5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024

Luciano Spalletti salah satunya

Intinya Sih...

  • Euro 2024 dimulai pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024 di Jerman
  • Ada lima pelatih asal Italia yang melatih negara peserta Euro 2024
  • Luciano Spalletti, Marco Rossi, Domenico Tedesco, dan Vinzenzo Montella adalah pelatih asal Italia yang akan berpartisipasi

Euro 2024 dimulai pada 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024 mendatang. Jerman akan menjadi penyelenggara turnamen pada edisi kali ini. Pelatih-pelatih negara peserta telah mengumumkan pemain terbaik yang akan dibawa ke Euro tahun ini. 

Sederet pelatih top Eropa juga akan meramaikan turnamen yang diselenggarakan 4 tahun sekali tersebut. Dari 24 negara peserta Euro 2024, pelatih asal Italia mendominasi dengan jumlah terbanyak. Ada total lima pelatih asal Italia yang melatih negara peserta Euro 2024.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Luciano Spalletti menggantikan posisi Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia

5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024Luciano Spalletti (instagram.com/lucianospalletti)

Luciano Spalletti ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Italia pada 1 September 2023, setelah sepakat tidak melanjutkan kerja samanya dengan Napoli. Pelatih berusia 65 tahun itu mendapatkan kontrak hingga Juli 2026. Italia asuhannya berada di Grup B, bersaing dengan Spanyol, Kroasia, dan Albania.

Luciano Spalletti memiliki pengalaman melatih klub top Serie A Italia, seperti AS Roma, Inter Milan, dan Napoli. Klub terakhir dibawanya meraih trofi Serie A 2022/2023. Selain itu, ia juga pernah dinobatkan sebagai Manager of the Year pada 2004/2005, 2005/2006, dan 2022/2023. Dengan pengalaman yang dimilikinya, bukan tidak mungkin Italia kembali menjadi juara Euro seperti edisi sebelumnya.

2. Francesco Calzona melatih Napoli meski berstatus pelatih Slovakia

5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024Francesco Calzona (instagram.com/mrfrancescocalzonaofficial)

Napoli mengalami penurunan kualitas permainan setelah ditinggal Luciano Spalletti. Sebagai juara bertahan, I Partenopei justru berada di peringkat ke-11 Serie A Italia 2023/2024 dan sudah berganti pelatih sebanyak tiga kali. Napoli bahkan menjadikan pelatih Slovakia, Francesco Calzona, sebagai pelatih sementara hingga akhir musim 2023/2024.

Francesco Calzona sendiri merupakan mantan asisten Luciano Spalletti saat masih melatih Napoli. Ia lalu ditunjuk menjadi pelatih Slovakia pada 9 Juni 2022 dan dikontrak hingga 31 Desember 2025 mendatang. Slovakia asuhannya tergabung dalam Grup E, bersaing dengan Belgia, Romania, dan Ukraina.

Baca Juga: 4 Pemain Serie A yang Membela Timnas Belanda di Euro 2024

3. Marco Rossi sudah dua kali membawa Hungaria lolos ke Euro 2020 dan Euro 2024

5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024Marco Rossi (instagram.com/mrrossiofficial)

Marco Rossi merupakan pelatih Italia yang mulai menangani Hungaria pada Juni 2018. Tim asuhannya memastikan lolos ke Euro 2024 sebagai juara Grup G di babak kualifikasi. Ini kali kedua ia membawa Hungaria lolos ke Euro setelah edisi sebelumnya tidak mampu menantarkan Hungaria ke babak 16 besar.

Hungaria tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Jerman, Skotlandia, dan Swiss. Hungaria asuhan Marco Rossi diperkuat oleh pemain yang merumput di liga top Eropa, seperti Dominic Szoboszlai (Liverpool), Milos Kerkez (Bournemouth), dan Peter Gulacsi (RB Leipzig). Kontrak pelatih asal Italia itu masih tersisa hingga Desember 2025 dan mungkin diperpanjang jika mampu meloloskan Hungaria ke Piala Dunia 2026.

4. Domenico Tedesco adalah pelatih Belgia yang masih berusia 38 tahun

5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024Domenico Tedesco (schalke04.de)

Domenico Tedesco resmi ditunjuk menggantikan Roberto Martinez sebagai pelatih baru Belgia pada Februari 2023. Ia dikontrak hingga Juli 2026. Pelatih asal Italia itu sebelumnya melatih klub asal Jerman, RB Leipzig.

Belgia tergabung dalam Grup E, bersaing dengan Slovakia, Romania, dan Ukraina. Domenico Tedesco membuat gebrakan dengan mulai meninggalkan beberapa pemain lama seperti, Thibaut Courtois, Dries Mertens, hingga Michy Batshuayi. Ia lebih memilih pemain muda yang digabungkan dengan beberapa pemain senior yang masih dipertahankannya.

5. Vinzenzo Montella resmi ditunjuk menjadi pelatih Turki pada 21 September 2023

5 Pelatih Italia yang Melatih Negara Peserta Euro 2024Vincenzo Montella (instagram.com/coachmontellaofficial)

Vinzenzo Montella adalah mantan penyerang Italia yang kini menjadi pelatih Turki sejak diresmikan pada 21 September 2023. Ia diharapkan melatih Turki hingga Juni 2026. Pelatih berusia 49 tahun itu sebelumnya sudah berpengalaman melatih klub top Eropa, seperti AS Roma, Fiorentina, AC Milan, dan Sevilla. Terakhir ia melatih klub asal Turki, Adana Demirspor.

Dari 3 laga awal menangani Timnas Turki, tim asuhannya hanya meraih 1 kemenangan dan 2 kekalahan dalam laga persiapan menuju Euro 2024. Turki sendiri berada di Grup F, bersaing dengan Portugal, Republik Ceko, dan Inggris. Turki saat ini diperkuat oleh sejumlah pemain top Eropa, seperti Hakan Calhanoglu (Inter Milan), Arda Guler (Real Madrid), dan Kenan Yildiz (Juventus).

Italia dikenal sebagai penghasil pelatih terbaik, baik di klub maupun di level negara sekalipun. Terbukti dengan adanya lima pelatih asal Italia yang melatih negara peserta Euro Cup 2024.

Baca Juga: 7 Pemain yang Tersingkir dari Timnas Inggris untuk Euro 2024

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya