5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!

Dua diantarnya dari Arsenal

Intinya Sih...

  • Nuno Tavares dipinjamkan ke SS Lazio setelah kesulitan di Arsenal, mencatatkan 6 gol dari 39 pertandingan bersama Marseille sebelumnya.
  • Eric Bailly dipinjam dari Manchester United dengan biaya 2 juta euro, tetapi sering cedera dan hanya tampil 23 kali untuk Marseille.
  • Mason Greenwood direkrut dengan transfer senilai 26 juta euro setelah sukses bersama Getafe di LaLiga, menjadi harapan baru bagi Marseille.

Marseille bisa dibilang cukup rajin mendatangkan pemain-pemain dari English Premier League pada tiap musimnya. Ada yang hanya dipinjam, ada juga yang dibeli dengan nilai transfer yang cukup tinggi.

Pada musim panas 2024, mereka juga sudah mendatangkan pemain dari Premier League. Pemain itu adalah Mason Greenwood. Ia pun mengikuti beberapa pemain Premier League yang menyeberang ke Ligue 1 Prancis untuk bermain bersama Marseille.

Lantas, siapa saja rekrutan terakhir Marseille dari Premier League? Termasuk Greenwood, berikut daftar terbarunya.

1. Nuno Tavares dipinjamkan kepada Marseille setelah sulit bersaing di Arsenal

5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!Nuno Tavares (instagram.com/nuno_tavares71)

Nuno Tavares hingga kini masih berstatus sebagai pemain Arsenal. Namun, ia tidak pernah mendapatkan tempat di bawah asuhan Mikel Arteta. Pada musim panas 2024, ia bahkan dipinjamkan kepada klub Serie A Italia, SS Lazio, dengan durasi peminjaman hingga 1 tahun kedepan.

Pemain asal Portugal yang berposisi sebagai bek kiri itu juga pernah dipinjamkan Arsenal kepada Marseille. Tepatnya pada Juli 2022. Ia bermain untuk Les Phocéens selama semusim. Bersama Marseille, ia telah tampil dalam 39 pertandingan dan mencatatkan 6 gol. Catatan itu dianggap cukup subur bagi seorang bek kiri.

2. Eric Bailly sulit mendapat menit bermain di Marseille setelah dipinjam dari Manchester United

5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!Eric Bailly (instagram.com/ericbailly24)

Eric Bailly sempat menjadi andalan di Manchester United pada 2016/2017 sebelum meredup beberapa musim setelahnya. Banyaknya stok bek tengah yang dimiliki The Red Devils pada 2022/2023 membuat Eric Bailly harus dipinjamkan kepada Marseille. Pemain asal Pantai Gading tersebut dipinjam dengan biaya 2 juta euro atau sekitar Rp35 miliar untuk 1 musim.

Sama seperti di Manchester United, ia juga masih kesulitan bersaing di skuad Les Phocéens. Pelatih Marseille kala itu, Igor Tudor, lebih sering menurunkan Leonardo Balerdi dan Chancel Mbemba di sektor bek tengah. Apalagi, pemain yang kini berseragam Villarreal tersebut lebih banyak berkutat dengan cedera. Ia hanya tampil sebanyak 23 kali bersama Marseille di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Membela Olympique Marseille dan Manchester United

3. Mattéo Guendouzi tampil impresif meski hanya berstatus pinjaman dari Arsenal

5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!Mattéo Guendouzi (instagram.com/matteoguendouzi)

Mattéo Guendouzi mampu mencuri perhatian dengan penampilan impresifnya bersama Marseille. Padahal, ia berstatus sebagai pemain pinjaman setelah kesulitan mendapatkan tempat di Arsenal. Pemain dengan ciri khas rambut gondrong ini menjadi otak permainan lini tengah Les Phocéens di Ligue 1 2021/2022.

Hal tersebut membuat manajemen Marseille kepincut untuk merekrutnya. Mattéo Guendouzi kemudian dipermanenkan dengan harga 11 juta euro atau sekitar Rp194 miliar. Akan tetapi, penampilannya bersama Marseille dianggap menurun setelah dibeli. Itu membuatnya dipinjamkan kepada Lazio pada Agustus 2023.

4. Tak seperti di Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang kembali tajam di Marseille

5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!Pierre-Emerick Aubameyang (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang pernah menjadi salah satu striker terbaik dunia saat masih berseragam Arsenal. Namun, kualitasnya dinilai menurun ketika bergabung bersama Barcelona. Ia kemudian dijual kepada Chelsea pada September 2022 dan hanya semusim berseragam The Blues.

Pada 2023/2024, penyerang asal Gabon tersebut memilih untuk pindah ke Marseille di Ligue 1 dengan status bebas transfer. Meski hanya semusim, itu sudah cukup mengembalikan mentalnya sebagai seorang striker. Sebanyak 30 gol telah ia cetak dari 51 pertandingan di berbagai kompetisi bersama Marseille. Namun, tidak bertahan lama, pemain yang kini berusia 35 tahun tersebut baru saja menandatangani kontrak dengan Al-Qadsiah. Ia akan berlaga di Saudi Pro League 2024/2025.

5. Mason Greenwood baru saja direkrut Marseille dari Manchester United

5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!Mason Greenwood (instagram.com/olympiquedemarseille)

Mason Greenwood menjadi pemain terbaru yang direkrut Marseille dari klub Premier League, Manchester United. Sempat tersandung kasus dan tidak pernah bermain mulai pada Januari 2022, ia dipinjamkan Manchester United kepada Getafe pada 2023/2024. Bersama Getafe, winger berusia 22 tahun tersebut langsung nyetel dan memainkan 33 pertandingan LaLiga Spanyol 2023/2024 dengan berhasil mencetak 8 gol.

Melihat potensi Mason Greenwood yang kembali, Marseille langsung bergerak cepat untuk mendatangkannya pada musim panas 2024. Ia berhasil digaet dengan nominal transfer 26 juta euro atau setara Rp458 miliar. Greenwood akan dikontrak hingga Juni 2029 atau 5 musim ke depan.

Sederet pemain yang datang sebelum Mason Greenwood ada yang sukses dan ada yang gagal bersama Marseille. Akankah Greenwood mampu tampil konsisten untuk klub yang kini dilatih Roberto De Zerbi itu? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: Deretan Gol Mason Greenwood bagi Getafe pada 2023/2024, Kembali Tajam!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya