3 Pemain Premier League yang Menyeberang ke Scottish Premiership

Demi mendapatkan menit bermain

Premier League dan Scottish Premiership merupakan dua liga yang tidak bisa dipisahkan. Banyak pemain atau manajer dari Premier League yang berpindah ke Scottish Premiership, begitu pun sebaliknya.

Terkhusus untuk pemain, ada sederet nama dari klub Premier League yang memilih hijrah ke Scottish Premiership pada musim panas 2024. Kedatangan mereka ke Liga Skotlandia tampaknya ingin mencari lebih banyak menit bermain. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Ellery Balcombe akan mengenakan jersey St. Mirren FC

3 Pemain Premier League yang Menyeberang ke Scottish PremiershipEllery Balcombe (instagram.com/ellerybalcombe)

Ellery Balcombe memulai kariernya di Akademi Brentford dan telah memainkan banyak pertandingan dengan berbagai tim kelompok umur Brentford. Kiper asal Inggris tersebut baru bisa promosi ke skuad senior Brentford pada Juli 2018. Namun, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain daripada bermain untuk Brentford sendiri.

Beberapa klub medioker Inggris menjadi tujuan Ellery Balcombe. Kiper berusia 24 tahun ini telah dipinjamkan ke Boreham Wood, Doncaster Rovers, Burton Albion, Crawley Town, hingga Bristol Rovers. Ia juga pernah bergabung dengan klub Denmark, Viborg FF, pada 2019/2020.

Ellery Balcombe saat ini telah resmi berseragam St. Mirren FC dan akan bermain di Scottish Premiership 2024/2025. Ia didatangkan St. Mirren FC dengan status pinjaman dari Brentford. Kemungkinan besar, kiper setinggi 190 sentimeter ini bakal menjadi andalan St. Mirren FC di bawah mistar gawang.

2. Sempat dipinjam, Corrie Ndaba dipermanenkan Kilmarnock FC

3 Pemain Premier League yang Menyeberang ke Scottish PremiershipCorrie Ndaba (instagram.com/corriendaba)

Corrie Ndaba sudah bermain di Scottish Premiership sejak 2023/2024 setelah dipinjamkan Ipswich Town ke Kilmarnock FC. Penampilannya bersama klub yang bermarkas di Rugby Park tersebut cukup konsisten dan berhasil membawa Kilmarnock FC ke Scottish Premiership Top Six Split. Catatan tersebut membuat bek kiri asal Irlandia ini langsung dipermanenkan.

Ia ditebus dari Ipswich Town dengan nominal transfer yang tidak disebutkan. Ini tentu menjadi langkah yang bagus bagi Corrie Ndaba. Bersama Ipswich Town, ia benar-benar kesulitan bersaing dan tidak mendapat tempat reguler. Bahkan, ini terjadi ketika Ipswich Town masih berlaga di EFL Championship.

Corrie Ndaba sendiri sudah bergabung bersama Ipswich Town saat usianya masih 16 tahun. Ia kemudian bermain untuk beberapa tim kelompok usia Ipswich Town. Sayangnya, saat sudah masuk ke level senior, penampilannya sebagai bek kiri dianggap menurun.

3. Viljami Sinisalo pindah ke Celtic setelah tidak pernah bermain untuk Aston Villa

3 Pemain Premier League yang Menyeberang ke Scottish PremiershipViljami Sinisalo (instagram.com/viljami.sinisalo)

Viljami Sinisalo didatangkan Aston Villa dari klub lokal Finlandia, FC Espoo pada Januari 2017. Ia memulai petualangannya bersama The Villans dengan bergabung ke tim U18 terlebih dahulu. Akan tetapi, sampai usianya 22 tahun, Viljami Sinisalo belum pernah sama sekali bermain untuk tim senior Aston Villa.

Kiper Timnas Finlandia tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya bersama Aston Villa U21 yang bermain di Premier League 2. Pada 2023/2024, ia juga hanya dipinjamkan ke klub kasta ketiga Liga Inggris, Exeter City. Bersama Exeter City, ia menjadi andalan dengan tampil sebanyak 45 kali di sepanjang League One 2023/2024.

Penampilannya bersama Exeter City itulah yang kemudian membuat raksasa Skotlandia, Celtic berminat untuk memboyongnya. Viljami Sinisalo langsung dibeli Celtic dari klub induknya, Aston Villa, dengan banderol 1,2 juta euro atau sekitar Rp20 miliar. Setidaknya, kesempatan mendapat menit bermain di Scottish Premiership jauh lebih besar dibanding di Premier League.

Sederet nama di atas bakal meramaikan Scottish Premiership 2024/2025. Tentunya, dengan bergabung bersama klub Skotlandia, mereka tidak perlu susah payah beradaptasi. Gaya permainan klub Scottish Premiership yang hampir sama dengan kebanyakan tim di Inggris, akan membuat mereka lebih mudah dalam memahami taktik dan strategi yang diberikan oleh pelatih.

Baca Juga: 4 Pemain Terakhir yang Diboyong Aston Villa dari Everton

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya