3 Pemain MLS yang Tampil untuk Panama di Copa America 2024

Siap gebrak Copa America

Panama merupakan salah satu perwakilan CONCACAF di Copa America 2024. Berstatus sebagai tim tamu, Panama diharapkan bisa memberi kejutan bagi lawan segrupnya. Panama sendiri tergabung di Grup C bersama Uruguay, Amerika Serikat, dan Bolivia.

Panama tentu akan mengeluarkan skuad terbaik mereka pada turnamen yang diselenggarakan oleh CONMEBOL ini. Beberapa pemain Panama di Copa America 2024 merupakan penggawa klub Major League Soccer (MLS), divisi teratas liga sepak bola Amerika Serikat. Nah, kira-kira siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Aníbal Godoy yang bermain untuk Nashville SC bakal jadi kapten Panama

3 Pemain MLS yang Tampil untuk Panama di Copa America 2024Aníbal Godoy (instagram.com/a_godoy20)

Aníbal Godoy merupakan kapten utama Panama. Pemain senior berusia 34 tahun ini didatangkan oleh Nashville SC dari San Jose Earthquakes pada Januari 2020. Selama bermain untuk Nashville, ia sudah tampil sebanyak 120 kali di berbagai kompetisi. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini juga sukses mencetak 4 gol serta 4 assist.

Sepanjang MLS 2024 ini, Aníbal Godoy telah tampil sebanyak 14 kali, dengan 11 di antaranya diturunkan sebagai starter. Ia juga berhasil mencetak satu gol ke gawang Columbus Crew pada pekan ke-6. Posisinya di lini tengah Nashville SC memang sangat penting dan mampu membawa klub tersebut menempati posisi tujuh klasemen Eastern Conference MLS untuk sementara.

Sama seperti halnya di klub, Aníbal Godoy juga merupakan salah satu pemain paling berpengalaman di kubu Timnas Panama. Sebanyak 138 caps telah ia dapatkan sejak debut untuk Panama pada 2010. Ia juga punya peran penting di balik lolosnya Panama ke putaran final Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda di Copa America 2024, Mau Unjuk Kualitas!

2. Carlos Harvey jarang mendapat tempat di Minnesota United FC

3 Pemain MLS yang Tampil untuk Panama di Copa America 2024Carlos Harvey (instagram.com/carlosharvey03)

Carlos Harvey sudah malang melintang di banyak klub sepak bola Amerika Serikat. Memulai kariernya di Amerika Serikat bersama LA Galaxy II, ia kemudian berhasil promosi ke tim utama beberapa tahun setelahnya meski sempat diturunkan kembali karena performanya yang kurang stabil. Kini, gelandang 24 tahun tersebut telah menjadi bagian dari Minnesota United FC setelah bermain untuk Phoenix Rising.

Bersama Minnesota United FC, ia belum bisa mendapatkan tempat reguler. Bahkan, sepanjang MLS 2024 ini, ia baru bermain sebanyak lima kali. Ia bahkan tidak pernah bermain penuh selama 90 menit meski sudah 3 kali menjadi starter.

Sementara itu, hal yang sama didapatkannya bersama Timnas Panama. Sejak debut pada Januari 2019, ia hanya tampil sebanyak empat kali. Kemungkinan besar, di Copa America 2024 ini, Carlos Harvey hanya akan dipasang sebagai pemain pengganti. Ia masih kalah bersaing dengan Adalberto Carrasquilla.

3. Adalberto Carrasquilla punya peran penting di lini tengah Houston Dynamo FC

3 Pemain MLS yang Tampil untuk Panama di Copa America 2024Adalberto Carrasquilla (instagram.com/adalbertocarrasquilla18)

Adalberto Carrasquilla tentu punya misi berharga bersama Panama di Copa America 2024. Kegagalan membawa Panama menempati urutan ketiga CONCACAF Nations League Finals pada Maret 2024 tentu memunculkan hasrat tersendiri di benak gelandang 25 tahun tersebut. Sejauh ini, Carrasquilla telah mencatatkan 57 caps bersama Panama di berbagai ajang.

Adalberto Carrasquilla sendiri kini masih bermain bersama Houston Dynamo FC di MLS. Ia sebelumnya merupakan pemain pinjaman dari FC Cartagena, klub LaLiga 2 Spanyol. Penampilannya yang impresif bersama Houston Dynamo FC membuat pemain kelahiran Panama City tersebut dipermanenkan dan dibeli dengan harga 1,8 juta euro atau setara Rp31 miliar.

Bersama Houston Dynamo FC, ia selalu tampil dan menjadi andalan. Posisinya di lini tengah bisa dibilang hampir tak bisa digantikan. Di MLS 2024 ini, ia sudah tampil sebanyak 16 kali serta berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist. Ia hanya tiga kali absen. Itu pun karena harus membela Panama di ajang internasional.

Mampukah tiga pemain di atas membawa Panama melangkah lebih jauh di Copa America 2024? Ataukah mereka harus pulang lebih dahulu ke klubnya masing-masing sebelum Copa America berakhir? Menarik menantikan kiprah mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Peru di Copa America 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya