6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi Indonesia

Bakal menjadi andalan Socceroos

Intinya Sih...

  • Pelatih Socceroos, Graham Arnold, memanggil sejumlah pemain liga top Eropa untuk kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • Mathew Ryan, Joe Gauci, Cameron Burgess, Alessandro Circati, Jackson Irvine, dan Connor Metcalfe menjadi andalan Australia.
  • Mereka telah bermain di klub-klub top Eropa dan memiliki pengalaman internasional yang cukup untuk membantu Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold, tampaknya tak main-main dalam menghadapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sejumlah pemain yang merumput di liga top Eropa telah dipanggil untuk dua laga pembuka. Salah satunya melawan Timnas Indonesia.

Socceroos, julukan Timnas Australia, memang punya target ambisius untuk bisa lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Pasalnya, mereka tak pernah absen dalam lima edisi Piala Dunia terkahir. Siapa saja pemain liga top Eropa di skuad Australia yang akan dihadapi Indonesia?

1. Mathew Ryan baru saja didatangkan AS Roma

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaMathew Ryan (instagram.com/officialasromainstagram.com/matyryan)

Mathew Ryan telah bergabung dengan banyak klub di beberapa liga Eropa. Sebelum diresmikan sebagai pemain anyar AS Roma pada musim panas 2024, ia tercatat pernah bermain untuk Valencia, Brighton & Hove Albion, Arsenal, hingga AZ Alkmaar. Sebagai kiper utama dan kapten Timnas Australia, pria 32 tahun tersebut telah mencatatkan 92 pertandingan di level internasional bersama Socceroos.

2. Joe Gauci menjadi pelapis Emiliano Martínez di Aston Villa

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaJoe Gauci (instagram.com/joe_gauci)

Joe Gauci merupakan kiper muda berusia 24 tahun. Saat ini, ia bermain untuk Aston Villa meskipun belum pernah mencatatkan sekalipun menit bermain di English Premier League. Ia didatangkan Aston Villa dari Adelaide United pada Februari 2024 dengan nilai transfer mencapai 1,5 juta euro atau setara RpRp25 miliar. Kiper setinggi 194 sentimeter tersebut dianggap punya potensi bagus untuk menggantikan peran Emiliano Martínez jika sewaktu-waktu pergi.

3. Cameron Burgess malang melintang di Liga Inggris sebelum gabung Ipswich Town

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaCameron Burgess (jersei biru) saat bermain untuk Ipswich Town. (instagram.com/cburgess95)

Cameron Burgess adalah pemain yang lahir di Aberdeen, Skotlandia, pada 28 tahun yang lalu. Ia pernah bermain untuk Skotlandia U-19 sebelum memutuskan memilih Australia di level senior. Cameron Burgess sendiri telah malang melintang di banyak klub-klub medioker Liga Inggris. Bek tengah yang mengawali kariernya di akademi Fulham tersebut saat ini bermain untuk Ipswich Town di English Premier League 2024/2025.

Baca Juga: 6 Pemain Liga Top Eropa Hijrah ke Qatar Stars League Musim Panas 2024

4. Alessandro Circati menjadi bek andalan Parma meski baru berusia 20 tahun

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaAlessandro Circati (instagram.com/parmacalcio1913instagram.com/alessandrocircati)

Alessandro Circati telah tampil dua kali untuk Timnas senior Australia di usianya yang masih 20 tahun. Pemain keturunan Italia ini memang dibesarkan di akademi Parma. Pada 2022/2023, ia mampu menembus tim utama Parma yang saat itu masih berlaga di Serie B Italia. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut total telah mencatatkan 58 pertandingan, 1 gol, dan 2 assist di segala kompetisi bagi Parma. Ia juga masih menjadi andalan di lini belakang Parma dalam dua pertandingan awal Serie A Italia 2024/2025.

5. Jackson Irvine kapten utama FC St Pauli di Bundesliga Jerman

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaJackson Irvine (instagram.com/jacksonirvine_)

Jackson Irvine menghabiskan banyak waktunya di Liga Skotlandia sebelum hijrah ke Jerman dan bergabung dengan FC St Pauli pada musim panas 2021. Pengoleksi 69 caps dan 10 gol untuk Timnas Australia tersebut bisa dikatakan cukup sukses di FC St Pauli. Ia berhasil mengantarkan FC St Pauli menjadi juara Bundesliga 2 2023/2024 dan membuat klub tersebut promosi ke Bundesliga. Karena loyalitas dan jam terbang yang ia miliki, gelandang berusia 31 tahun ini juga didapuk sebagai kapten utama klub yang berasal dari Hamburg tersebut.

6. Connor Metcalfe satu tim dengan Jackson Irvine di FC St Pauli

6 Pemain Liga Top Eropa di Skuad Australia untuk Hadapi IndonesiaConnor Metcalfe (instagram.com/connor_metcalfe)

Connor Metcalfe saat ini berada di satu tim yang sama dengan Jackson Irvine. Namun, mantan playmaker Melbourne City tersebut baru datang ke FC St Pauli pada Juli 2022. Selama membela FC St Pauli, ia telah mencatatkan 67 pertandingan dengan berhasil mengemas 6 gol dan 7 assist di berbagai kompetisi. Connor Metcalfe sendiri telah menjadi langganan Timnas Australia sejak debutnya pada Juni 2021.

Kehadiran para pemain liga top Eropa di skuad Australia tentunya harus diwaspadai para pemain Timnas Indonesia. Apalagi, beberapa di antaranya saat ini sedang dalam permainan terbaiknya. Jika tidak ingin mengulangi kekalahan di Piala Asia 2023, tentu saja skuad Garuda harus memiliki strategi tersendiri untuk menghadapi para pemain di atas.

Baca Juga: Profil Celtic FC, Wakil Skotlandia di Liga Champions Eropa 2024/2025

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya