3 Pemain Nigeria di Skuad Nottingham Forest 2024/2025

Termasuk striker utama mereka

Banyak sekali pemain asal Afrika yang meniti karier di English Premier League. Itu termasuk para pemain Nigeria yang dikenal punya kinerja cukup apik saat berlaga di liga top Eropa. Akhir-akhir ini, tim yang paling suka merekrut pemain asal Nigeria adalah Nottingham Forest.

Dalam 2 musim terakhir, ada tiga pemain Nigeria yang didatangkan klub berjuluk The Tricky Trees tersebut. Akan tetapi, perjalanannya bersama Nottingham Forest tak semuanya mulus. Ada yang langsung menjadi andalan, ada juga yang sulit mendapat menit bermain.

1. Ola Aina berasal dari akademi Chelsea sebelum bermain di Nottingham Forest

3 Pemain Nigeria di Skuad Nottingham Forest 2024/2025Ola Aina (instagram.com/olaaina)

Ola Ainaa mengawali kariernya di dunia sepak bola dengan bergabung bersama akademi Chelsea. Bersama The Blues, ia telah memainkan banyak pertandingan dengan tim kelompok umur sebelum dipanggil ke tim senior pada Juli 2016. Pada usianya yang saat itu masih 19 tahun, ia sempat digadang-gadang bakal menjadi bek masa depan Chelsea.

Namun, semusim setelah promosi ke tim utama, ia justru dipinjamkan kepada Hull City karena minimnya menit bermain. Setelah dianggap gagal bersama Chelsea, ia dijual kepada Torino pada musim panas 2019. Pengoleksi 40 caps bersama Timnas Negeria tersebut baru pindah ke Nottingham Forest pada Juli 2023 setelah kontraknya di Torino habis.

Ola Aina berhasil tampil reguler saat membela Nottingham Forest di Premier League 2023/2024. Ia mencatatkan 22 penampilan, 1 gol, dan 1 assist dalam 1 musim. Pada 2024/2025, ia tampaknya masih menjadi andalan Manajer Nuno Espírito Santo di sektor bek kanan The Tricky Trees.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Nottingham Forest

2. Taiwo Awoniyi menjadi striker andalan Nottingham Forest

3 Pemain Nigeria di Skuad Nottingham Forest 2024/2025Taiwo Awoniyi (instagram.com/awoniyi18)

Premier League 2024/2025 menjadi musim ketiga Taiwo Awoniyi bersama Nottingham Forest. Selama bermain untuk Nottingham Forest, ia telah mencetak 17 gol dari 54 pertandingan di segala kompetisi. Striker berpostur 183 sentimeter ini sebenarnya bisa tampil lebih bagus andai saja tidak sering berkutat dengan cedera.

Striker dengan 8 caps bersama Timnas Nigeria ini didatangkan Nottingham Forest dari klub Bundesliga Jerman, Union Berlin. The Tricky Trees kepincut dengan penampilan Taiwo Awoniyi yang saat itu cukup ganas di lini depan Union Berlin. Untuk membawanya dari Berlin ke The City Ground, Nottingham Forest harus mengeluarkan biaya transfer sebesar 20,50 juta euro atau setara Rp353 miliar.

Sebelum membela Union Berlin dan Nottingham Forest, Taiwo Awoniyi berstatus sebagai pemain Liverpool. Namun, ia tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain sedikit pun bersama The Reds. Pemain berusia 27 tahun tersebut justru lebih banyak dipinjamkan kepada beberapa klub di Belanda, Belgia, dan Jerman.

3. Emmanuel Dennis kesulitan tampil reguler bersama Nottingham Forest

3 Pemain Nigeria di Skuad Nottingham Forest 2024/2025Emmanuel Dennis (nottinghamforest.co.uk)

Emmanuel Dennis sejatinya telah menjadi bagian dari Nottingham Forest sejak Agustus 2022. Watford saat itu menjualnya kepada Nottingham Forest dengan banderol 4 juta euro atau sekitar Rp68 miliar. Striker berusia 26 tahun tersebut disodori kontrak 4 tahun atau sampai musim panas 2026.

Emmanuel Dennis memang khusus direkrut sebagai pelapis Taiwo Awoniyi yang sering mengalami cedera. Saat striker utama tersebut mampu tampil, kemungkinan besar Emmanuel Dennis hanya duduk di bangku cadangan saja. Selama 19 pertandingan bersama Nottingham Forest di Premier League 2022/2023, ia hanya mendapat sedikit menit bermain dan lebih banyak turun dari bangku cadangan.

Untuk menjaga performanya, pada musim panas 2023, ia dipinjamkan The Tricky Trees kepada Istanbul Basaksehir. Hanya bertahan setengah musim, ia lalu kembali ke Inggris dan dipinjamkan kepada Watford. Setelah melewati masa peminjamannya tersebut, Manajer Nuno Espírito Santo tampaknya bakal memasukkan Emmanuel Dennis ke skuad Nottingham Forest untuk Premier League 2024/2025.

Sebelum nama-nama di atas datang, ada Dele Adebola yang telah lebih dahulu bergabung pada 2009. Adebola menjadi pemain Nigeria pertama yang bermain untuk Nottingham Forest. Catatannya yang tidak memuaskan saat membela Nottingham Forest membuatnya hanya bermain selama 2 musim. Setelah itu, selama 2011—2022, Nottingham Forest tidak pernah merekrut lagi pemain asal Nigeria.

Baca Juga: 3 Pemain Nottingham Forest yang Dijual Mahal pada Musim Panas 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya