7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024

Terdapat beberapa kiper ternama Eropa

Mendatangkan pemain tanpa mengeluarkan biaya merupakan upaya untuk menghemat pengeluaran klub. Terlebih pemain yang direkrut memiliki pengalaman di liga-liga Eropa. Beberapa klub Serie A Italia melakukan cara tersebut di sektor penjaga gawang pada bursa transfer musim panas 2024. 

Total, ada tujuh kiper yang direkrut klub Serie A Italia secara gratis pada transfer musim panas ini. Tidak hanya didatangkan dari sesama klub Italia, beberapa direkrut dari luar Serie A Italia. Lantas, siapa saja ketujuh kiper tersebut?

1. Mathew Ryan (AS Roma) memiliki pengalaman bermain di beberapa liga Eropa

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Mathew Ryan (instagram.com/officialasroma)

Mathew Ryan bergabung dengan AS Roma pada bursa transfer musim panas 2024 usai kontraknya berakhir dengan AZ Alkmaar. Ia direkrut untuk menggantikan posisi Rui Patricio yang masa baktinya dengan I Giallorossi habis. Kiper asal Australia itu berperan sebagai pelapis bagi kiper utama, Mile Svilar.

Sebelum melanjutkan karier di Serie A Italia, Mathew Ryan memiliki pengalaman bermain di beberapa klub Eropa. Ia setidaknya pernah mencicipi liga tertinggi di Belgia, Inggris, Spanyol, Denmark, dan Belanda. Pengalaman yang dimiliki kiper berusia 32 tahun itu dibutuhkan untuk memberikan daya saing di posisi penjaga gawang AS Roma.

2. David de Gea bergabung dengan Fiorentina setelah semusim tanpa klub

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024David de Gea (instagram.com/acffiorentina)

Teka-teki dimana klub tujuan David de Gea akhirnya terjawab pada bursa transfer musim panas 2024. Fiorentina menjadi destinasi terbaru mantan kiper Timnas Spanyol itu, setelah semusim tanpa klub usai kontraknya dengan Manchester United pada 30 Juni 2023. Namun, ia harus rela gajinya jauh lebih rendah dibandingkan saat masih bersama Red Devils.

Meski memiliki pengalaman luar biasa bersama Manchester United, David de Gea tidak serta merta langsung menjadi kiper utama. Pasalnya, ia harus bersaing dengan Pietro Terracciano untuk mengambil alih posisi dibawah mistar gawang utama La Viola. Kiper berusia 33 tahun itu masih membutuhkan adaptasi setelah sebelumnya ia belum merasakan kompetisi selama semusim.

3. Alberto Paleari didatangkan Torino dari klub Serie C Italia, Benevento

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Alberto Paleari (instagram.com/torinofc1906)

Torino mendatangkan dua kiper yang diboyong secara gratis pada bursa transfer musim panas 2024. Alberto Paleari salah satu kiper yang direkrut guna menjadi pelapis bagi Vanja Milinkovic-Savic. Ia dihadirkan dari klub Serie C Italia, Benevento.

Karier Alberto Paleari di liga Italia hanya berkutat dengan klub Serie B dan Serie C saja. Namun, kiper berusia 31 tahun itu pernah merasakan ketatnya persaingan di Serie A. Pada musim 2020/2021, ia diberikan kesempatan bermain sebanyak 3 kali sebagai kiper pinjaman Genoa.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Valencia 2024/2025, Termasuk Kiper Anyar Liverpool

4. Antonio Donnarumma (Torino) merupakan kakak dari kapten Italia di Euro 2024, Gianluigi Donnarumma

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Antonio Donnarumma (instagram.com/torinofc1906)

Selain mendatangkan Alberto Paleari, Torino juga merekrut Antonio Donnarumma untuk menambah opsi di posisi penjaga gawang. Tidak jauh berbeda dengan Paleari, Donnarumma juga dihadirkan dari klub Serie C, Calcio Padova. Kiper berusia 34 tahun itu merupakan kakak kandung dari kapten Italia di Euro 2024, Gianluigi Donnarumma.

Kiprah Antonio Donnarumma tidak segemilang sang adik yang menjadi salah satu kiper dengan bayaran tertinggi di dunia. Ia bahkan hanya baru tampil sekali di Serie A Italia, tepatnya bersama Genoa pada laga penutupan musim 2011/2012 melawan Bologna yang berkesudahan dengan skor kacamata. Peluang mantan kiper AC Milan itu untuk menambah catatan bermain di Serie A Italia masih terbuka meski hanya sekedar menjadi kiper pelapis di Torino.

5. Federico Brancolini didatangkan Empoli setelah kontraknya berakhir dengan Lecce

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Federico Brancolini (instagram.com/empoli_fc_official)

Federico Brancolini direkrut Empoli pada bursa transfer musim panas 2024 setelah kontraknya bersama Lecce berakhir. Mantan kiper Fiorentina itu mendapatkan kontrak hingga Juni 2027. Brancolini bersaing dengan kiper pinjaman dari AC Milan, Devis Vasquez untuk memperebutkan tempat utama di posisi kiper Empoli.

Saat masih bersama Lecce, Federico Brancolini belum sekalipun diberikan kesempatan bermain di Serie A Italia. Ia hanya tampil sekali di ajang Coppa Italia. Meski demikian, kiper berusia 23 tahun itu memiliki pengalaman bermain di Italia U-18 dan U19.

6. Pepe Reina (Como 1907) kembali merumput di Serie A Italia dengan usia yang sudah menginjak 41 tahun

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Pepe Reina (instagram.com/comofootball)

Como 1907 menjadi klub promosi yang cukup aktif di bursa transfer musim panas 2024. Merekrut beberapa pemain yang memiliki pengalaman di kompetisi Eropa menjadi strategi Como untuk mengarungi Serie A Italia 2024/2025. Salah satu yang dihadirkan adalah Pepe Reina, mantan kiper Timnas Spanyol yang memiliki segudang pengalaman dengan beberapa klub Eropa.

Meski sudah berumur 41 tahun, Pepe Reina lebih memilih kembali ke Serie A Italia daripada pensiun dari dunia sepak bola usai kontraknya berakhir dengan Villareal. Liga kasta tertinggi di Negeri Pizza itu bukan liga yang asing baginya. Reina sebelumnya pernah berseragam Napoli, AC Milan, dan Lazio. Kiper berkepala plontos itu bekerja sama dengan mantan rekannya di Timnas Spanyol, Cecs Fabregas yang kini menjadi pelatih kepala Como.

7. Rui Patricio direkrut Atalanta menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2024

7 Rekrutan Kiper Gratis Klub Serie A Italia pada Musim Panas 2024Rui Patricio (instagram.com/gewiss_stadium_official)

Rui Patricio telah mengakhiri kebersamaan dengan AS Roma yang sudah terjalin selama 3 musim. Didatangkan dari Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2021, ia berkontribusi dalam 129 pertandingan dengan catatan 48 clean-sheet serta 134 kebobolan. Sempat menjadi kiper andalan I Giallorossi asuhan Jose Mourinho, posisi kiper asal Portugal itu mulai tersisihkan sejak Danielle De Rossi melatih AS Roma.

Setelah kontraknya berakhir dengan AS Roma, Rui Patricio memilih tetap berkarier di Serie A Italia. Ia menerima tawaran dari Atalanta jelang penutupan transfer musim panas 2024. Kiper berusia 36 tahun itu menandatangani kontrak selama semusim bersama Atalanta.

Enam diantara kiper di atas telah menginjak usia kepala tiga, yang artinya sudah berpengalaman sebagai kiper profesional. Meski beberapa didatangkan hanya sebagai kiper pelapis. Namun, kiper sekaliber David de Gea dan Pepe Reina kemungkinan bakal menjadi kiper utama.

Baca Juga: 3 Gelandang Jerman yang Meniti Karier di Serie A 2024/2025

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya