4 Pemain Terakhir yang Bergabung dengan RB Salzburg dari Liverpool

Dua pemain baru dari Liverpool berkat peran dari Lijnders

Dominasi RB Salzburg sebagai penguasa di Austria dalam sedekade terakhir harus terhenti usai Sturm Graz sukses menjuarai Bundesliga Austria 2023/2024. Setelah kegagalan tersebut, RB Salzburg mulai berbenah dengan menunjuk mantan asisten Juergen Klopp di Liverpool, Pepjin Lijnders, sebagai langkah awal perubahan. Pengalamannya sebagai tangan kanan Juergen Klopp selama di Liverpool sudah cukup bagi RB Salzburg untuk menjadikannya juru latih baru menggantikan Onur Cinel.

Untuk membantu kinerja Pepjin Lijnders, RB Salzburg cukup aktif di bursa transfer musim panas 2024 dengan mendatangkan beberapa pemain baru. Dua rekrutan terbaru Die Roten Bullen merupakan mantan rekan kerjanya saat di Liverpool, yaitu Bobby Clark dan Stefan Bajcetic. Kedatangan kedua pemain tersebut tentunya bukan kali pertama RB Salzburg merekrut pemain dari Liverpool. Setidaknya, terdapat dua pemain lagi yang datang dari Liverpool ke RB Salzburg.

1. Peter Gulacsi menjadi kiper utama RB Salzburg meski hanya jadi pilihan ketiga saat di Liverpool

4 Pemain Terakhir yang Bergabung dengan RB Salzburg dari LiverpoolPeter Gulacsi (instagram.com/petergulacsi)

Sebelum menjadi kiper ternama di Bundesliga Jerman berkat kiprahnya bersama RB Leipzig, Peter Gulacsi terlebih dahulu bermain dengan RB Salzburg. Die Roten Bullen mendatangkan kiper asal Hungaria tersebut secara gratis dari Liverpool pada bursa transfer musim panas 2013. Bergabung sejak 2007, Gulacsi tidak pernah mencatat penampilan bersama The Reds dan hanya sering dipinjaman ke klub lain.

Bergabung dengan RB Salzburg menjadi berkah tersendiri bagi kiprah Peter Gulacsi. Tampil impresif di RB Salzburg, ia bermain sebanyak 100 pertandingan dengan 99 kebobolan dan 38 clean-sheet serta raihan trofi Bundesliga Austria selama kariernya. RB Leipzig lalu merekrutnya pada musim panas 2013 dan menjadi andalan hingga saat ini.

2. Andre Wisdom dipinjamkan Liverpool ke RB Salzburg selama semusim penuh pada 2016/2017

4 Pemain Terakhir yang Bergabung dengan RB Salzburg dari LiverpoolAndre Wisdom (liverpoolfc.com)

Andre Wisdom merupakan jebolan akademi Liverpool yang dipromosikan ke tim utama pada pada 2011/2012. Bek asal Inggris itu sempat menjadi pelapis bagi tim utama periode 2012-2014. Namun, karena posisi sebagai pemain cadangan mulai tersingkirkan oleh pemain lain, ia lalu bolak-balik dipinjamkan oleh Liverpool kepada klub lain. 

RB Salzburg menjadi klub yang terakhir yang meminjamnya pada 2016/2017, sebelum akhirnya dilepas secara permanen oleh Liverpool pada musim berikutnya. Pada masa peminjaman, Wisdom hanya lebih sering tampil dari bangku cadangan. Ia telah bermain dalam 24 laga serta penampilan tersebut tidak membuatnya dipermanenkan.

Baca Juga: Perjudian Liverpool dengan Federico Chiesa

3. Bobby Clark memakai nomor punggung 10 bersama RB Salzburg

4 Pemain Terakhir yang Bergabung dengan RB Salzburg dari LiverpoolBobby Clark memakai nomor punggung 10 bersama RB Salzburg (instagram.com/bobbyclark)

Bobby Clark berlabuh ke RB Salzburg pada bursa transfer musim panas 2024 dengan menelan biaya yang mencapai 10 juta euro atau sekitar Rp203 miliar. Pemain yang masih berusia 19 tahun itu telah menandatangani kesepakatan kontrak berdurasi 5 tahun yang akan membuatnya berada bersama Die Roten Bullen hingga 2029 mendatang. Sekaligus menjadikannya sebagai pembelian termahal RB Salzburg pada transfer musim panas ini. 

Pepjin Lijnders berperan penting dalam upaya perekrutan talenta potensial dari akademi Liverpool itu. Bobby Clark diberikan kepercayaan oleh Juergen Klopp untuk tampil dalam 14 laga, dengan mampu menciptakan 2 gol dan 1 assist dengan Liverpool di berbagai ajang. Dengan keberhasilan mendapatkannya dari Liverpool, Clark bahkan dihadiahkan nomor punggung 10 oleh RB Salzburg.

4. Stefan Bajcetic dipinjamkan Liverpool ke RB Salzburg tanpa opsi pembelian permanen

4 Pemain Terakhir yang Bergabung dengan RB Salzburg dari LiverpoolStefan Bajcetic memamerkan nomor punggung 8 di RB Salzburg bersama kekasihnya (instagram.com/stefanbajcetic)

Liverpool resmi meminjamkan talenta potensialnya bernama Stefan Bajcetic kepada RB Salzburg pada bursa transfer musim panas 2024.  Barcelona juga ingin meminjam gelandang bertahan asal Spanyol itu untuk menggantikan peran Marc Bernal yang menderita cedera ACL. Namun harus terganjal oleh masalah dengan financial fair play terkait batasan pemain LaLiga. 

Stefan Bajcetic dinilai sebagai talenta potensial berharga yang dimiliki oleh Liverpool sejak sukses mencuri perhatian pada musim 2022/2023 dengan menjadi pemain reguler di posisi gelandang bertahan. Sayangnya, ia menderita cedera robekan pada otot aduktor pada sesi latihan jelang melawan Real Madrid di babak 16 besar leg kedua Liga Champions 2022/2023 dan cedera betis pada musim berikutnya yang mengakibatkannya harus absen hingga 1,5 musim lebih. Untuk membantu mengembalikan ritme permainannya, Liverpool lebih memilih meminjamkannya ke RB Salzburg asuhan Pepjin Lijnders yang notabene tau kualitas dari Stefan Bajcetic.

Kehadiran dua pemain dari Liverpool diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan RB Salzburg dengan pelatih baru, Pepjin Lijnders. Mampukah Bobby Clark dan Stefan Bajcetic membantu Pepjin Lijnders mengembalikan kejayaan RB Salzburg di tanah Austria? Menarik ditunggu.

Baca Juga: Stefan Bajcetic Dapat Kontrak Jangka Panjang dari Liverpool

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya