5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  

Mayoritas merumput bersama Ajax Amsterdam

Eredivisie tak kesulitan melahirkan pemain-pemain bertalenta spesial secara berkala. Fakta ini pula yang membuat Timnas Belanda masuk dalam 10 besar ranking FIFA per 2022 menurut data Statista. 

Sayangnya, banyak pemain jebolan klub Belanda yang diakuisisi klub raksasa asal Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman. Inilah yang membuat liga mereka susah bersaing dengan klub-klub asal empat liga top Eropa. 

Meski begitu, tetap ada kok beberapa pemain klub Eredivisie yang bertahan dan mampu menunjukkan performa apik mereka sepanjang gelaran Piala Dunia 2022 Qatar ini. Siapa saja mereka?

1. Mohammed Kudus (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  Mohammed Kudus (instagram.com/kudus_mohammed)

Mohammed Kudus merupakan gelandang serang andalan Timnas Ghana di Piala Dunia 2022. Usianya yang muda tidak menghambatnya untuk tampil baik bersama timnya. Kamu bisa melihat kepiawaiannya menggocek bola pada penyisihan Grup H menghadapi Korea Selatan. Kala itu, Kudus mencetak dua gol kemenangan Ghana. 

Selain jadi pemain inti Timnas Ghana, Kudus juga jadi andalan di klubnya, Ajax Amsterdam. Pemain jebolan klub lokal Ghana, Right to Dream, itu sukses mencetak 10 gol dalam 21 pertandingan Liga Belanda dan UEFA Champions League pada paruh musim 2022/2023. 

2. Andries Noppert (SC Heerenveen) 

5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  Andries Noppert (instagram.com/andriesnoppert)

Prestasi Belanda pada Piala Dunia 2022 ini tak bisa dilepaskan dari peran Andries Noppert. Sang kiper sukses mengakhiri dua pertandingan dengan status clean sheet, tepatnya ketika berjumpa Qatar dan Senegal. Rata-rata gawangnya hanya kemasukan 1 gol selama keikutsertaannya dalam Piala Dunia 2022. 

Noppert saat ini membela klub papan tengah Eredivisie, Heerenveen. Prestasinya di klub juga tak bisa dianggap enteng lantaran Noppert mampu mencetak 6 clean sheet dalam 14 pertandingan paruh musim 2022/2023. 

Baca Juga: Moncer di Piala Dunia, Cody Gakpo Kian Dekat ke Manchester United

3. Cody Gakpo (PSV Eindhoven)

5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  Cody Gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Selain Gonchalo Ramos, pemain muda yang sedang banyak diperbicangkan di Piala Dunia 2022 adalah Cody Gakpo. Winger berdarah Togo ini sukses membuat lini serang Oranje lebih tajam dan variatif. Ia menyumbang tiga gol untuk Belanda selama keikutsertaannya dalam turnamen tersebut. Semua gol itu ia cetak pada babak penyisihan grup. 

Karier Gakpo di PSV Eindhoven rupanya sebanding dengan perannya di Timnas Belanda. Pemain muda ini sudah mencetak 13 gol pada paruh musim 2022/2023 di turnamen domestik maupun antar klub Eropa.

4. Steven Berghuis (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  Steven Berghuis (instagram.com/stevenberghuis)

Pemain senior Belanda, Steven Berghuis juga tak kalah berbinar di Piala Dunia 2022. Gelandang serang ini selalu diturunkan Louis van Gaal pada babak penyisihan grup. Namun, mayoritas ia tampil sebagai pemain pengganti dari bangku cadangan. 

Penampilan terbaik Berghuis terlihat ketika ia diturunkan pada menit ke-74 pada laga perempat final melawan Argentina. Lewat kreasinya, Belanda mampu menyamakan kedudukan di menit-menit akhir dan memaksa lawannya beradu penalti. 

Sayangnya, Berghuis gagal menuntaskan tugasnya sebagai penendang dalam adu penalti. Tendangannya berhasil ditepis Emiliano Martinez sehingga timnya harus merelakan Argentina melaju ke semifinal.

5. Dusan Tadic (Ajax Amsterdam)

5 Pemain Eredivisie dengan Performa Apik di Piala Dunia 2022  Dusan Tadic (instagram.com/dusantadic)

Dusan Tadic merupakan kapten sekaligus winger yang prominen di Timnas Serbia, setidaknya untuk beberapa tahun terakhir. Pemain senior ini berperan sebagai motor serangan Serbia dan penyedia umpan ke penyerang utama macam Mitrovic dan Vlahovic. 

Sepanjang Piala Dunia 2022, Tadic sukses mencetak 2 assists pada 2 laga penyisihan grup melawan Kamerun dan Swiss. Meski Tadic tampil apik, Serbia tetap gagal melaju ke babak gugur usai berakhir jadi juru kunci Grup G. 

Berkat performa apik di Piala Dunia 2022, sebagian dari mereka punya potensi jadi rebutan klub top Eropa pada jendela transfer mendatang. Terutama yang berusia cukup muda seperti Kudus dan Gakpo. Kira-kira, tim mana saja yang paling pas jadi pelabuhan baru karier mereka?

Baca Juga: Menilik Kiprah Timnas Belanda di Bawah Asuhan Louis van Gaal

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya