4 Pemain Afrika yang Memperkuat Southampton pada 2024/2025

Dua pemain dari Nigeria

Southampton merupakan salah satu tim English Premier League 2024/2025. Klub berjuluk The Saints tersebut saat ini telah memiliki cukup banyak pemain di skuadnya. Dari 31 pemain yang dimiliki Southampton, 4 di antaranya merupakan pemain asal Afrika.

Ada pemain yang sudah lama bergabung dengan Southampton, ada juga yang baru direkrut pada bursa transfer musim panas 2024. Siapa saja dan seperti apa rekam jejaknya? Berikut daftarnya!

1. Joe Aribo tampil cukup konsisten bersama Southampton

4 Pemain Afrika yang Memperkuat Southampton pada 2024/2025Joe Aribo (instagram.com/j.aribo_)

Joe Aribo merupakan gelandang berusia 28 tahun asal Nigeria. Ia diangkut Southampton dari klub raksasa Skotlandia, Rangers FC, pada musim panas 2022. Untuk mendapatkan jasa pengoleksi 34 caps bersama Timnas Nigeria tersebut, The Saints harus mengeluarkan uang sebesar 7,10 juta euro atau setara Rp121 miliar.

Harga itu sebanding dengan kualitas yang ditunjukkan Joe Aribo. Mantan pemain Charlton Athletic tersebut tampil cukup apik di lini tengah. Meski sempat terdegradasi pada musim pertamanya bersama Southampton, ia menjadi otak permainan The Saints di EFL Championship 2023/2024. Berkat penampilannya yang konsisten, ia dipertahankan Southampton setelah berhasil promosi kembali ke Premier League.

2. Kamaldeen Sulemana kerap mendapat kepercayaan untuk tampil

4 Pemain Afrika yang Memperkuat Southampton pada 2024/2025Kamaldeen Sulemana (instagram.com/southamptonfcinstagram.com/efl)

Kamaldeen Sulemana mengawali kariernya di Eropa dengan bergabung bersama klub Denmark, FC Nordsjaelland. Sempat bermain untuk Stade Rennais, performanya yang meningkat membawa winger asal Ghana itu berhasil tampil di Premier League. Southampton menjadi pelabuhan baru Kamaldeen Sulemana setelah The Saints merekrutnya pada Januari 2023.

Meski sukses debut di Premier League 2022/2023, Kamaldeen Sulemana harus rela terdegradasi bersama Southampton. Di EFL Championship 2023/2024, ia sebenarnya sering mendapatkan kesempatan bermain. Akan tetapi, pemain berusia 22 tahun tersebut kerap berkutat dengan cedera. Pada tiga laga awal Premier League 2024/2025, ia juga belum pernah diturunkan Manajer Russell Martin.

Baca Juga: 4 Pemain Baru Southampton dari Sesama Klub Premier League

3. Paul Onuachu kembali dari masa peminjamannya di Trabzonspor

4 Pemain Afrika yang Memperkuat Southampton pada 2024/2025Paul Onuachu saat dipinjamkan Southampton kepada Trabzonspor. (instagram.com/trabzonsporinstagram.com/paulebere)

Paul Onuachu telah kembali dari masa peminjamannya selama 1 musim di klub Super Lig Turki, Trabzonspor. Striker asal Nigeria ini memang tampil kurang memuaskan setelah didatangkan Southampton dari KRC Genk pada Januari 2023. Dari 11 pertandingan yang dilaluinya bersama Southampton di Premier League 2022/2023, ia sama sekali belum mencetak 1 gol pun.

Padahal, penyerang dengan 25 caps bersama Timnas Negeria ini cukup tajam saat masih berseragam KRC Genk. Selama bermain untuk klub asal Belgia itu, sebanyak 85 gol berhasil ia kemas dari 134 pertandingan di berbagai kompetisi. Dengan tidak adanya tanda-tanda peminjaman lagi, tampaknya Southampton akan memberikan kesempatan bagi Paul Onuachu untuk bisa tampil maksimal di Premier League 2024/2025.

4. Maxwel Cornet dipinjam dari West Ham United

4 Pemain Afrika yang Memperkuat Southampton pada 2024/2025Maxwel Cornet (instagram.com/cornetmaxwel)

Pemain internasional Pantai Gading, Maxwel Cornet, baru saja diresmikan sebagai penggawa anyar Southampton untuk mengarungi Premier League 2024/2025. Ia dipinjam dari West Ham United dengan durasi 1 tahun. Minimnya kesempatan bermain di West Ham United membuat winger berusia 27 tahun tersebut memilih bergabung dengan The Saints.

Selain West Ham United, klub Premier League lain yang pernah dibela Maxwel Cornet adalah Burnley. Selama bermain di Premier League, ia telah mencatatkan 47 pertandingan, 10 gol, dan 1 assist. Maxwel Cornet sendiri diharapkan bisa kembali menunjukkan permainan terbaiknya di skuad Southampton. Sebelum pindah ke Premier League, ia pernah menjadi salah satu winger terbaik Ligue 1 Prancis saat masih membela Olympique Lyon.

Keempat pemain Afrika di atas tentu saja akan menjadi senjata bagi Southampton dalam mengarungi Premier League 2024/2025. Daya juang tinggi para pemain Afrika memang menjadi salah satu kesukaan klub-klub Premier League. Tak heran, bila cukup banyak pemain asal Afrika yang meniti karier di EPL.

Baca Juga: 3 Pembelian Southampton dari Klub Premier League pada 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya