5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024

Harvey Elliott terbanyak

Intinya Sih...

  • Harvey Elliott menjadi pemain Inggris terbanyak di Liverpool dengan 1.335 menit bermain, 3 gol, dan 6 assist.
  • Joe Gomez mencatatkan 32 pertandingan dengan total 1.776 menit bermain dan dipanggil kembali Timnas Inggris.
  • Trent Alexander-Arnold mengalami penurunan jumlah penampilan dan cedera sobeknya ligamen lutut pada Februari 2024.

Liverpool menjalani laga terakhir di English Premier League 2023/2024 dengan kemenangan 2-0 atas Wolverhampton Wanderers. Laga ini menandakan pertandingan terakhir Juergen Klopp bersama Liverpool. The Reds hanya mempersembahkan trofi EFL Cup 2023/2024 sebagai kado perpisahan Juergen Klopp yang mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Liverpool.

Beberapa rentetan hasil buruk di pekan-pekan akhir kompetisi mengakibatkan Liverpool keluar dari perburuan trofi English Premier League. Meski demikian, para pemain sudah memberikan yang terbaik bagi Liverpool. Beberapa di antaranya pemain lokal mereka.

Pada 2023/2024, Juergen Klopp lebih sering mengandalkan pemain Inggris di atas lapangan hijau. Bahkan, ada lima pemain asal Inggris yang telah mencatatkan menit bermain terbanyak di EPL 2023/2024. Siapa saja kelima pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Harvey Elliott (34 pertandingan) mencatatkan penampilan terbanyak meski sering jadi cadangan

5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024Harvey Elliott (tengah) (instagram.com/harvelliott)

Harvey Elliott menjadi pemain Inggris paling sering tampil bersama Liverpool di EPL 2023/2024. Ia telah tampil sebanyak 34 kali dengan mencetak 3 gol dan 6 assist dengan 1.335 menit bermain. Dari keseluruhan pertandingan yang dijalani di EPL 2023/2024, hanya 11 kali ia bermain dari menit awal pertandingan.

Meski lebih sering tampil dari bangku cadangan, Harvey Elliott menjadi sosok penting bagi skema permainan Juergen Klopp. Penampilan luar biasa Harvey Elliott musim ini berkat hasil kerja kerasnya usai sembuh dari cedera dislokasi fraktur pada engkel yang mengakibatkan ia absen hingga 140 hari pada 2021/2022. Pemain berusia 21 tahun itu masih belum mendapatkan panggilan dari Timnas Inggris asuhan pelatih Gareth Southgate.

2. Joe Gomez (32 pertandingan) merupakan pemain versatile di lini belakang Liverpool

5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024Joe Gomez (instagram.com/joegomez5)

Joe Gomez adalah sosok penting bagi pertahanan Liverpool pada 2023/2024. Ia mampu mengisi kekosongan posisi yang ditinggal pemain utama akibat cedera. Berposisi asli bek tengah, Joe Gomez justru lebih sering mengantikan peran Trent Alexander-Arnold atau Andy Robertson yang menderita cedera. Bahkan, sesekali ia bermain di posisi gelandang bertahan.

Kemampuan versatile yang dimiliki Joe Gomez memaksanya harus siap ditempatkan di posisi yang dibutuhkan. Khusus di EPL, ia telah mencatatkan 32 pertandingan dengan total 1.776 menit bermain. Berkat penampilannya yang konsisten dengan Liverpool, ia kembali dipanggil Timnas Inggris pada Maret lalu dan berpeluang dipanggil kembali oleh Gareth Southgate untuk Euro 2024 mendatang.

Baca Juga: Rencana Klopp Usai Mundur dari Liverpool, Mau Latih Klub Mana?

3. Trent Alexander-Arnold (26 pertandingan) diganggu cedera dan absen hingga beberapa laga

5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024Trent Alexander-Arnold (instagram.com/trentarnold66)

Trent Alexander-Arnold mengalami penurunan jumlah penampilan yang cukup signifikan bersama Liverpool pada 2023/2024. Kapten kedua The Reds tersebut telah bermain sebanyak 26 kali dengan torehan 3 gol dan 4 assist dengan 2.163 menit bermain, berbeda dengan musim sebelumnya yang hanya sekali absen. Alexander-Arnold juga mengalami penurunan jumlah assist, yang pada musim sebelumnya menorehkan sembilan assist.

Pemain berusia 25 tahun itu didera cedera hamstring pada pekan-pekan awal, lalu cedera sobeknya ligamen lutut pada Februari 2024. Cedera tersebut mengakibatkannya harus absen hingga tujuh pertandingan. Meski kerap absen akibat cedera, Trent Alexander-Arnold tetap menjadi pemain Inggris yang mencatatkan menit bermain terbanyak Liverpool di EPL 2023/2024. 

4. Curtis Jones (23 pertandingan) sempat mengalami cedera engkel

5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024Curtis Jones (instagram.com/curtisjr)

Curtis Jones menjadi salah satu pemain dari akademi yang konsisten dimainkan oleh Juergen Klopp. Pemain berusia 23 tahun itu dianggap sebagai pemain yang cocok dengan sistem permainan pelatih asal Jerman itu. Curtis Jones telah mencatatkan 23 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist dengan 1.116 menit bermain di EPL 2023/2024.

Curtis Jones sempat mengalami cedera engkel pada Februari lalu dan sembuh pada awal April 2024. Pemain asal Inggris itu juga pernah disanksi tiga pertandingan akibat kartu merah langsung yang diterima saat melawan Tottenham Hotspur pada awal musim. Curtis Jones masih memiliki kontrak hingga Juni 2027 bersama Liverpool.

5. Jarell Quansah (17 pertandingan) menggantikan posisi Joel Matip yang cedera

5 Pemain Lokal Liverpool dengan Penampilan Terbanyak di EPL 2023/2024Jarell Quansah (instagram.com/jarellquansah)

Jarell Quansah menjalani musim debutnya bersama tim utama dengan sangat baik. Ia mampu menggantikan peran Joel Matip yang menderita cedera hingga akhir musim. Pemain berusia 21 tahun itu juga terkadang berduet dengan Virgil van Dijk mengantikan Ibrahima Konate yang kerap absen karena  mengalami masalah kebugaran.

Jarell Quansah sudah bermain sebanyak 17 kali dengan rincian 1.190 menit bermain dan mencetak 2 gol di EPL 2023/2024. Dua golnya dicetak dalam dua pertandingan terakhir. Melihat potensi yang dimilikinya membuat Liverpool ingin segera memberikan kontrak jangka panjang untuknya.

Pemain asal Inggris yang bermain dengan Liverpool perlahan meningkatkan tiap tahunnya. Keberanian Juergen Klopp dalam mempromosikan pemain akademi yang notabene banyak pemain lokal Inggris sangat membantu perkembangan klub pada masa mendatang.

Baca Juga: Arne Slot Hanya Pelatih, Bukan Manajer Liverpool

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya