3 Pemain Primeira Liga yang Hijrah ke Premier League 2024/2025

Mereka debut di Premier League

English Premier League 2024/2025 bakal diramaikan dengan beberapa nama baru. Beberapa pemain debutan tersebut di antaranya berasal dari Primeira Liga Portugal. Umumnya, para pemain tersebut masih berusia muda dan akan jadi proyek jangka panjang klub-klub Premier League. Lantas, siapa saja pemain Primeira Liga yang hijrah ke Premier League 2024/2025 itu?

1. Jota Silva siap menjadi winger andalan Nottingham Forest

3 Pemain Primeira Liga yang Hijrah ke Premier League 2024/2025Jota Silva (instagram.com/jotasilvaa11)

Jota Silva bakal menjadi andalan di sektor sayap kiri Nottingham Forest di Premier League 2024/2025. Pemain berusia 25 tahun asal Portugal ini didatangkan dari klub Vitória Guimarães SC. Nilai transfernya mencapai angka 7 juta euro atau setara dengan Rp123 miliar.

Jota Silva memiliki catatan yang cukup apik di Primeira Liga Portugal 2023/2024. Saat berseragam Vitória Guimarães SC, ia tampil sebanyak 33 kali dengan mengemas 11 gol serta 6 assist. Ia juga berhasil mengantarkan Vitória Guimarães SC lolos ke babak semifinal Taça de Portugal 2023/2024.

Setelah memutuskan untuk bergabung dengan Nottingham Forest, ia tentu harus bersaing dengan pemain Inggris keturunan Ghana, Callum Hudson-Odoi, di posisi yang sama. Namun, kesempatan untuk tampil reguler bersama Nottingham Forest terbuka lebar. Apalagi mengingat Manajer Nuno Espírito Santo juga berasal dari Portugal. Ia paham betul gaya permainan para winger asal Portugal macam Jota Silva.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Dida, Kiper Madura United Alumnus Liga Portugal

2. Rodrigo Gomes pindah dari FC Braga ke Wolverhampton Wanderers

3 Pemain Primeira Liga yang Hijrah ke Premier League 2024/2025Rodrigo Gomes (instagram.com/rodrigogomes.7)

Rodrigo Gomes mengawali kariernya bersama akademi lokal Vilaverdense sebelum bergabung dengan SC Braga. Bersama SC Braga, ia sempat dipinjamkan kepada klub Primeira Liga Portugal lain, Estoril Praia, pada 2023/2024 dan mampu tampil impresif. Hal tersebut yang membuat klub English Premier League, Wolverhampton Wanderers, tertarik untuk memboyongnya.

Saat dipinjamkan kepada Estoril Praia, gelandang Portugal U-21 itu sendiri telah mencatatkan 30 pertandingan dan berhasil mengemas 7 gol serta 7 assist. Statistiknya tersebut berbeda jauh dari saat membela SC Braga. Ia selalu kesulitan mendapatkan menit bermain di liga domestik maupun kompetisi antarklub Eropa.

Pada bursa transfer musim panas 2024, Wolves resmi merekrutnya dari SC Braga dengan nominal transfer yang cukup besar. Nominalnya sekitar 15 juta euro atau setara Rp264 miliar. Ia diharapkan mampu bermain konsisten di bawah asuhan Gary O'Neil.

3. Issahaku Fatawu ditebus Leicester City dari Sporting CP

3 Pemain Primeira Liga yang Hijrah ke Premier League 2024/2025Issahaku Fatawu (instagram.com/issahakufatawu10)

Issahaku Fatawu menjadi salah satu pemain kunci yang berhasil membawa Leicester City kembali ke English Premier League. Saat membela The Foxes di Championship 2023/2024, ia bermain sebagai pemain pinjaman dari Sporting CP. Pada musim panas 2024, manajer Leicester City, Steve Cooper, memutuskan untuk memermanenkan winger kanan asal Ghana ini.

Pemain muda berusia 20 tahun itu ditebus dengan harga 17 juta euro atau sekitar Rp300 miliar. Sporting CP sendiri lebih memilih untuk menjual Issahaku Fatawu karena minimnya kesempatan bermain, ditambah stok winger yang melimpah. Selama membela Sporting CP mulai pada 2022/2023, ia hanya tampil sebanyak 12 kali dan lebih banyak bermain untuk tim kelompok umur.

Penampilan apiknya bersama Leicester City bisa dibilang jadi pembuktian pemain yang sudah mencatatkan 19 caps bagi Timnas Ghana ini. Namun, saat ini, ia memiliki pesaing baru di posisi yang sama di Leicester City. Bobby De Cordova-Reid juga berposisi winger kanan ini. Ia baru saja direkrut dari Fulham untuk memperdalam skuad The Foxes di Premier League 2024/2025.

Dari ketiga pemain di atas, dua di antaranya bakal menjalani debut bersama klub Inggris. Tentunya, atmosfer pertandingan yang berbeda dari Primeira Liga Portugal akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemain tersebut. Apalagi, mereka bermain di Premier League yang dianggap liga terbaik di dunia.

Baca Juga: 3 Kiper Denmark yang Tampil Mengesankan di Premier League

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya