5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024

Sebelum dipinjaman, total Chelsea memiliki sembilan kiper

Chelsea menjadi sorotan publik karena memiliki tujuh pemain yang berposisi sebagai Kiper. Merasa kurang cukup, The Blues kembali mendatangkan dua penjaga gawang pada bursa transfer musim panas 2024. Chelsea kini memiliki jumlah sembilan kiper pada musim 2024/2025.

The Blues tidak mungkin mendaftarkan kesembilan kipernya tersebut karena melebihi batas kuota pemain Premier League. Meminjamkan ke klub lain menjadi satu-satunya jalan yang dapat diambil Chelsea. Total ada lima kiper yang dipinjamkan The Blues ke klub lain pada bursa transfer musim panas 2024.

Lantas, siapa saja kelima kiper tersebut?

1. Djordje Petrovic menjalani masa peminjaman bersama RC Strasbourg sampai Juni 2025

5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024Djordje Petrovic (instagram.com/rsca)

Djordje Petrovic sempat menjadi kiper utama Chelsea pada pertengahan musim 2023/2024. Kiper yang didatangkan dari New England Revolution pada bursa transfer musim panas 2023 itu menggantikan peran Robert Sanchez yang absen hingga akhir musim akibat cedera. Statistiknya dibawah mistar gawang Chelsea tidak terlalu mengecewakan, Petrovic tampil dalam 31 pertandingan dengan catatan 44 kebobolan dan 7 clean-sheet.

Catatan tersebut tidak cukup membuat kiper asal Serbia itu kembali mendapatkan tempat sebagai penjaga gawang utama. Enzo Meresca lebih memilih Robert Sanchez dan Filip Jorgensen untuk bersaing menjadi kiper utama dibawah mistar gawang Chelsea pada musim 2024/2025. Agar tidak kekurangan menit bermain, Djordje Petrovic dipinjamkan The Blues ke klub Ligue 1, RC Strasbourg.

2. Kepa Arrizabalaga dipinjamkan kembali oleh Chelsea dan kali ini bersama Bournemouth

5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024Kepa Arrizabalaga (instagram.com/afcb)

Kepa Arrizabalaga kembali dipinjamkan oleh Chelsea setelah mengakhiri masa peminjaman yang cukup berkesan bersama Real Madrid. Meski gagal merebut posisi kiper utama, Kepa setidaknya menjadi bagian dari kesuksesan El Real dalam meraih trofi LaLiga Spanyol 2023/2024 dan Liga Champions 2023/2024. Kiper berusia 29 tahun itu kali ini dipinjamankan ke sesama klub EPL, Bournemouth.

Kepa Arrizabalaga masih memegang rekor sebagai pembelian kiper termahal di dunia. Chelsea merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2018 dari Athletic Bilbao dengan nilai yang mencapai 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Kiper kelahiran Ondarroa itu bakal menjalani peminjaman selama semusim bersama Bournemouth sembari menunggu kontraknya habis dengan Chelsea pada Juni 2026.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsenal dari Chelsea sebelum Raheem Sterling 

3. Gabriel Slonina akan bersama Barnsley hingga 31 Mei 2025

5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024Gabriel Slonina (instagram.com/gabrielslonina)

Gabriel Slonina merupakan kiper berkebangsaan Amerika Serikat yang didatangkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 dari klub MLS, Chicago Fire. Namun, ia langsung dipinjamkan kembali ke klub asal Amerika Serikat tersebut selama setengah musim. Kembali dari masa peminjaman, The Blues lebih memilih menjadikannya sebagai kiper utama Chelsea U-21. 

Agar lebih terbiasa tampil di level tertinggi Eropa, Chelsea meminjamkan Gabriel Slonina ke klub asal Belgia, KAS Eupen pada transfer musim panas 2023. Sayangnya, klub yang dibelanya harus terdegradasi dari Jupiler Pro League Belgia 2023/2024. Belum sempat membela tim utama Chelsea, ia kembali dipinjamkan pada bursa transfer musim panas 2024 ke klub League One, Barnsley.

4. Mike Penders kiper anyar yang langsung dipinjamankan kepada KRC Genk selama semusim

5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024Mike Penders (instagram.com/mike.penders)

Chelsea mendatangkan dua kiper pada bursa transfer musim panas 2024, yakni Filip Jorgensen dari Villareal dan Mike Penders dari KRC Genk. Berbeda dari Jorgensen yang langsung berada di tim utama, Penders langsung dipinjamkan kembali ke Genk selama semusim. Kiper berusia 19 tahun itu menandatangani kontrak panjang dengan Chelsea hingga Juni 2032 mendatang.

Meski belum mencatatkan debut dengan tim utama Genk sebelum direkrut Chelsea, Mike Penders dipercaya menjadi kiper utama sekaligus kapten dengan Jong Genk yang berlaga Challenger Pro League Belgia 2023/2024. Ia tampil di 25 pertandingan dengan total 42 kebobolan dan hanya catatkan 3 clean-shet. Dengan catatan tersebut, Chelsea bahkan berani mengeluarkan biaya yang mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp347 miliar untuk merekrut kiper yang belum debut di tim utama.

5. Eddie Beach melakoni masa peminjaman dengan Crawley Town hingga 31 Mei 2025

5 Kiper Chelsea yang Dipinjamkan pada Transfer Musim Panas 2024Eddie Beach (instagram.com/eddiebeach)

Eddie Beach Didatangkan Chelsea dari Southampton U-18 pada bursa transfer musim panas 2022. Ia terlebih dahulu bergabung dengan Chelsea U-21 terlebih dahulu. Kiper asal Wales tersebut lalu dipinjamankan The Blues pada Januari 2024 ke klub kasta keenam Liga Inggris, Chelmsford selama setengah musim. 

Chelsea kembali meminjamkan talenta berusia 20 tahun itu ke Gateshead FC, klub kasta kelima Liga Inggris pada Januari 2024 lalu. Belum dipercaya untuk tampil dengan The Blues, ia kembali dipinjamkan ke Crawley Town yang saat ini bermain di League One pada musim panas 2024. Kontrak Eddie Beach bersama Chelsea berakhir pada Juni 2025, yang artinya ia akan berstatus pemain bebas transfer saat masa peminjaman selesai.

Sisi positif dalam meminjamkan kelima kiper tersebut adalah mereka mendapatkan menit bermain lebih. Kesempatan itu mungkin tidak didapatkan jika hanya menjadi cadangan di Stanford Bridge. Namun, Chelsea harus bersiap kehilangan beberapa kiper pada musim mendatang, baik dengan cara melepasnya atau kembali meminjamkan ke klub lain.

Baca Juga: Rahasia di Balik Kegagalan Victor Osimhen ke Chelsea

Fadel Muhammad Simanjuntak Photo Verified Writer Fadel Muhammad Simanjuntak

Aciek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya