Giorgi Kochorashvili, Pemain Krusial Georgia dalam Skema Sagnol

Salah satu gelandang tersolid di Euro 2024 #EURO2024

Sangat lumrah melupakan sosok lain ketika tiga penggawa high-profile Georgia: Khvicha Kvaratskhelia, Giorgi Mamardashvili, dan Georges Mikautadze berada di lapangan. Padahal ada satu sosok krusial dalam taktik Willy Sagnol untuk Timnas Georgia di Euro 2024. Namanya Giorgi Kochorashvili yang bila kamu coba untuk cari kata di mesin pencarian belum banyak dibahas.

Siapakah dia? Apa pula kontribusi prominennya di Timnas Georgia sepanjang fase grup? Berikut secuplik profil Giorgi Kochorashvili.

1. Alumnus Dinamo Tbilisi seperti mayoritas pemain Georgia di Euro 2024 lainnya

Giorgi Kochorashvili, Pemain Krusial Georgia dalam Skema SagnolGiorgi Kochorashvili (instagram.com/g.kochora14)

Seperti kebanyakan anak-anak lain di Georgia yang meminati sepak bola, Dinamo Tbilisi adalah akademi pertamanya. Lahir pada 1999, Giorgi Kochorashvili kemungkinan adalah bagian dari angkatan awal sekolah sepak bola Dinamo Tbilisi yang meresmikan akademi baru mereka pada 2013. Hanya bertahan dua tahun, Kochorashvili muda pindah ke akademi milik klub tetangga, FC Saburtalo, yang markasnya masih di ibu kota Tbilisi. 

Berganti nama jadi FC Iberia 1999 setelah sahamnya dibeli perusahaan otomotif Iberia, akademi mereka juga dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Georgia. Ada 3 alumni Saburtalo di skuad Georgia untuk Euro 2024, yakni Giorgi Kochorashvili, Giorgi Gocholeishvili dan Lasha Dvali. Punya koneksi kuat dengan Spanyol, Saburtalo membuka jalan bagi Kochorashvili untuk bermain di tim muda Girona dan CF Peralada selama 2 musim. Tak kembali ke Georgia, ia melanjutkan kariernya di Spanyol dengan jadi bagian dari tim kedua Levante.

2. Perlahan jadi starter reguler di Levante UD

Giorgi Kochorashvili, Pemain Krusial Georgia dalam Skema SagnolGiorgi Kochorashvili (instagram.com/levanteud)

Setelah tiga tahun jadi bagian dari tim kedua Levante, Giorgi Kochorashvili naik kelas ke tim utama. Musim pertama, kedua, dan ketiga ia lewati sebagai pemain pelapis. Kesabarannya berbuah hasil pada 2023/2024. Ia mulai diturunkan sebagai starter dan hanya absen saat cedera otot paha. Menit bermainnya bertambah drastis dan ia mulai dikenal fans.

Kariernya di timnas pun ikut terdongkrak. Pada September 2023, Willy Sagnol memanggilnya untuk memperkuat Georgia pada Kualifikasi Piala Eropa. Sempat dicadangkan pada laga pertama ia dipanggil, Sagnol memberinya kesempatan debut pada pertandingan lawan Norwegia. Sejak itu, Kochorashvili jadi andalan Sagnol untuk mengisi lini tengah Georgia selama fase kualifikasi dan play-off Euro. Perannya tak tergantikan, ia hampir selalu main penuh waktu.

3. Berkontribusi besar dalam skema serangan balik Georgia di Euro 2024

Giorgi Kochorashvili, Pemain Krusial Georgia dalam Skema SagnolGimmick selebrasi gol Georges Mikautadze dan Giorgi Kochorashvili (instagram.com/nakrebi)

Sebagai bagian dari klub yang relatif lemah seperti Levante, Kochorashvili tampak terbiasa dengan perannya sebagai gelandang tengah serbaguna, yakni sosok yang solid bertahan, tetapi cukup lihai menciptakan operan terobosan untuk membantu timnya melancarkan serangan balik. Ini yang kemudian menjelaskan peran besarnya di Timnas Georgia selama fase grup Euro 2024.

Seperti kita tahu, Willy Sagnol sering menggunakan taktik ini di Timnas Georgia, terutama selama melakoni laga-laga fase grup. Efektivitas taktiknya patut diacungi jempol. Georgia memang kalah dari Turki, tetapi mampu melontarkan ancaman-ancaman nyata di mulut gawang lawan. Mereka berhasil menahan imbang Ceko dan terakhir secara epik mengalahkan Portugal saat semua orang yakin mereka bakal dilibas Cristiano Ronaldo dkk.

Merujuk statistik resmi UEFA, selama gelaran Euro 2024 ini, Kochorashvili berhasil melontarkan operan-operan dengan akurasi hampir sempurna, yakni sekitar 93 persen. Ia berhasil melakukan 7 tackle, 4 di antaranya sukses. Kochorashvili juga sukses melakukan 2 kali upaya blokade dan memenangkan 18 kali duel perebutan bola. Ia pula yang memberikan umpan brilian berbuah gol pada Georges Mikautadze saat timnya berjumpa Turki pada matchday 1 Grup F Euro 2024.

Itu sebuah statistik menarik dari pemain yang berlaga di liga kasta kedua Spanyol. Tak ada yang menyangka kalau Kochorashvili bakal tampil gemilang di Euro 2024. Terlepas dari hasil pertandingan lawan Spanyol pada babak 16 besar nanti, pencari bakat dari berbagai klub liga top Eropa wajib memantau Kochorashvili.

Baca Juga: Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano Ronaldo

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya