3 Pesepak Bola Venezuela yang Meramaikan LaLiga 2024/2025

Ada eks Manchester City

Venezuela menjadi salah satu kekuatan di sepak bola Amerika Latin. Mereka punya sederet pemain berkualitas yang meniti kariernya di Eropa ataupun klub-klub besar Amerika Latin. Namun, jumlah pemain Venezuela yang berkarier di liga top Eropa untuk saat ini bisa dikatakan cukup terbatas.

Di LaLiga Spanyol 2024/2025, total hanya ada tiga pesepak bola asal Venezuela. Jumlah dan nama pemainnya pun masih sama seperti musim 2023/2024. Tidak ada pemain asal Venezuela baru yang mencoba peruntungan di kasta tertinggi Liga Spanyol tersebut.

1. Darwin Machís masuk skuad Real Valladolid setelah tampil apik di Cádiz CF

3 Pesepak Bola Venezuela yang Meramaikan LaLiga 2024/2025Darwin Machís (instagram.com/realvalladolid)

Darwin Machís merupakan pemain jebolan Granada yang sudah melalang buana di klub-klub medioker Spanyol. Selain membela Granada, ia tercatat pernah bermain untuk Hércules CF, SD Huesca, CD Leganés, Cádiz CF. hingga Real Valladolid. Meskipun, klub-klub tersebut hanya ia bela sesaat dengan status sebagai pemain pinjaman.

Winger yang telah mengoleksi 48 caps bersama Timnas Venezuela tersebut juga sempat meniti karier di Italia. Pada musim panas 2019, Udinese Calcio mengangkutnya dari Granada dengan nilai transfer yang tidak disebutkan. Sayangnya, ia hanya bertahan setengah musim di Udinese Calcio sebelum dibeli lagi oleh Granada CF.

Pada 2023/2024, Darwin Machís bermain bersama Cádiz CF di LaLiga sebagai pemain pinjaman dari Real Valladolid. Ia berhasil tampil dalam 21 pertandingan dan mencetak 4 gol bagi Cádiz CF di sepanjang LaLiga 2023/2024. Hal tersebut membuat pelatih Real Valladolid, Paulo Pezzolano, memasukkannya ke dalam skuad Real Valladolid untuk mengarungi musim 2024/2025.

2. Jon Aramburu akhrinya dipromosikan ke tim utama Real Sociedad

3 Pesepak Bola Venezuela yang Meramaikan LaLiga 2024/2025Jon Aramburu (instagram.com/jonaramburu_)

Jon Aramburu pernah menimba ilmu di akademi Real Sociedad saat masih remaja. Setelah itu, ia kembali ke Venezuela dan bergabung dengan Deportivo La Guaira yang berlaga di kasta tertinggi Liga Venezuela. Pada musim panas 2022, ia memutuskan untuk meniti karier lagi di Eropa setelah menandatangani kontrak bersama klub divisi tiga Spanyol, Real Unión.

Bersama Real Unión, bek kanan berusia 22 tahun ini tampil reguler sepanjang 2022/2023 dengan catatan 38 pertandingan di berbagai kompetisi. Hal tersebut membuat Real Sociedad kembali membawanya ke Estadio Anoeta. Namun, ia terlebih dahulu dimasukkan ke dalam tim Real Sociedad B untuk untuk memantapkan permainannya.

Jon Aramburu baru mendapatkan kesempatan bermain di tim utama Real Sociedad pada 2023/2024. Dalam 1 musim, ia bermain sebanyak 11 kali di LaLiga 2023/2024 bersama klub berjuluk Erreala La Real itu. Torehan tersebut membuatnya kembali diberi kepercayaan untuk masuk ke skuad utama Real Sociedad yang berlaga di kompetisi domestik dan Eropa pada 2024/2025.

3. Yangel Herrera menjalani musim ketiganya bersama Girona FC

3 Pesepak Bola Venezuela yang Meramaikan LaLiga 2024/2025Yangel Herrera (instagram.com/yangelh_8)

Yangel Herrera menjalani musim ketiganya di Girona FC sejak direkrut dari Manchester City pada Agustus 2022. Perannya di lini tengah klub berjuluk Blanquivermells tersebut benar-benar membuat permainan hidup. Pada empat pertandingan pembuka LaLiga 2024/2025, gelandang berusia 26 tahun ini tidak pernah absen saat bermain untuk Girona FC.

Yangel Herrera sendiri cukup sering bergonta-ganti klub di Liga Spanyol. Ia kesulitan menembus tim utama Manchester City yang akhirnya membuatnya dipinjamkan ke klub-klub Spanyol tersebut. Selain Girona FC, pengoleksi 37 caps untuk Timnas Venezuela ini juga pernah memperkuat SD Huesca, Granada CF, serta Espanyol.

Padahal, Yangel Herrera sempat digadang-gadang bakal menjadi gelandang andalan Manchester City di masa depan. Saat dibeli Manchester City pada 2017, ia dikenal sebagai gelandang potensial ketika masih bermain di Atlético Venezuela. Pemain yang punya darah Spanyol itu bahkan telah mencatatkan debutnya di Timnas senior Venezuela saat masih berusia 18 tahun.

Dari nama-nama di atas, dua di antaranya merupakan pemain yang masih cukup muda. Ini tentu menjadi kabar baik bagi sepak bola Venezuela. Jika mampu tampil konsisten bersama klubnya saat ini, bukan tak mungkin mereka akan menjadi incaran klub-klub top Eropa.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Ciamik pada Pekan 4 LaLiga 2024/2025

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya