4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024

Riccardo Calafiori salah satunya

Serie A Italia dikenal sebagai tempat bernaungnya bek tengah hebat. Para bek tengah tersebut sering kali menjadi incaran klub dari liga lain, salah satunya English Premier League.

Hal itu pun terlihat di bursa transfer musim panas 2024. Ada empat bek tengah Serie A yang digaet klub Premier League. Lantas, siapa sajakah keempat bek tengah tersebut dan ke klub mana mereka berlabuh? Berikut ini ulasan lengkapnya!

1. AFC Bournemouth merekrut bek tengah potensial milik Juventus, Dean Huijsen

4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024Dean Huijsen bergabung dengan AFC Bournemouth. (x.com/afcbournemouth)

Dean Huijsen merupakan bek tengah binaan akademi Juventus. Namun, dirinya gagal bersaing ketika dipromosikan ke tim utama. Huijsen pun sempat dipinjamkan ke AS Roma pada Januari 2024 selama setengah musim. 

Di bursa transfer musim panas 2024, Huijsen masuk dalam gerbong pemain yang dilepas Juventus. Pemain berkewarganegaraan Spanyol ini dijual ke klub English Premier League, AFC Bournemouth. Proses kepindahannya memakan biaya 15,2 juta euro atau sekitar Rp260 miliar. Dia dikontrak jangka panjang hingga 2030. 

Huijsen disinyalir bakal memperoleh banyak menit bermain bersama Bournemouth. Bahkan, dia masih bisa berkembang pesat lantaran usianya baru menginjak 19 tahun. Huijsen juga ditunjang postur yang mumpuni sebagai seorang bek tengah. Tinggi badannya mencapai 197 cm. 

2. Klub yang kembali promosi ke EPL, Leicester City, datangkan Caleb Okoli dari Atalanta

4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024Caleb Okoli bergabung dengan Leicester City. (instagram.com/caleb_okoli)

Kiprah Caleb Okoli bersama Atalanta berjalan tanpa arah. Usai promosi ke tim utama pada 2020, Okoli justru sering dipinjamkan ke klub Italia lain. Mulai dari SPAL, Cremonese, hingga Frosinone pernah dia bela.

Namun, Okoli bisa bernapas lega pada musim panas 2024 ini. Tidak lagi berkarier sebagai pemain pinjaman, dia direkrut permanen oleh klub yang kembali promosi ke English Premier League, Leicester City. Biaya transfernya mencapai 14 juta euro atau sekitar Rp240 miliar dan dikontrak selama 5 tahun. 

Bisa bergabung ke Leicester City dan bermain di Premier League tentu sebuah lonjakan karier bagi Okoli. Kendati demikian, bek tengah berusia 22 tahun ini perlu bekerja keras agar dapat tampil reguler. Pasalnya, persaingan di jantung pertahanan The Foxes terbilang ketat.

Baca Juga: 3 Pemain Leicester City yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

3. Sekian lama bersama, Nikola Milenkovic akhirnya dilepas Fiorentina ke Nottingham Forest

4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024Nikola Milenkovic menandatangani kontrak bersama Nottingham Forest. (nottinghamforest.co.uk)

Nikola Milenkovic punya karier yang panjang bersama Fiorentina. Bergabung pada musim panas 2017, dia menjadi sosok penting di jantung pertahanan Fiorentina selama 7 musim. Dalam kurun waktu tersebut, bek tengah Serbia ini mencatatkan 264 penampilan dengan koleksi 18 gol dan 6 assist.

Meski begitu, kebersamaan mereka akhirnya sirna pada musim panas 2024 ini. Fiorentina memutuskan melepas Milenkovic setelah ada tawaran dari Nottingham Forest. Biaya senilai 14,3 juta euro atau sekitar Rp246 miliar menjadi mahar yang harus dibayar untuk mendapat jasa sang pemain. Milenkovic pun diikat kontrak selama 5 tahun. 

Berbekal pengalaman yang cukup mentereng, Milenkovic bakal menjadi tambahan penting untuk lini pertahanan Nottingham Forest. Dia juga sedang berada pada usia emasnya, 26 tahun. Namun, faktor adaptasi bisa saja menjadi penghambat Milenkovic untuk menampilkan performa terbaiknya. 

4. Arsenal rekrut Riccardo Calafiori dengan harga mahal dari Bologna

4 Bek Tengah Serie A Italia Digaet Klub EPL pada Musim Panas 2024Riccardo Calafiori menandatangi kontrak bersama Arsenal. (instagram.com/richycala)

Riccardo Calafiori bersinar saat melakoni musim debut bersama Bologna. Dia mengawal lini pertahanan dengan begitu solid sehingga Bologna bisa finis di posisi kelima Serie A 2023/2024. Berkat peforma apik yang ditunjukkan, namanya dengan cepat melambung. 

Calafiori pun menjadi incaran banyak klub di bursa transfer musim panas 2024. Namun, dia akhirnya berlabuh ke Arsenal dengan biaya transfer sebesar 45 juta euro atau sekitar Rp775 miliar. Calafiori kemudian menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun.

Kehadiran pemain 22 tahun ini membuat lini belakang Arsenal semakin mentereng. Meski begitu, kiprah Calafiori bersama The Gunners belum tentu berjalan mulus. Dia masih harus bersaing dengan sederet bek tengah yang juga punya kualitas mumpuni agar mendapat banyak menit bermain.

Keempat bek tengah di atas bakal memulai petualangan baru bersama klub Premier League. Lantas, mampukah mereka tampil apik di liga yang disebut-sebut paling kompetitif di dunia tersebut? Hanya waktu yang akan menjawabnya!

Baca Juga: 5 Bek Tengah Terakhir yang Dibeli Arsenal, Calafiori Teranyar!

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya