4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan Fenerbahce

Sofyan Amrabat terbaru

Maroko menjadi negara yang cukup diperhitungkan di sepak bola Afrika dan Dunia. Banyak pemain mereka yang memilih untuk berkarier di luar negeri demi bisa meningkatkan kualitas permainan. Salah satu tujuan pesepak bola asal Maroko adalah Turki.

Beberapa klub Super Lig Turki terbilang gemar mendatangkan pemain asal Maroko, termasuk Fenerbahce yang merupakan klub raksasa di sepak bola Turki. Bahkan, José Mourinho sebagai pelatih baru Fenerbahce telah mendatangkan dua pemain Maroko pada musim panas 2024. Sebelum itu, juga ada dua nama lain asal Maroko yang pernah direkrut Fenerbahce.

1. Aatif Chahechouhe bermain selama 2 setengah musim di Fenerbahce

4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan FenerbahceAatif Chahechouhe (facebook.com/Fenerbahce)

Aatif Chahechouhe merupakan mantan pemain Timnas Maroko yang kini berusia 38 tahun. Saat ini, gelandang setinggi 176 sentimeter tersebut sedang berstatus tanpa klub dan belum memutuskan untuk pensiun. Ia terkahir kali bermain untuk Ankaragücü di kasta kedua Liga Turki.

Aatif Chahechouhe memang cukup malang melintang di sepak bola Turki. Ia juga pernah memperkuat Fenerbahce setelah didatangkan dengan status bebas transfer dari Sivasspor pada Juli 2016. Selama 2 setengah musim berseragam Fenerbahce, Chahechouhe mencatatkan 70 pertandingan dengan 14 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi.

2. Nabil Dirar didatangkan Fenerbahce dari AS Monaco

4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan FenerbahceNabil Dirar (instagram.com/dirar_nabil)

Nabil Dirar direkrut Fenerbahce dari AS Monaco setelah 5 musim bermain di Ligue 1 Prancis. Winger pengoleksi 46 caps bersama Timnas Maroko tersebut dibeli Fenerbahce dengan harga 3,5 juta euro atau sekitar Rp59 miliar pada musim panas 2017. Ia memilih Fenerbahce mengingat saat itu ada rekan duetnya di Timnas, Aatif Chahechouhe.

Nabil Dirar bermain selama 3 musim bersama Fenerbahce. Pemain yang kini membela Gostivar di Liga Makedonia Utara tersebut telah tampil dalam 89 pertandingan saat membela Fenerbahce di berbagai kompetisi. Ia juga sukses mengemas 8 gol dan 12 assist sebelum hijrah ke Belgia dan bergabung dengan Club Brugge.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Youssef En-Nesyri, Pemain Baru Fenerbahce

3. Youssef En-Nesyri direkrut Fenerbahce setelah sukses di Sevilla

4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan FenerbahceYoussef En-Nesyri (instagram.com/fenerbahce)

Youssef En-Nesyri bisa dikatakan sebagai salah satu penyerang tertajam yang pernah dimiliki Maroko. Sejak membela Sevilla pada 2020, ia berhasil menorehkan 73 gol dari 196 pertandingan di berbagai kompetisi. Sementara itu, ia juga sudah mencetak 20 gol di level timnas dan membuatnya masuk dalam 3 besar pencetak gol terbanyak Timnas Maroko.

Pada musim panas 2024, ia secara mengejutkan pindah ke Super Lig Turki. Fenerbahce membelinya dari Sevilla dengan nilai transfer 19,5 juta euro atau setara Rp338 miliar. Striker jangkung setinggi 188 sentimeter tersebut bakal dikontrak hingga 5 tahun ke depan atau sampai Juni 2029.

4. Sofyan Amrabat bergabung dari Fiorentina jelang bursa transfer musim panas berakhir

4 Pemain Maroko Terakhir yang Didatangkan FenerbahceSofyan Amrabat (instagram.com/sofyanamrabat)

Sofyan Amrabat baru saja diresmikan Fenerbahce dengan status pinjaman dari Fiorentina. Gelandang Timnas Maroko berusia 28 tahun tersebut dipinjam Fenerbahce hingga 1 tahun ke depan dengan opsi pembelian. Hal tersebut tentu saja mematahkan kabar tentang kembalinya Amrabat ke Manchester United menjelang bursa transfer musim panas 2024 ditutup.

Sempat dipinjam The Red Devils selama 1 musim, ia dianggap tampil kurang memuaskan. Ia hanya bermain dalam 21 pertandingan English Premier League dan lebih banyak tampil dari bangku cadangan. Catatan itu yang membuat manajer Manchester United, Erik ten Hag, cukup bimbang untuk mempertahankannya atau tidak.

Dua pemain baru Fenerbahce asal Maroko di atas diharapkan bisa tampil apik seperti Aatif Chahechouhe dan Nabil Dirar. Apalagi saat ini, skuad asuhan José Mourinho tersebut tengah mengincar gelar Super Lig Turki 2024/2025 setelah cukup lama berpuasa. Terakhir kali mereka keluar sebagai juara Super Lig Turki adalah musim 2013/2014.

Baca Juga: Liga Turki Panas Lagi, Bos Fenerbahce Kena Serang Penonton

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya