5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025

Didominasi pemain muda

Newcastle United merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Inggris. Seperti kebanyakan klub English Premier League lainnnya, Newcastle United juga memiliki akademi yang menaungi tim juniornya. Meskipun tak seterkenal akademi Manchester United atau akademi Southampton, akademi Newcastle United juga berhasil memproduksi beberapa pemain berkualitas.

Newcastle United terbilang cukup sering mempromosikan para pemain mudanya ke tim senior. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga memanggil kembali pemain jebolan akademinya yang sukses di klub lain. Siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Alex Murphy telah dipromosikan ke skuad utama sejak 2023/2024

5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025Alex Murphy (instagram.com/nufc)

Alex Murphy telah dipromosikan ke skuad utama Newcastle United pada Premier League 2023/2024. Ia bahkan sempat tampil dua kali meskipun hanya sebagai pemain pengganti. Hal tersebut yang membuat bek kiri asal Irlandia berusia 20 tahun ini tetap dipertahankan The Magpies untuk Premier League 2024/2025.

Padahal, Alex Murphy terhitung baru 2 musim bergabung dengan akademi Newcastle United. Ia didatangkan dari klub Irlandia, Galway United, pada musim panas 2022. Penampilannya yang apik bersama Newcastle United U-21 di Premier League 2, membuatnya cukup cepat dipromosikan ke tim senior.

2. Joe White telah tampil empak kali bersama tim senior Newcastle United

5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025Joe White (instagram.com/joe.white8)

Joe White pernah bermain untuk Newcastle United di berbagai kelompok usia. Mengawali kariernya di akademi Newcastle United, ia sempat dipinjamkan The Magpies kepada beberapa klub divisi bawah Inggris. Hartlepool, Exeter City, dan Crewe Alexandra merupakan deretan klub yang pernah menggunakan jasa Joe White.

Playmaker berusia 21 tahun tersebut mencatatkan empat penampilan bersama tim senior Newcastle United di Premier League 2023/2024. Dirasa punya potensi bagus, Joe White kemudian tetap dipertahankan Newcastle United untuk mengarungi Premier League 2024/2025. Apalagi, saat ini The Magpies tidak punya playmaker murni di skuadnya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Newcastle United pada Musim Panas 2024

3. Lewis Miley menjadi pemain termuda di skuad The Magpies

5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025Lewis Miley (instagram.com/lewis_mileyy)

Lewis Miley benar-benar menjadi tumpuan utama di lini tengah The Magpies saat usianya masih berada di angka 18 tahun. Wonderkid jebolan akademi Newcastle United ini tampil cukup apik sejak debutnya di tim senior pada September 2023. Bahkan, ia total sudah tampil 27 kali di berbagai kompetisi bersama tim senior Newcastle United.

Penampilan apiknya mulai terlihat saat membela tim U-18 Newcastle United. Lewis Miley cukup pandai mengatur serangan dan mengalirkan bola saat berperan sebagai gelandang. Berkat performa impresifnya, ia berhasil mendapat panggilan dari Timnas Inggris U-20 pada Maret 2024.

4. Sean Longstaff sempat dipinjamkan kepada Blackpool dan Kilmarnock FC

5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025Sean Longstaff (instagram.com/seanlongstaff97instagram.com/nufcinstagram.com/thecarabaocup)

Premier League 2024/2025 bakal menjadi musim ketujuh bagi Sean Longstaff berseragam Newcastle United. Ia berhasil promosi dari akademi Newcastle United ke tim senior untuk pertama kalinya pada 2018/2019. Sebelumnya, ia juga sempat dipinjamkan kepada Blackpool dan klub Skotlandia, Kilmarnock FC.

Selama bermain untuk Newcastle United, sebanyak 185 pertandingan di berbagai ajang, 16 gol, dan 10 assist berhasil ia catatkan. Di Premier League 2024/2025, ia juga belum pernah absen dalam dua pertandingan awal menghadapi Southampton dan AFC Bournemouth. The Magpies sendiri memilih untuk memperpanjang kontraknya karena peran Longstaff di lini tengah yang masih sangat dibutuhkan.

5. Dan Burn sudah malang melintang di berbagai klub Inggris

5 Pemain Jebolan Akademi di Skuad Newcastle United 2024/2025Dan Burn (instagram.com/nufc)

Dan Burn sudah malang melintang di beberapa klub Inggris dari divisi bawah hingga Premier League. Sebelum menjadi bek kiri andalan Newcastle United, ia pernah bermain untuk Birmingham City, Wigan Athletic, Fulham, hingga Brighton & Hove Albion. Meskipun tampil cukup menjanjikan, namun ia tidak pernah dipanggil Timnas Inggris.

Dan Burn mengawali kariernya di akademi Newcastle United. Performanya yang tidak terlalu menonjol saat masih remaja membuat ia harus rela pergi dari akademi Newcastle United demi mendapat menit bermain di klub lain. Setelah menunjukkan peningkatan dalam segi permainan, ia kemudian dibeli kembali oleh Newcastle United dari Brighton & Hove Albion pada Januari 2022.

Jika ingin tampil reguler seperti kedua seniornya tersebut, Alex Murphy, Joe White, dan Lewis Miley harus bisa menunjukkan performa yang konsisten. Kerja keras dan pemahaman taktik yang diberikan pelatih menjadi kunci penampilan mereka. Jika tidak ada perkembangan, bukan tak mungkin mereka akan dipinjamkan atau bahkan dijual ke klub lain.

Baca Juga: Pemain Newcastle dan Southampton Ribut di Lorong Stadion

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya