5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024

Ada yang berstatus tanpa klub

Intinya Sih...

  • Christian Cueva berstatus tanpa klub setelah 6 bulan menganggur, tetapi masih dipanggil pelatih Peru.
  • André Carrillo, pemain senior berusia 33 tahun ini bergabung bersama Al-Qadsiah di liga kedua Arab Saudi.
  • Pedro Gallese, penjaga gawang utama Peru dengan 107 caps, tampil reguler bersama Orlando City SC di Major League Soccer 2024.

Kombinasi pemain muda dan senior di Timnas Peru masih berlanjut di Copa America 2024. Pelatih Peru, Jorge Fossati, masih memanggil beberapa veteran yang namanya mungkin sudah hampir tenggelam. Mereka diduetkan dengan pemain-pemain muda potensial yang dimiliki La Blanquirroja, julukan Timnas Peru.

Nah, kira-kira siapa saja pemain senior Peru yang masuk skuad Copa America 2024. Lantas, kenapa mereka masih layak di bawa ke skuad Peru? Penasaran? Yuk, langsung simak daftarnya di bawah ini!

1. Christian Cueva masih dipanggil Timnas Peru meski berstatus tanpa klub

5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024Christian Cueva (instagram.com/cueva10oficial)

Christian Cueva resmi berstatus tanpa klub setelah terakhir kali bermain untuk Al-Fateh SC di Saudi Pro League pada Desember 2023. Hingga saat ini, total ia sudah menganggur selama sekitar 6 bulan. Anehnya, pelatih Peru, Jorge Fossati tetap memanggil pemain senior ini.

Usia mantan gelandang serang Santos ini sebenarnya baru 32 tahun. Harusnya, ini menjadi periode emas bagi para pesepak bola. Namun, karena kualitasnya yang menurun seiring berjalannya waktu, Christian Cueva sulit untuk mencari klub.

2. André Carrillo telah memainkan seratus pertandingan bersama Peru di seluruh ajang

5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024André Carrillo (instagram.com/18andrecarrillo)

André Carrillo total telah memainkan 100 pertandingan dan berhasil mencetak 10 gol bersama Timnas senior Peru di berbagai ajang internasional. Bersama Christian Cueva, ia bahu-membahu, bahkan sempat bersaing untuk memperebutkan tempat utama di posisi gelandang dalam skuad La Blanquirroja.

Copa America 2024 ini bakal menjadi yang kelima bagi pemain berusia 33 tahun tersebut. Saat ini, ia bergabung bersama Al-Qadsiah dan merumput di Saudi First Division League atau kasta kedua liga sepak bola Arab Saudi. Carrillo berhasil mengantarkan klub tersebut promosi setelah berhasil finis di urutan pertama.

Baca Juga: 3 Tim yang Sudah Lolos ke Perempat Final Copa America 2024

3. Pedro Gallese masih menjadi andalan di sektor penjaga gawang

5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024Pedro Gallese (instagram.com/pedrogallese1)

Pedro Gallese merupakan kiper utama Peru saat ini. Sejak debutnya pada Agustus 2014, kiper 33 tahun tersebut sukses menghantarkan Peru lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia. Kini, penampilannya bersama La Blanquirroja sudah mencapai 107 caps dan kemungkinan masih berlanjut.

Selain menjadi kiper utama Peru, Pedro Gallese juga selalu tampil reguler di level klub. Sepanjang Major League Soccer (MLS) 2024, ia sudah bermain sebanyak 15 kali untuk Orlando City SC dan mencatat 3 clean sheet. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi pelatih Jorge Fossati untuk tidak memanggilnya ke Timnas Peru.

4. Luis Advíncula tetap bertugas menjaga sisi kanan pertahanan Peru

5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024Luis Advíncula (instagram.com/luisadvincula17_)

Luis Advíncula tentunya masih menjadi andalan Peru di sektor bek kanan. Jam terbangnya di ajang internasional masih sangat dibutuhkan. Pemain senior berusia 34 tahun tersebut sekarang merumput beraama klub asal Argentina yang juga diperkuat Edinson Cavani, yaitu Boca Juniors.

Luis Advíncula sendiri sudah pernah merasakan atmosfer liga top Eropa. Pada 2018/2019, ia mengenakan jersey Rayo Vallecano dan selalu tampil reguler di LaLiga Spanyol. Sementara itu, di level timnas, sebanyak 120 caps telah ia dapatkan bersama Peru.

5. Paolo Guerrero menjadikan Copa America 2024 sebagai panggung terakhirnya

5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024Paolo Guerrero (instagram.com/guerrero9instagram.com/adidaspe)

Paolo Guerrero menjadi pemain paling tua dan paling senior di kubu Peru. Pada usianya yang sudah menginjak 40 tahun, kemungkinan ini akan menjadi Copa America terkahir baginya. Sepanjang kariernya bersama Timnas Peru, ia sudah mengantongi 121 caps dan 40 gol.

Kapten Timnas Peru ini tercatat sebagai pemain yang paling kontroversial. Ia pernah dihukum oleh Pengadilan Arbitrasi Olahraga atau CAS karena terbukti menggunakan doping pada 2018 sebelum Piala Dunia berlangsung. Pada akhirnya, hukuman itu ditangguhkan dan mantan penyerang Corinthians tersebut bisa memainkan pertandingan Piala Dunia.

Lima pemain senior Peru di atas akan memberikan penampilan terbaik mereka di Copa America 2024. Mereka tentu harus bisa menyatu dengan para pemain muda. Kira-kira, apa kejutan yang bisa mereka perbuat untuk Peru pada gelaran kali ini?

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya