Alasan Turki vs Georgia Disebut Laga Terbaik pada Matchday 1 Euro 2024

Laga paling kaos sejauh ini #EURO2024

Tak tertebak adalah hal yang paling nyata tampak pada laga perdana Grup F Euro 2024 antara Turki dan Georgia. Selain mencetak rekor-rekor baru, seperti pertandingan debut Georgia di turnamen besar, serta kemenangan pertama Turki pada laga perdananya di Euro, ada banyak catatan menarik lain dari laga itu. 

Banyak yang bilang keseruannya mengalahkan laga-laga yang melibatkan tim-tim andalan dan juara bertahan. Mulai dari ketidakteraturannya sampai atmosfer penonton yang betul-betul hidup, benarkah laga Selasa malam (18/06/2024) adalah pertandingan terbaik di Euro 2024 sejauh ini? Berikut beberapa alasan Turki vs Georgia disebut laga terbaik pada matchday pertama Euro 2024.

1. Laga dengan akumulasi tembakan ke gawang terbanyak di Euro 2024 sejauh ini

Alasan Turki vs Georgia Disebut Laga Terbaik pada Matchday 1 Euro 2024Laga perdana Grup F Euro 2024 yang mempertemukan Turki dan Georgia. (instagram.com/euro2024)

Salah satu hal yang paling nyata dari pertandingan fase Grup F Euro 2024 antara Turki dan Georgia adalah total tembakan ke gawang kedua tim yang mencapai 36 (22 dari Turki dan 14 dari Georgia). Ini adalah angka tertinggi di Euro 2024 sejauh ini. Bandingkan dengan Serbia vs Inggris yang hanya dihiasi sebelas tembakan. Satu-satunya pertandingan dengan jumlah tembakan mendekati Turki vs Georgia adalah Polandia vs Belanda, yakni sebesar 33 tembakan (12 dari Polandia dan 22 dari Belanda). 

Bedanya, persentase kepemilikan bola Polandia dan Belanda cukup jauh. Tak seperti Georgia dan Turki yang rasionya mendekati imbang, yakni 44 berbanding 56 persen. Catatan menarik lain adalah fakta bahwa tak sedikit tendangan ke gawang yang dilontarkan dari jarak jauh, tetapi cukup akurat. Tiga gol Turki ke gawang Giorgi Mamardashvili pun tercipta dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Dinamo Tbilisi, Tim Masa Kecil Pemain Georgia di Euro 2024

2. Momen debut pemain-pemain muda yang sedang bersinar di klubnya

Alasan Turki vs Georgia Disebut Laga Terbaik pada Matchday 1 Euro 2024Arda Guler rayakan gol perdananya di Euro 2024. (instagram.com/euro2024)

Kalau tim-tim besar sudah diisi pemain-pemain high-profile bahkan veteran, Timnas Georgia dan Turki justru diramaikan pemain-pemain muda yang sedang moncer di klub masing-masing dan dinanti-nantikan aksinya. Ada Arda Guler dan Kenan Yildiz di Turki serta Khvicha Kvaratskhelia, Giorgi Mamardashvili, dan Georges Mikautadze di tim lawan. Mereka berhasil tampil apik sesuai ekspektasi banyak orang. 

Guler dan Mikautadze sukses mencetak gol perdana masing-masing di turnamen besar, sementara Kvaratskhelia membuktikan konsistensi bakatnya yang mencolok lewat umpan dan tendangan bola mati spektakulernya. Masih ada Mert Muldur yang mencetak gol pembuka Turki dengan tendangan volinya. Yildiz sempat mencetak gol, tetapi dianulir wasit karena offside. Sementara, Mamardashvili menyajikan satu penyelamatan penting saat tandukan Yusuf Yazıcı mengarah persis ke sisi kanan gawangnya.

3. Counterattack sampai taktik Kamikaze dipakai Timnas Georgia demi mencuri poin

Alasan Turki vs Georgia Disebut Laga Terbaik pada Matchday 1 Euro 2024Pemain Timnas Georgia rayakan gol perdana mereka di Euro 2024. (instagram.com/nakrebi)

Hal menarik lain dari Georgia adalah semangat mereka untuk bertahan dan membalas gempuran Turki. Kebanyakan peluang emas Georgia datang dari skema serangan balik cepat yang menawan. Gol pertama yang dicetak Mikautadze adalah salah satu demonstrasi terbaiknya. Padahal, Georgia hampir kena mental saat tendangan Yildiz masuk ke gawang dan skor jadi 2-0. Beruntung gol itu dianulir wasit dan jadi semacam injeksi motivasi untuk menyamakan kedudukan. 

Saat tertinggal 1-2 pada babak kedua dan waktu terus bergulir menuju injury time, pemain Georgia tak segan melancarkan taktik Kamikaze. Mamardashvili mengikuti rekan-rekannya masuk ke area penalti Turki untuk mengeksploitasi tendangan pojok Kvaratskhelia. Sayangnya, bola berhasil ditinju kiper Mert Günok dan mendarat di kaki Muhammed Kerem Akturkoglu yang tak terkawal. Ia berbalik menggiring bola ke gawang Georgia yang tanpa penjagaan dan mencetak gol ketiga Turki pada menit 90+7. 

Gemuruh suporter menggelora saat momen itu terjadi, menandai kemenangan pertama Turki pada laga perdana mereka di turnamen sepak bola antarnegara Eropa itu. Tak berselang lama, wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Meski kalah cukup telak, Georgia tetap layak dapat respek untuk keberanian mengambil risiko dan ketekunan mereka mencuri poin di laga itu.

Sempat pula diwarnai kerusuhan antarsuporter, tetapi berhasil ditangani dengan baik oleh penyelenggara, ini memang salah satu pertandingan paling kaos di Euro 2024 sejauh ini. Taktik dan ritme permainan yang ditunjukkan Turki dan Georgia memang tak serapi dan terstruktur tim-tim juara bertahan, tetapi ini yang dinantikan penonton. Sebuah pertandingan sepak bola yang penuh ledakan dan gebrakan tak terduga.

Baca Juga: Alasan Timnas Eropa Timur Sulit Raih Prestasi di Euro

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya