6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di Euro

Salah satunya tampil di #EURO2024

Intinya Sih...

  • Belanda salah satu negara favorit juara Euro
  • Nama-nama besar seperti Patrick Kluivert hingga Robin van Persie mencatatkan namanya di Euro
  • Kluivert, Van Nistelrooy, Van Basten, Bergkamp, Van Persie, dan Memphis Depay adalah enam pemain Belanda dengan torehan gol terbanyak di Euro

Belanda salah satu negara favorit juara Euro. Mereka memang punya banyak pemain berlabel bintang, termasuk para strikernya yang terkenal ganas di depan gawang lawan. Nama-nama besar seperti Patrick Kluivert hingga Robin van Persie mungkin tidak pernah terlupakan.

Beberapa pemain asal Belanda juga berhasil mencatatkan namanya di Euro. Itu seperti enam pemain Belanda dengan torehan gol terbanyak di Euro berikut ini.

1. Patrick Kluivert mampu mencetak setengah lusin gol di Euro

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroPatrick Kluivert (instagram.com/patrickkluivert9)

Patrick Kluivert merupakan legenda Belanda yang namanya bersinar bersama beberapa klub top Eropa. Ajax Amsterdam, AC Milan, Barcelona, hingga Newcastle pernah dibela pemain yang berposisi sebagai striker ini. Kluivert memang terkenal kuat dan tajam di lini depan. Bersama Timnas Belanda, ia mengoleksi 79 caps dan berhasil mencetak 40 gol. Enam gol di antaranya ia cetak kala bermain untuk De Oranje di Euro.

2. Ruud van Nistelrooy menyamai torehan Patrick Kluivert di Euro

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroRuud van Nistelrooy (instagram.com/rvnistelrooij)

Ruud van Nistelrooy cukup dikenal karena menjadi salah satu legenda Manchester United. Selain The Red Devils, striker kelahiran 1 Juli 1976 ini juga pernah berseragam Real Madrid. Ruud van Nistelrooy punya statistik gol yang cukup banyak saat masih menjadi pemain, termasuk sepanjang keikutsertaannya di Euro bersama Timnas Belanda. Dari 8 penampilannya di 2 edisi Euro berbeda, ia mampu mencetak total 6 gol untuk De Oranje.

3. Marco van Basten sangat ganas saat menjadi striker Belanda di Euro 1988

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroMarco van Basten (instagram.com/marcovanbasten)

Marco van Basten adalah legenda AC Milan dan Timnas Belanda pada medio 1980-an. Hingga pensiun pada Agustus 1995, mantan pemain yang juga pernah mengenakan jersey Ajax Amsterdam ini sudah tampil dalam 58 laga bersama Timnas Belanda. Torehan golnya di level internasional juga tidak sedikit. Ia berhasil menyumbang 24 gol dalam berbagai ajang. Lima gol ia cetak di Euro 1988, termasuk hattrick ke gawang Inggris. Sementara, di Euro 1992, ia tidak bisa mencetak sebiji gol pun meski mampu mengantarkan Belanda sampai ke semifinal.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Absen dari Euro 2024, Mengapa?

4. Dennis Bergkamp berhasil mencetak gol dari tiga edisi Euro yang diikuti

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroDennis Bergkamp (jersey oranye) bermain bersama Timnas Belanda. (instagram.com/officialdennisbergkamp)

Catatan penampilan dan gol Dennis Bergkamp bersama Timnas Belanda tak kalah mentereng. Sejak debut untuk Timnas Belanda pada September 1990, mantan pemain Inter Milan dan Arsenal ini selalu menjadi andalan di lini depan De Oranje. Selama kariernya, ia telah mengikuti tiga edisi Euro berbeda. Tepatnya di Euro 1992, Euro 1996, dan Euro 2000. Dari catatannya tersebut, Dennis Bergkamp telah mencetak 4 gol dan 4 assist.

5. Robin van Persie nyatanya tak terlalu gacor saat bermain di Euro

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroRobin van Persie (instagram.com/robinvanpersie)

Robin van Persie memang menjadi pemain dengan gol terbanyak untuk Timnas Belanda sepanjang sejarah. Hingga pensiun, ia sudah mencetak 50 gol dari 102 penampilan bersama De Oranje. Namun, ketajaman dari mantan bintang Arsenal serta Manchester United ini tidak terlalu teruji di Euro. Dari 2 kali keikutsertaannya di 2 edisi Euro berbeda, Robin van Persie hanya mampu menciptakan 3 gol.

6. Memphis Depay punya peluang untuk menambah golnya

6 Pemain Belanda dengan Torehan Gol Terbanyak di EuroMemphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Memphis Depay tentunya menjadi pemain yang masih berpeluang menambah golnya di Euro. Striker berusia 30 tahun asal Atletico Madrid tersebut memang menjadi andalan di lini depan Timnas Belanda untuk Euro 2024. Sejak keikutsertaannya di Euro 2020 lalu, ia berhasil mencetak tiga gol. Timnas Belanda lolos ke babak delapan besar Euro 2024 sehingga membuat Depay punya kesempatan menambah jumlah golnya untuk menyamai atau bahkan melewati torehan Dennis Bergkamp.

Di tengah kabar krisis striker yang dialami Timnas Belanda saat ini, tampaknya Memphis Depay mesti jadi andalan. Kira-kira seperti apa perjalanan Depay dan Belanda di sisa Euro 2024? Menarik untuk dinantikan!

Baca Juga: 6 Pemain Swiss Super League yang Tampil di Euro 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya