4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024

Kesulitan menembus skuad utama timnya #EURO2024

Liverpool mengalami performa yang naik turun pada 2023/2024. Sempat menjadi favorit untuk meraih berbagai trofi domestik dan Eropa, The Reds mengalami penurunan performa dan hanya berhasil meraih trofi EFL Cup. Meski demikian, Liverpool menjadi salah satu klub dari EPL dengan menyumbangkan pemain terbanyak di Euro 2024 dengan total sepuluh pemain.

Kiprah keseluruhan pemain Liverpool di Euro 2024 tidak semuanya berjalan dengan baik. Hingga selesainya babak fase grup Euro 2024, ada empat pemain yang masih belum diberikan kesempatan bermain oleh timnya. Padahal, mereka tampil apik pada 2023/2024. Siapakah keempat pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Joe Gomez yang serbabisa di lini belakang belum diberikan kesempatan bermain

4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024Joe Gomez (instagram.com/joegomez5)

Joe Gomez menjadi salah satu pemain tersibuk Liverpool sepanjang musim 2023/2024. Ia telah mencatatkan 51 pertandingan di seluruh kompetisi. Kemampuan Joe Gomez yang kerap bermain di posisi bek kanan, bek kiri, bek tengah, dan bahkan gelandang bertahan membuatnya kembali dipanggil Timnas Inggris sejak terakhir kali pada tahun 2020.

Hingga babak fase grup Euro 2024 selesai, Joe Gomez belum diberikan kesempatan bermain oleh Gareth Southgate. Pelatih berusia 53 tahun itu lebih memercayakan posisi bek kiri kepada Kieran Tripper yang sejatinya adalah seorang bek kanan. Padahal, Gomez yang lebih sering mengisi posisi bek kiri pada musim 2023/2024.

2. Ryan Gravenberch bukan pilihan utama Ronald Koeman di posisi gelandang

4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024Ryan Gravenberch (instagram.com/ryanjiro_)

Ryan Gravenberch bergabung dengan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2023. Ia direkrut dari Bayern Munchen dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp695 miliar. Musim perdananya dengan The Reds, Gravenberch mencatatkan 38 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Dengan kontribusinya itu, cukup menghantarkannya ke Euro 2024 bersama Belanda.

Menjelang pembukaan Euro 2024, Belanda harus kehilangan dua gelandang utama mereka, Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners yang menderita cedera. Kehilangan dua gelandang utama Belanda membuat kans bermain Gravenberch semakin besar. Sayangnya, ia belum pernah bermain di fase grup. Ronald Koeman lebih memercayakan posisi gelandang kepada Tijjani Reijnders, Jerdy Schouten, dan Joey Veerman.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 5 sebelum Ibrahima Konate

3. Ibrahima Konate kalah bersaing dengan Dayot Upamecano dan William Saliba

4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024Ibrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Nasib tidak jauh berbeda juga dialami oleh bek tengah Liverpool, Ibrahima Konate. Pemain berusia 25 tahun itu belum diberikan kesempatan bermain oleh Didier Deschamps hingga fase grup selesai. Komposisi pemain belakang Prancis dalam tiga pertandingan terakhir tidak pernah berganti. Dayot Upamecano dan William Saliba tidak tergantikan di posisi bek tengah Les Blues di Euro 2024.

Ibrahima Konate mendapatkan panggilan dari Prancis karena tampil baik bersama Liverpool. Meski kariernya kerap diganggu cedera, seperti cedera otot dan paha. Namun, ia tetap bermain apik saat kembali dari cedera. Statistiknya mencatatkan, ia telah tampil dalam 37 pertandingan di seluruh kompetisi pada 2023/2024.

4. Vitezslav Jaros hanya menjadi kiper pilihan ketiga di Ceko

4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024Vitezslav Jaros (instagram.com/vitek_jaros)

Vitezslav Jaros merupakan kiper Liverpool yang menjalani masa peminjaman dengan Strum Ganz, pada Januari 2024. Ia mampu mengisi posisi kiper utama klub dan berhasil meraih trofi Bundesliga Austria dan OFB-Cup, sekaligus memutus dominasi RB Salzburg dalam beberapa tahun terakhir. Berkat penampilannya solidnya, ia mendapatkan panggilan dari Ceko untuk berlaga di Euro 2024.

Sayangnya, Vitezslav Jaros belum pernah dimainkan oleh pelatih Ivan Hasek hingga babak fase grup berakhir. Pelatih berusia 60 tahun itu lebih memilih memainkan kiper yang lebih senior, Jindrich Stanek sebagai kiper utama. Jaros dinilai masih terlalu muda dan sulit menggeser kiper lainnya, seperti Matej Kovar, yang berstatus penjaga gawang dari Bayer Leverkusen.

Vitezslav Jaros bersama Ceko dipastikan gagal lolos ke babak berikutnya. Kesempatan bermain sepertinya sulit didapatkan oleh ketiga pemain lainnya, karena persaingan semakin sengit. Namun, bukan tidak mungkin salah satu dari ketiga pemain tersebut mendapat kesempatan bermain di babak fase gugur Euro 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Liverpool yang Jadi Kapten di Euro 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya