Mengapa Banyak Stadion Persegi di Euro 2024?

Sebuah pendekatan konstruksi yang unik #EURO2024

Intinya Sih...

  • Stadion di Jerman untuk Euro 2024 mayoritas berbentuk persegi
  • Mayoritas stadion yang dipilih merupakan markas klub sepak bola aktif
  • Pengaruh aliran desain Bauhaus menjelaskan tren stadion persegi di Jerman

Dari 10 stadion yang jadi venue Euro 2024, 5 di antaranya berbentuk persegi. Ini pendekatan konstruksi yang cukup unik bila dibandingkan kebiasaan, yakni bentuk oval dan lingkaran. Selain dibangun dengan pertimbangan sudut penglihatan penonton, bentuk lingkaran atau oval biasanya itu dipilih untuk stadion-stadion multifungsi yang membutuhkan ruang untuk cabor lain seperti track lari atau lain sebagainya. 

Namun, Jerman ternyata punya pendekatan berbeda. Jika pernah menonton berbagai pertandingan Bundesliga Jerman dari segala divisi, stadion persegi bakal cukup lumrah ditemukan. Ini pun tercermin pada turnamen Euro 2024. Kira-kira apa faktor yang bikin stadion persegi populer di negeri itu? 

1.  Kebanyakan stadion di Jerman didesain khusus untuk pertandingan sepak bola

Mengapa Banyak Stadion Persegi di Euro 2024?Veltins Arena (.instagram.com/veltins_arena)

Sebagai salah satu negara dengan liga sepak bola domestik terbaik di dunia, Jerman punya banyak stadion yang didesain spesifik untuk satu fungsi, yakni menggelar pertandingan sepak bola. Dengan begitu, tak ada keperluan untuk menyertakan pertimbangan-pertimbangan lain seperti keberadaan arena khusus untuk cabor atletik yang membuat stadion harus berbentuk oval. Untuk Euro 2024 pun, hampir semua stadion yang ditunjuk jadi venue merupakan markas dari klub sepak bola aktif.

Volksparkstadion adalah stadion milik Hamburger SV, Veltins Arena merupakan markas FC Schalke 04, Merkur Spiel-Arena milik Fortuna Dusseldorf, RheinEnergieStadion markas FC Koln, dan Signal Iduna Park adalah rumah Borussia Dortmund. Stadion-stadion persegi tadi secara umum eksklusif hanya dipakai untuk pertandingan sepak bola. Fungsi lain yang kadang melekat pada mereka hanyalah sebagai venue konser. 

Baca Juga: 3 Rekor Sosok Termuda di Euro 2024, Jadi Sejarah

2. Pengaruh aliran desain Bauhaus

Mengapa Banyak Stadion Persegi di Euro 2024?Signal Iduna Park (instagram.com/ signalidunapark09)

Hal lain yang bisa menjelaskan tren stadion persegi di Jerman adalah pengaruh aliran desain Bauhaus. Dilansir National Trust for Historic Preservation, Bauhaus merupakan sekolah seni paling berpengaruh di Jerman. Misi mereka adalah menjembatani jarak antara seni dan arus industrialisasi. Hasilnya adalah desain produk yang seimbang secara fungsi dan estetika. 

Tak heran bila akhirnya desain-desain produk Jerman termasuk konstruksi bangunan mereka minim ornamen tanpa fungsi dan dibuat dengan pertimbangan ketahanan bahan yang matang. Ini yang kiranya menjelaskan mengapa format persegi dipakai untuk konstruksi stadion di Jerman. Pada prinsipnya, mereka alergi dengan keberadaan ruang yang sia-sia. Bila persegi sudah bisa mengakomodasi semua fungsi yang dibutuhkan, apa poinnya menambah ruang lagi? 

3. Memotong jarak penonton dengan lapangan membuat pertandingan lebih hidup

Mengapa Banyak Stadion Persegi di Euro 2024?Merkur Spiel-Arena (instagram.com/merkurspielarena_dus)

Sebenarnya desain melengkung (oval maupun lingkaran) untuk stadion dibuat dengan maksud tertentu. Utamanya untuk mengakomodasi kepentingan penonton dengan memastikan cakupan penglihatan mereka ke lapangan optimal; tak peduli di sudut mana mereka duduk. Namun, bukan berarti stadion persegi tidak bisa mengakomodasi keperluan tersebut. Dengan beberapa trik, stadion persegi tetap bisa memberikan pengalaman yang sama dengan desain stadion oval maupun lingkaran. 

Namun, yang jelas stadion persegi tanpa track lari dan ruang tambahan lainnya berhasil memotong jarak antara penonton dan lapangan. Faktor ini yang sedikit banyak mempengaruhi atmosfer pertandingan. Ketiadaan jarak berarti membuat pertandingan sepak bola jadi lebih imersif. Argumen ini bisa kamu buktikan sendiri saat nonton laga-laga Euro 2024 di beberapa stadion persegi. Olympiastadion dan Allianz Arena memang megah. Namun, stadion-stadion persegi dengan kapasitas lebih kecil ternyata tetap bisa menghadirkan nuansa yang lebih autentik dan intimate. 

Ada banyak elemen menarik yang bisa dibahas di Euro 2024. Buat penggemar arsitektur, deretan stadion persegi termasuk salah satunya. Kalau menurutmu, lebih seru nonton pertandingan di stadion berbentuk oval atau persegi? Coba bagikan pengalaman pribadimu, yuk!

Baca Juga: 5 Taman di Dusseldorf Jerman yang Wajib Dikunjungi saat Euro 2024

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya