5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

Ada yang bergabung dengan Chelsea

Intinya Sih...

  • Fulham aktif melepas pemain secara gratis dan merekrut baru
  • Tyrese Francois dilepas ke Wigan Athletic, Tim Ream bergabung dengan Charlotte FC di MLS, Marek Rodak pindah ke Al-Ettifaq
  • Bobby De Cordova-Reid memilih bergabung dengan Leicester City, sementara Tosin Adarabioyo gabung dengan Chelsea secara gratis

Fulham menjadi klub papan tengah setelah mengakhiri musim di urutan ke-13 di English Premier League 2023/2024. Kemungkinan besar, mereka bakal mematok target yang lebih tinggi musim depan. Itu tampak dari aktivitas klub berjuluk The Cottagers ini. Mereka cukup aktif dalam bursa transfer musim panas 2024.

Selain merekrut pemain, mereka juga melepas sejumlah penggawa secara gratis. Beberapa di antaranya pergi karena kontrak telah habis. Mereka memilih untuk tidak memperpanjang bakti.

Siapa saja pemain Fulham yang dilepas gratis pada musim panas 2024 itu? Simak di bawah ini, ya!

1. Tyrese Francois harus rela turun kasta ke League One

5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Tyrese Francois (instagram.com/ty_francois)

Tyrese Francois adalah pemain asal Australia yang merupakan produk akademi Fulham. Gelandang berusia 24 tahun ini kesulitan menembus skuad utama mereka. Padahal, ia tampil cukup konsisten ketika bermain untuk tim kelompok umur The Cottagers.

Tyrese Francois sempat dipinjamkan kepada klub Kroasia, HNK Gorica, dan klub Denmark, Vejle BK. Akan tetapi, kapasitasnya untuk bermain di Premier League dianggap belum cukup bagi Manajer Marco Silva. Pada musim panas 2024, ia dilepas gratis Fulham dan langsung bergabung dengan Wigan Athletic di League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

2. Tim Ream pulang ke Amerika Serikat setelah 9 musim bersama Fulham

5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Tim Ream (instagram.com/tim.ream13)

Tim Ream kembali ke Amerika Serikat untuk bergabung bersama Charlotte FC di Major League Soccer (MLS). Pada usianya yang sudah 36 tahun, tampaknya mantan bek tengah Timnas Amerika tersebut bakal kesulitan berkompetisi di Premier League. Hal tersebut yang membuat Fulham melepasnya secara cuma-cuma.

Tim Ream sendiri didatangkan Fulham dari Bolton Wanderers pada Agustus 2015. Ia bermain selama 9 musim bersama klub yang bermarkas di Craven Cottage tersebut. Sebanyak 312 pertandingan, 5 gol, dan 3 assist di segala kompetisi berhasil ia persembahkan kepada Fulham.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Membela Arsenal dan Fulham sebelum Smith Rowe

3. Marek Rodák hijrah ke Arab Saudi untuk membela Al-Ettifaq

5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Marek Rodák (instagram.com/rody.1)

Marek Rodák memiliki statistik yang memprihatinkan bersama Fulham di Premier League 2023/2024. Ia sama sekali tidak pernah diturunkan karena menjadi pelapis Bernd Leno. Padahal, kiper berusia 27 tahun tersebut salah satu kunci keberhasilan Fulham saat promosi ke Premier League 2022/2023.

Pada musim panas 2024 ini, kontraknya bersama The Cottagers telah berakhir. Demi mendapatkan menit bermain, ia pun pindah ke Saudi Pro League untuk bergabung bersama Al-Ettifaq dengan status bebas transfer. Kiper Timnas Slovakia tersebut dikontrak selama 3 musim.

4. Bobby De Cordova-Reid siap mencari tantangan baru

5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Bobby De Cordova-Reid (instagram.com/bobbyreid93)

Bobby De Cordova-Reid dibeli Fulham dari Leicester City pada Januari 2020 dengan harga 8,9 juta euro atau sekitar Rp155 miliar. Ia langsung menjadi winger andalan The Cottagers karena cukup konsisten selama 5 musim terkahir. Sebanyak 209 pertandingan di berbagai kompetisi berhasil ia mainkan dengan mengemas 32 gol dan 18 assist untuk Fulham.

Pemain asal Jamaika ini lalu mencoba mencari tantangan baru di Premier League 2024/2025. Ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya dengan Fulham untuk bergabung dengan Leicester City. Nantinya, ia harus bersaing dengan Issahaku Fatawu untuk memperebutkan tempat utama di posisi sayap kanan.

5. Tosin Adarabioyo memilih untuk bergabung dengan Chelsea

5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024Tosin Adarabioyo (instagram.com/tosinadarabioyo)

Tosin Adarabioyo menambah gemuk skuad Chelsea setelah memutuskan bergabung pada bursa transfer musim panas 2024. Kepindahannya ke Stamford Bridge menyusul kontraknya yang habis bersama Fulham. Chelsea dianggap beruntung karena bisa mendapatkan bek tengah setinggi 196 sentimeter secara gratis.

Di Premier League 2023/2024, pemain berusia 26 tahun ini sendiri tampil dalam 20 laga bersama Fulham. Ia juga berhasil mencetak masing-masing satu gol ke gawang West Ham dan Nottingham Forrest. Keputusannya berlabuh ke Chelsea cukup menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, saat ini, Chelsea memiliki tujuh bek tengah. Kesempatan bermain untuk Tosin Adarabioyo juga tidak sebesar di Fulham.

Banyaknya pemain yang pergi secara gratis dari Fulham sebenarnya menjadi sebuah kerugian tersendiri. Sebab, pemain-penain tersebut memiliki nilai pasar yang cukup tinggi. Apalagi, jika dijual kepada klub besar macam Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain yang Lebih Diandalkan Fulham Dibandingkan Arsenal

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya