4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024

Siap mencari tantangan baru

Geliat sepak bola Arab Saudi tak hanya dirasakan para pemain yang berkarier di Eropa. Para pemain yang bermain di Amerika Latin, terutama Brasil, juga ikut merasakan dampaknya.

Banyak pemain Serie A Brasil yang direkrut klub-klub Saudi Pro League 2024/2025. Bahkan, kebanyakan dari pemain tersebut memilih hijrah ke Arab Saudi di saat usianya masih cukup muda. Siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Alexsander merapat ke Al-Ahli dari Fluminense

4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024Alexsander (instagram.com/alexsander_cristhian03)

Alexsander merupakan gelandang muda Brasil yang masih berusia 20 tahun. Berbeda dari kebanyakan pemain Brasil lainnya yang bergabung dengan klub Eropa pada usia mudanya, Alexsander justru hijrah ke klub Arab Saudi, Al-Ahli. Kepindahannya tersebut sempat memunculkan pertanyaan dari banyak pihak.

Padahal, Alexsander memiliki potensi yang bagus untuk berkarier di Eropa. Ia berhasil tampil apik saat membela Fluminense di berbagai kompetisi, termasuk di Serie A Brasil. Al-Ahli sendiri harus mengeluarkan uang sebesar 9 juta euro atau setara Rp154g untuk mendatangkan Alexsander. Ia bakal diikat kontrak hingga 3 tahun ke depan atau sampai Juni 2027.

2. Wesley tampil reguler di Corinthians sebelum hijrah ke Al-Nassr

4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024Wesley (kiri) saat diperkenalkan sebagai pemain baru Al-Nassr. (instagram.com/alnassr)

Sama seperti Alexsander, Wesley juga membuat keputusan yang mencuri perhatian setelah memilih melanjutkan kariernya bersama Al-Nassr. Al-Nassr berhasil mendatangkan Wesley dengan nilai transfer 18 juta euro atau setara Rp308 miliar. Ia disiapkan sebagai winger andalan Al-Nassr untuk mengarungi Saudi Pro League 2024/2025.

Di usianya yang masih 19 tahun, Wesley tentu berpeluang besar untuk bermain di Eropa. Apalagi, ia sebelumnya mampu tampil reguler bersama Corinthians. Pemain yang juga jebolan akademi Corinthians tersebut berhasil promosi ke tim utama pada 2022/2023. Wesley total telah tampil sebanyak 84 kali di segala kompetisi dan berhasil mencetak 7 gol serta 6 assist bagi Corinthians.

Baca Juga: Invasi Bintang ke Saudi Pro League dan Kekhawatiran Mancini

3. Bento memilih Al-Nassr daripada Inter Milan

4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024Bento (instagram.com/bento_matheus)

Bento didatangkan Al-Nassr setelah kepergian David Ospina yang pulang ke Kolombia untuk memperkuat Atlético Nacional. Kiper berusia 25 tahun tersebut dibeli Al-Nassr dengan harga 18 juta euro atau setara Rp308 miliar dari Club Athletico Paranaense. Sebelumnya, ia dikabarkan dekat dengan Al-Ittihad Club serta klub raksasa Serie A, Inter Milan.

Bento merupakan penjaga gawang utama Club Athletico Paranaense. Sebanyak 164 pertandingan dan 59 clean sheet berhasil ia catatkan bersama klub berjuluk Furacão tersebut. Di Al-Nassr, ia tampaknya juga akan menjadi penjaga gawang utama sepanjang Saudi Pro League 2024/2025.

4. Lucas Kal telah malang melintang di Serie A Brasil

4 Pemain Serie A Brasil yang Hijrah ke Saudi Pro League pada 2024Lucas Kal (instagram.com/llucaskal)

Lucas Kal telah memperkuat sejumlah klub di Serie A Brasil sepanjang kariernya. Gelandang berusia 28 tahun tersebut pernah bermain untuk São Paulo, Vasco da Gama, hingga América Futebol Clube. Sebelum direkrut Al-Riyadh, ia juga sempat bermain setengah musim bersama Atlético Clube Goianiense.

Pengalamannya tampil di kasta tertinggi Liga Brasil itu yang membuat Al-Riyadh tertarik untuk membawanya ke Prince Turki bin Abdul Aziz Stadium. Ia bakal mengenakan jersei Al-Riyadh selama 1 musim atau sampai Saudi Pro League 2024/2025 berakhir. Nilai transfer pemain kelahiran São Paulo itu sendiri tidak disebutkan oleh Al-Riyadh.

Gaji besar tentu menjadi salah satu alasan keempat pemain di atas mau bergabung dengan klub Arab Saudi. Selain itu, banyaknya pemain bintang yang merapat ke Saudi Pro League membuat liga tersebut menjadi lebih menarik. Tampaknya, Arab Saudi bakal menjadi destinasi baru para pemain Serie A Brasil selain sepak bola Eropa.

Baca Juga: 7 Eks EPL yang Hijrah ke Saudi Pro League pada Musim Panas 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya