5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024

Dua pemain dari klub elite Eropa #EURO2024

Intinya Sih...

  • Rumania berstatus sebagai tim underdog di Euro 2024
  • Mereka membawa lima pemain dari liga top Eropa, termasuk Horatiu Moldovan dan Radu Dragusin
  • Razvan Marin, Andrei Ratiu, dan Ianis Hagi juga menjadi andalan Rumania di turnamen tersebut

Rumania berstatus sebagai underdog di Euro 2024. Namun, mereka memiliki potensi untuk menjungkalkan negara unggulan, seperti Belgia, yang sama-sama tergabung dalam Grup E. Rumania juga akan bertarung dengan Slovakia dan Ukraina untuk melaju ke fase gugur.

Tidak ingin sebatas menjadi tim pelengkap di Euro 2024, Rumania membawa pemain terbaiknya dari liga-liga top Eropa. Walaupun beberapa saja yang bermain di klub elite Eropa. Total, ada lima pemain Rumania yang bermain di liga top Eropa. Siapa saja kelima pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Horatiu Moldovan menjadi Kiper pelapis Jan Oblak di Atletico Madrid

5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024Horatiu Moldovan (instagram.com/haratiu_moldova)

Di posisi kiper, Rumania memiliki penjaga gawang dari klub besar asal Spanyol, Atletico Madrid. Dia adalah Horatiu Moldovan, kiper yang didatangkan Atletico Madrid pada bursa transfer musim dingin 2024 dari FC Rapid. Dia sendiri hanya menjadi kiper pelapis bagi Jan Oblak.

Horatiu Moldovan belum diberikan kesempatan bermain oleh Diego Simeone dan sulit menggeser posisi Jan Oblak. Meski begitu, kiper berusia 26 tahun itu tetap dibawa ke Euro 2024. Dia bahkan sudah menciptakan sebelas caps bersama Rumania.

2. Radu Dragusin (Tottenham Hotspur) mengisi jantung pertahanan Rumania

5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024Radu Dragusin (instagram.com/radudragusin5)

Radu Dragusin sempat menjadi rebutan klub-klub top Eropa, seperti Barcelona, Bayern Muenchen, dan Tottenham Hotspur. Namun, dia lebih memilih bergabung dengan Tottenham. Dia berdalih ingin mendapatkan menit bermain lebih. Tottenham pun menebusnya dari Genoa dengan biaya menyentuh 25 juta euro atau sekitar Rp 434,35 miliar pada bursa transfer musim dingin 2024.

Radu Dragusin yang bermain solid dengan Genoa malah tampak kesulitan menembus skuad utama Tottenham Hotspur. Ia hanya diberikan kesempatan bermain sebanyak sembilan kali oleh Ange Postecoglou. Meski demikian, Dragusin tetap menjadi pemain yang diandalkan di lini belakang Rumania.

Baca Juga: 7 Pemain Euro 2024 yang Bermain di Saudi Pro League

3. Andrei Ratiu (Rayo Vallecano) mengisi sisi kanan pertahanan Rumania

5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024Andrei Ratiu (instagram.com/andreiflorin10)

Selain Radu Dragusin di sektor bek tengah, Rumania juga mengandalkan Andrei Ratiu di sisi kanan pertahanan. Ratiu bergabung dengan Rayo Vallecano pada bursa transfer musim panas 2023. Ia direkrut dari sesama klub Spanyol, SD Huesca.

Andrei Ratiu juga jarang diberikan kesempatan tampil. Ia hanya bermain sebanyak 16 kali dengan raihan 1 gol. Namun, bek kanan berusia 25 tahun itu sudah menciptakan 17 caps dengan mencetak 1 gol bersama Rumania.

4. Razvan Marin (Empoli) mengisi posisi gelandang Rumania

5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024Razvan Marin (instagram.com/razvanmarin)

Razvan Marin berstatus pemain Cagliari yang tengah menjalani masa peminjaman di Empoli. Ia berkontribusi terhadap selamatnya Empoli dari ancaman degradasi. Razvan Marin mencatatkan 31 pertandingan dengan torehan 3 assist pada 2023/2024.

Marin merupakan pemain langganan yang dipanggil Rumania. Ia sudah mencatatkan debutnya dengan Rumania sejak 8 Oktober 2016, saat unggul 5-0 atas Armenia. Catatan caps yang pemain berusia 28 tahun itu torehankan berjumlah 55 penampilan dengan mencetak 3 gol.

5. Ianis Hagi (Alaves) bakal mengisi posisi gelandang serang Rumania

5 Pemain Liga Top Eropa yang Membela Rumania di Euro 2024Ianis Hagi (instagram.com/echipanationala)

Ianis Hagi merupakan anak dari legenda sepak bola Rumania, Gheorghe Hagi. Ia kini menjalani masa peminjaman di klub LaLiga Spanyol, Alaves. Ianis Hagi sendiri merupakan pemain milik Glasgow Rangers yang mulai bergabung pada Januari 2020.

Ianis Hagi telah bermain sebanyak 25 kali dengan Alaves dengan catatan 2 gol dan 2 assist. Pemain berusia 25 tahun itu beroperasi di posisi gelandang serang, sama seperti ayahnya. Ia juga menjadi langganan dipanggil Timnas Rumania dan sudah menciptakan 35 caps dengan torehan 5 gol.

Meski bukan negara yang diunggulkan, Rumania berpotensi dapat melangkah lebih jauh dari perkiraan di Euro 2024. Walau bermaterikan pemain yang tergolong biasa saja di Eropa, Rumania siap tampil spartan di Euro tahun ini. Mampukan mereka benar-benar mewujudukan itu?

Baca Juga: 7 Negara yang Dinakhodai Pelatih Asing di Euro 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya