4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu Kualitas

Jadi ajang pembuktian #EURO2024

Sebagai klub papan atas Super Lig Turki dan cukup tenar di sepak bola Eropa, Besiktas banyak mengirim pemain ke tim nasional untuk tampil di Euro 2024. Pemain senior hingga pemain muda berlabel wonderkid juga tak luput dari pemanggilan. Jika mampu bermain bagus di Euro 2024, nilai jual mereka kemungkinan akan naik. Ini merupakan hal yang bagus untuk Besiktas.

Nah, kira-kira siapa saja pemain Besiktas yang tampil di Euro 2024? Berikut daftarnya.

1. Mert Günok tetap jadi pilihan utama di bawah mistar Turki

4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu KualitasMert Günok (instagram.com/mertgunok_34)

Mert Günok merupakan seorang kiper kawakan di Timnas Turki yang usianya sudah 35 tahun di Euro 2024. Kiper ini sudah malang melintang di berbagai klub domestik turki. Kini, ia bermain untuk Besiktas sejak didatangkan dari Basaksehir pada bursa transfer musim panas 2021/2022.

Kiper yang mengawali kariernya bersama Fenerbahce ini menjadi kiper utama Turki. Bahkan, ia bermain penuh pada laga pembuka Grup F melawan Georgia pada Selasa (18/6/2024). Namun, saat Turki dibantai Portugal 0-3 Sabtu (22/6/2024) lalu, Mert Günok absen karena cedera yang belum diketahui pasti penyebabnya. Ia digantikan kiper Manchester United, Altay Bayındır.

2. Cenk Tosun punya pengalaman yang dibutuhkan untuk lini serang Turki

4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu KualitasCenk Tosun (instagram.com/cenktosun)

Mantan pemain Everton yang kini berseragam Besiktas, Cenk Tosun, turut ambil bagian di Euro 2024 dengan bergabung bersama Timnas Turki. Meskipun usianya sudah 33 tahun, penampilannya yang konsisten bersama Besiktas di Super Lig 2023/2024 membuatnya dipanggil Pelatih Vincenzo Montella. Pengalamannya di level tertinggi sepak bola Eropa dianggap masih tersisa.

Sayangnya, hingga matchday kedua Grup F Euro 2024, penyerang yang sudah mencetak 20 gol untuk Turki di segala ajang tersebut belum pernah main sama sekali. Posisinya masih kalah dengan pemain muda Galatasaray, Barış Alper Yılmaz yang tidak tergantikan. Padahal, Yılmaz merupakan seorang winger yang mau tidak mau harus menjadi striker. Ini tentu jadi tanda tanya. Ke mana striker asli macam Cenk Tosun? Kenapa malah menjadi cadangan?

Baca Juga: 5 Fakta Volksparkstadion, Salah Satu Venue Euro 2024

3. Semih Kılıçsoy bakal jadi wonderkid Turki di Euro 2024

4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu KualitasSemih Kılıçsoy (instagram.com/semihkilicsoy9)

Semih Kılıçsoy termasuk pemain muda yang dibawa pelatih Turki, Vincenzo Montella, ke Euro 2024 Jerman. Ia diharapkan bisa menjadi wonderkid yang bersinar pada turnamen 4 tahunan itu. Di Super Lig 2023/2024 sendiri, penyerang berusia 20 tahun tersebut berhasil membuat 23 penampilan dengan 11 gol. Cukup tajam, bukan?

Meski memiliki kapasitas yang meyakinkan, ia belum pernah sekali pun turun pada pertandingan Euro 2024. Ia hanya duduk di bangku cadangan bersama penyerang senior, Cenk Tosun, dalam laga kontra Georgia dan Portugal. Kemungkinan ia dimainkan kontra Republik Ceko juga cukup sedikit. Mengingat Turki butuh kemenangan yang meyakinkan untuk bisa menempatkan mereka ke babak 16 besar.

4. Ernest Muci belum bisa masuk skuad utama Albania

4 Pemain Besiktas yang Tampil di Euro 2024, Adu KualitasErnest Muci (instagram.com/ernest_muci)

Rasa-rasanya, hampir semua pemain Besiktas yang dibawa negaranya ke Euro 2024 hanya sebagai pelapis. Nasib yang sama dialami Ernest Muci yang membela Albania. Menjadi pemain andalan di Besiktas di Super Lig 2023/2024 tidak menjamin pemain muda ini berada di skuad utama. Ia kalah bersaing dengan pemain Sassuolo, Nedim Bajrami, yang sudah mencetak satu gol ke gawang Italia pada Sabtu (15/6/2024).

Meski begitu, ini bukan akhir dari seorang Ernest Muci. Usianya yang baru 23 tahun membuat pintu untuk menjadi gelandang serang utama Timnas Albania masih terbuka lebar. Apalagi jika ia bisa meneruskan penampilannya yang impresif bersama Besiktas. Bukan tak mungkin mantan pemain Legia Warszawa ini bisa menjadi komoditas panas pada bursa transfer tengah tahun.

Melihat para pemain Besiktas yang hanya menjadi pelapis di timnas negaranya merupakan suatu hal yang menyedihkan. Mengingat mereka merupakan tim yang cukup besar namanya di sepak bola Turki dan Eropa. Kira-kira, siapa dari pemain-pemain di atas yang menurut kamu bakal bisa bersaing pada Euro 2024?

Baca Juga: Riwayat Keikutsertaan Skotlandia di 4 Edisi Euro, Selalu Gagal!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya