain sering bergonta-ganti nomor punggung selama musim 2009/2010. Jeffren sempat memakai nomor punggung 35, 20, dan 7. Dia juga pernah menggunakan nomor punggung 11 pada musim 2010/2011.

Kiprah Jeffren selama 2 musim memperkuat tim utama Barcelona jauh dari kata apik. Menjalani 34 pertandingan, pemain berposisi winger kanan ini hanya mampu mencetak 3 gol dan assist. Bercelona pun memutuskan menjualnya ke Sporting Lisbon pada musim panas 2011.

5. Jonathan dos Santos sulit bersaing di lini tengah Barcelona

5 Pemilik Nomor Punggung 20 Barcelona sebelum Dani OlmoJonathan dos Santos (fcbarcelona.com)

Jonathan dos Santos merupakan produk asli akademi La Masia. Dia mulai dipanggil ke tim utama pada 2009/2010 meski statusnya masih pemain Barca Atletic. Hal itu pun membuat Santos sering berganti nomor punggung. Dia awalnya menggunakan nomor punggung 28 dan pindah ke nomor 20. Kondisi tersebut terus berulang hingga Santos benar-benar dipromosikan ke utama pada musim panas 2012. Mulai saat itu, dia rutin memakai nomor punggung 12.

Kiprah Santos bersama Blaugrana sendiri tidak berjalan mulus. Wajar saja, di posisinya sebagai gelandang, dia kalah saing dengan sederat nama-nama besar. Santos pun hanya mencatat 28 penampilan dengan sumbangan 1 assist sebelum hengkang ke Villarreal pada musim panas 2014.

Itulah deretan lima pemilik nomor punggung 20 Barcelona sebelum Dani Olmo. Namun, mayoritas dari mereka menggunakan nomor punggung tersebut secara singkat. Hanya Sergi Roberto lah yang mampu bertahan lama hingga sedekade. 

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 24 Atletico Madrid sebelum Robin Le Normand

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya