5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024

Tiga di antaranya bermain untuk Brasil

Intinya Sih...

  • Brasil membawa 3 pemain FC Porto ke Copa America 2024: Wendell, Evanilson, dan Pepe
  • Wendell tampil gemilang di FC Porto dengan 4 gol dan 3 assist, sementara Evanilson mencetak 25 gol dan 7 assist
  • Jorge Sanchez (Meksiko) dan Stephen Eustaquio (Kanada) juga bermain dari FC Porto di Copa America

Copa America 2024 sedang berlangsung di Amerika Serikat sejak 20 Juni hingga 14 Juli 2024 mendatang. Kejuaraan kali ini menjadi ajang prestisius bagi antara negara zona Conmebol dengan tambahan dari Concacaf yang mayoritas pemainnya bermain di Eropa. Klub asal Portugal, FC Porto, menjadi salah satu tim Eropa terbanyak yang menyumbang pemain untuk kejuaraan ini.

Hal itu tidak mengejutkan karena skuad FC Porto pada musim lalu hampir setengahnya berasal dari benua Amerika. Total, ada lima pemain dari FC Porto yang tampil di ajang Copa America 2024 ini. Siapa saja?

1. Wendell bersaing dengan Guilherme Arana untuk menjadi bek kiri utama Brasil

5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024Wendell (instagram.com/wendellborges18)

Brasil membawa tiga pemain dari FC Porto untuk berpartisipasi di kejuaraan Copa America 2024. Bek kiri Dragoes, Wendell, menjadi salah satunya yang dipanggil pelatih Dorival Junior. Ia bersaing dengan bek Atletico Mineiro, Guilherme Arana, untuk menjadi bek kiri utama Selecao.

Bukan tanpa alasan pelatih berusia 62 tahun itu mengikutsertakannya dalam Copa America 2024. Weldell tampil gemilang bersama FC Porto dengan berkontribusi dalam 36 penampilan dengan catatan 4 gol dan 3 assist di seluruh kompetisi pada 2023/2024. Ia menjalani kejuaraan besar pertamanya dengan Brasil di usia yang sudah menginjak 30 tahun meski ia sudah berkarier di Eropa sejak 2014 bersama Bayer Leverkusen sebagai klub pertamanya.

Baca Juga: Kendry Paez, Wonderkid Ekuador yang Bikin Rekor di Copa America

2. Evanilson hanya sebagai pelapis Endrick di posisi striker utama Brasil

5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024Evanilson (instagram.com/evanilsonlima99)

Brasil membawa penyerang utama FC Porto, Evanilson, untuk mempertajam lini depan Selecao di kejuaraan Copa America 2024. Ia menyisihkan nama-nama langganan Brasil, seperti Gabriel Jesus, Richarlison, Matheus Cunha, Pedro, dan Victor Roque. Striker berusia 24 tahun itu akan menjadi pelapis dari penyerang baru Real Madrid, Endrick.

Evanilson sudah bergabung dengan FC Porto pada bursa transfer musim panas 2020 dari klub lokal Brasil, Tombense. Ia konsisten menjadi penyerang utama Dragoes sejak 2021 hingga kini. Statistiknya pada musim 2023/2024 mencatatkan ia telah mencetak 25 gol dan 7 assist dari 42 pertandingan bersama FC Porto. Penyerang FC Porto itu baru menjalani debutnya dengan Brasil pada 9 Juni 2024 lalu. Ia tampil 61 menit sebagai stiker utama saat Selecao mengalahkan Meksiko dengan skor 3-2 di laga persahabatan.

3. Jorge Sanchez bermain di sisi kanan pertahanan Meksiko

5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024Jorge Sanchez (instagram.com/sanchezjorgie4)

Jorge Sanchez berstatus pemain Ajax Amsterdam yang menjalani masa peminjaman dengan FC Porto pada bursa transfer musim panas 2023. Namun, ia lebih sering tampil dari bangku cadangan pada 2023/2024. Sanchez bermain sebanyak 25 kali dengan hanya menorehkan 2 assist di seluruh kompetisi yang diikuti.

Meski kurang berkontribusi dengan FC Porto, Jorge Sanchez tetap mendapatkan panggilan dari Meksiko untuk tampil di Copa America 2024. Bek kanan berusia 27 tahun itu merupakan pemain langganan Meksiko sejak 2019. Ia bahkan sudah mencatatkan 43 caps dengan torehan 1 gol bersama Meksiko.

4. Stephen Eustaquio dipercaya sebagai gelandang utama Kanada

5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024Stephen Eustaquio (instagram.com/stepheustaquio)

Stephen Eustaquio merupakan gelandang andalan FC Porto yang tampil di Copa America 2024 bersama Kanada. Ia telah tampil bersama Dragoes di 42 pertandingan dengan mencetak 3 gol dan 3 assist sepanjang 2023/2024. Sebelum memutuskan bermain untuk Kanada, Eustaquio dulunya adalah mantan punggawa Timnas Portugal U-21.

Pemain berusia 27 tahun itu sudah mencatatkan debutnya dengan Kanada pada 16 November 2019, saat timnya takluk 4-1 oleh Amerika Serikat. Total, ia sudah menciptakan 39 caps dengan torehan 4 gol dan 4 assist. Eustaquio telah tampil penuh di dua pertandingan Copa America 2024.

5. Pepe bakal menambah daya serang di sisi sayap kiri Brasil

5 Pemain FC Porto yang Berpartisipasi di Copa America 2024Pepe (instagram.com/pepe)

Pepe juga mendapatkan panggilan dari pelatih Dorival Junior berkat tampil apik bersama FC Porto. Ia turut berkontribusi dalam 50 pertandingan dengan torehan 8 gol dan 10 assist di seluruh kompetisi pada 2023/2024. Pepe meramaikan persaingan di posisi penyerang sayap Brasil yang dihuni oleh Vinicius Junior, Rodrygo, Gabriel Martinelli, Raphinha, dan Savio. Nasib pemain berusia 27 tahun itu tidak jauh berbeda dari dua pemain FC Porto lainnya di Timnas Brasil. Pepe juga baru mendapatkan panggilan sejak Dorival Junior mengalami alih posisi pelatih kepala Brasil. 

Tiga punggawa FC Porto yang dibawa Brasil memang hanya menjadi pelapis dari pemain utama Selecao. Berbeda dengan dua pemain lainnya yang bermain di tim utama dengan negaranya masing-masing. Menarik ditunggu sejauh mana kontribusi pemain FC Porto di Copa America 2024.

Baca Juga: Bangkitnya Lautaro Martinez Bersama Argentina di Copa America 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya