3 Pemain Termahal Qatar Stars League yang Pernah Merumput di Ligue 1

Tak cuma Marco Verratti

Sepak bola Asia saat ini menjadi destinasi baru sejumlah pemain top Eropa. Chinese Super League dan Saudi Pro League adalah dua kompetisi elite yang dihuni banyak bintang dunia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Chinese Super League mengalami kemunduran setelah banyak klub yang enggan mendatangkan pemain berlabel bintang.

Qatar Stars League muncul sebagai gantinya setelah berhasil mendatangkan banyak pemain dari liga top Eropa. Kasta tertinggi Liga Qatar tersebut saat ini dihuni sejumlah pemain bintang yang punya nilai pasar cukup tinggi. Kebanyakan dari mereka pernah mentas di liga top Eropa, salah satunya Ligue 1 Prancis.

1. Marco Verratti (Rp307 miliar) bergabung dengan Al-Arabi sejak 2023

3 Pemain Termahal Qatar Stars League yang Pernah Merumput di Ligue 1Marco Verratti (jersei merah) saat bermain untuk Al-Arabi SC. (instagram.com/marco_verratti92)

Marco Verratti merupakan pemain yang cukup lama membela Paris Saint-Germain. Ia bermain selama 11 musim di PSG setelah didatangkan dari Pescara pada musim panas 2012. Marco Verratti berhasil mencatatkan 416 pertandingan, 11 gol, dan 4 assist di berbagai kompetisi selama membela Les Parisiennes. Tak sampai disitu, ia juga cukup sukses setelah berhasil menjuarai Ligue 1 Prancis sebanyak sembilan kali.

Gelandang berusia 31 tahun ini memutuskan untuk pindah ke Qatar setelah adanya tawaran dari Al-Arabi SC. Ia berhasil dibeli Al-Arabi dari PSG dengan harga 45 juta euro (sekitar Rp769 miliar). Harga tersebut langsung menjadikan Marco Verratti pembelian termahal sepanjang sejarah Al-Arabi.

Saat ini, nilai pasar mantan pemain Timnas Italia itu berada di angka 18 juta euro (sekitar Rp307 miliar). Harga tersebut sebanding dengan penampilannya yang impresif bersama Al-Arabi. Perannya di lini tengah cukup impresif meski tidak mampu membawa Al-Arabi juara Qatar Stars League 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024

2. Benjamin Bourigeaud (Rp307 miliar) direkrut Al-Duhail dari Stade Rennais

3 Pemain Termahal Qatar Stars League yang Pernah Merumput di Ligue 1Benjamin Bourigeaud (kiri) saat diperkenalkan sebagai pemain baru Al-Duhail SC. (instagram.com/duhailsc)

Benjamin Bourigeaud baru saja direkrut Al-Duhail SC menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2024. Ia didatangkan dari Stade Rennais dan dikontrak hingga 3 tahun ke depan. Gelandang berusia 30 tahun ini sebelumnya punya peran penting di lini tengah Stade Rennais dengan catatan 311 pertandingan, 66 gol, dan 66 assist di berbagai kompetisi.

Benjamin Bourigeaud punya pengalaman yang cukup banyak di kasta tertinggi Liga Prancis. Ia juga pernah membela klub Ligue 1 lainnya seperti RC Lens. Tak heran bila nilai pasar mantan penggawa Prancis U-21 ini menembus angka 18 juta euro (setara Rp307 miliar).

Benjamin Bourigeaud tampaknya akan menjadi tumpuan di sektor gelandang Al-Duhail SC. Ia berpeluang diduetkan dengan mantan playmaker Lazio, Luis Alberto, yang juga baru didatangkan pada musim panas 2024. Kedua pemain tersebut pastinya bakal membuat Al-Duhail SC lebih kuat dalam menghadapi Qatar Stars League 2024/2025.

3. Mohamed Camara (Rp342 miliar) menjadi pemain termahal QSL 2024/2025

3 Pemain Termahal Qatar Stars League yang Pernah Merumput di Ligue 1Mohamed Camara (instagram.com/alsaddsc)

Kepindahan Mohamed Camara ke Al-Sadd SC cukup mengejutkan publik. Pasalnya, gelandang asal Mali berusia 24 tahun ini masih dalam performa terbaiknya saat bermain untuk AS Monaco di Ligue 1. Ia dianggap punya potensi bagus sebagai gelandang top Eropa karena sukses tampil reguler bersama klub berjuluk Les Rouge et Blanc.

Mohamed Camara didatangkan AS Monaco dari klub raksasa Austria, RB Salzburg, pada Agustus 2022. Camara merupakan gelandang bertipe orkestrator yang punya akurasi umpan lambung cukup bagus. Ia telah tampil sebanyak 57 laga dan berhasil mencetak 1 gol serta 5 assist selama 2 musim bermain untuk AS Monaco di berbagai kompetisi.

Bergabungnya Mohamed Camara ke Al-Sadd SC membuatnya menjadi yang termahal di Qatar Stars League 2024/2025. Pengoleksi 26 caps bersama Timnas Mali tersebut memiliki nilai pasar 20 juta euro (sekitar Rp342 miliar). Jika mampu tampil apik, bukan tak mungkin harganya akan kembali meningkat.

Ketiga pemain di atas tampaknya akan membuat Qatar Stars League 2024/2025 cukup menarik. Apakah dengan harga mahal dan jam terbang tinggi di Eropa bisa menjamin kesuksesan mereka di sepak bola Asia? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 6 Pemain Ligue 1 dengan Harga Pasar Termahal setelah Kepergian Mbappe

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya