5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024

Empat pemain dari Anderlecht #EURO2024

Intinya Sih...

  • Denmark lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup C, tetapi kalah dari Jerman dengan skor akhir 0-2.
  • Lima pemain Denmark bermain di Jupiler Pro League Belgia, termasuk Kasper Schmeichel, Thomas Delaney, Anders Dreyer, Kasper Dolberg, dan Andreas Skov Olsen.
  • Kasper Schmeichel menjadi kiper utama Denmark di Euro 2024, sementara Thomas Delaney sering berkutat dengan cedera bersama Anderlecht.

Denmark lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup C. Sayangnya, perjalanan Tim Dinamit harus terhenti usai takluk dari tuan rumah, Jerman, dengan skor akhir 0-2. Meski lolos ke fase gugur sebagai runner-up, performa Denmark tidak begitu stabil dengan hanya meraih tiga hasil imbang pada fase grup.

Skuad Denmark sendiri berisi pemain yang bermain di liga-liga besar Eropa. Meski demikian, ada beberapa pemain yang tampil di luar liga top Eropa, salah satunya Jupiler Pro League Belgia. Ada total lima pemain Denmark yang bermain di kasta tertinggi Liga Belgia tersebut pada 2023/2024.

Lantas, siapa saja lima pemain Denmark yang bermain di Jupiler Pro League Belgia 2023/2024? Berikut daftarnya.

1. Kasper Schmeichel (Anderlecht) menjadi kiper utama Denmark di Euro 2024

5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024Kasper Schmeichel (instagram.com/kasperschmeichel)

Kasper Schmeichel merupakan anak dari kiper legendaris Manchester United dan Timnas Denmark, Peter Schmeichel. Kiper berusia 37 tahun itu mulai dikenal khalayak saat membawa Leicester City juara English Premier League 2015/2016. Kasper Schmeichel menjadi kiper utama Denmark di Euro 2024. 

Sepanjang Euro 2024, Kasper Schmeichel mencatatkan kebobolan sebanyak 4 kali di 4 pertandingan dengan hanya menorehkan 1 clean sheet. Ia juga berperan sebagai kapten Tim Dinamit di sana. Kesper Schmeichel saat ini merupakan kiper yang baru bergabung dengan Anderlecht pada bursa transfer musim panas 2023 dari klub asal Prancis, OGC Nice.

2. Thomas Delaney (Anderlecht) memulai dua pertandingan awal dari bangku cadangan

5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024Thomas Delaney (instagram.com/tomhasdelaney)

Thomas Delaney berstatus sebagai pemain Sevilla yang menjalani masa peminjaman di Anderlecht pada bursa transfer musim panas 2023. Sayangnya, kariernya lebih sering berkutat dengan cedera di Anderlecht. Meski begitu, Delaney tetap dibawa Denmark karena merupakan pemain langganan sejak 2013.

Pemain berusia 32 tahun itu hanya absen sekali di Euro 2024. Thomas Delaney selalu bermain dari babak kedua pada fase grup. Ia baru sempat menjadi pemain dari babak pertama saat 16 besar, ketika Denmark kalah dari Jerman.

Baca Juga: 3 Pemain Borussia Dortmund yang Bawa Jerman ke 8 Besar Euro 2024

3. Anders Dreyer (Anderlecht) tidak diberikan kesempatan bermain

5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024Anders Dreyer (instagram.com/andersdreyer)

Anders Dreyer lebih banyak duduk di bangku cadangan dan belum pernah diberikan kesempatan bermain di Euro 2024. Pemain berusia 26 tahun itu secara taktikal tidak masuk skema Pelatih Kasper Hjulmand. Padahal, ia bermain apik bersama Anderlecht pada 2023/2024.

Dreyer bergabung dengan klubnya tersebut pada bursa transfer musim dingin 2023 dari Midtjylland. Ia telah mencetak 21 gol dari 39 pertandingan dengan Anderlecht pada 2023/224. Kontribusinya tersebut cukup membawanya ke Euro 2024 bersama Denmark.

4. Kasper Dolberg (Anderlecht) tidak banyak berkontribusi kepada Denmark

5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024Kasper Dolberg (instagram.com/kasperdolberg)

Kasper Dolberg hanya diberikan kesempatan bermain sebanyak dua kali di Euro 2024. Ia menjadi penghangat bangku cadangan dan kalah saing dari striker Manchester United, Rasmus Hojlund. Di dua pertandingan tersebut, ia tampil sebagai pemain pengganti.

Statistik bersama Anderlecht pada 2023/2024 sendiri terbilang cukup produktif. Ia mencetak 15 gol dari 45 pertandingan di seluruh kompetisi. Kasper Dolberg merupakan pemain yang baru bergabung dengan Anderlecht pada bursa transfer musim panas 2023 dari OGC Nice.

5. Andreas Skov Olsen (Club Brugge) cukup penting di lini depan Denmark

5 Pemain Jupiler Pro League yang Memperkuat Denmark di Euro 2024Andreas Skov Olsen (instagram.com/andreasskovolsen)

Andreas Skov Olsen menjadi satu-satunya pemain dari Jupiler Pro League Belgia yang tidak bermain di Anderlecht. Ia berstatus pemain dari Club Brugge sejak Januari 2021. Skov Olsen bermain apik pada 2023/2024 dengan statistik 50 pertandingan dengan mencetak 26 gol dan 8 assist.

Di Euro 2024, ia cukup diandalkan Pelatih Kasper Hjulmand di lini depan Denmark. Ia hanya absen di laga perdana Euro, saat ditahan imbang 1-1 oleh Slovenia. Skov Olsen menjadi pemain utama pada babak 16 besar saat kalah dari Jerman.

Kiprah pemain dari Jupiler Pro League Belgia terbilang tidak terlalu baik. Hanya Kasper Schmeichel yang selalu bermain reguler di Euro 2024. Mungkinkah mereka lebih punya andil pada kesempatan berikutnya?

Baca Juga: 4 Pemain Georgia Berpotensi Diincar Banyak Klub setelah Euro 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya