4 Mantan Pemain Fulham yang Bermain di Saudi Pro League

Aleksandar Mitrovic salah satunya

Saudi Pro League mulai dikenal orang berkat Cristiano Ronaldo yang merapat ke Al-Nassr. Setelah itu, banyak klub Arab Saudi memutuskan untuk merekrut pemain dari liga top Eropa. Tak heran nama-nama pesepak bola top pun menghiasi klub-klub yang bermain di kasta tertinggi di sana.

Beberapa pemain yang saat ini merumput di Saudi Pro League adalah mantan pemain Fulham. The Cottagers, julukan mereka, memang menjadi salah satu klub English Premier League yang akhir-akhir ini rutin menyuplai pemain ke Arab Saudi. Lantas, siapa saja mantan pemain Fulham yang bermain di Saudi Pro League saat ini?

1. Seko Fofana satu tim dengan Cristiano Ronaldo

4 Mantan Pemain Fulham yang Bermain di Saudi Pro LeagueSeko Fofana (instagram.com/sekofofana)

Seko Fofana pernah menjadi pemain yang dipinjam Fulham dari Manchester City. Ia bermain selama 1 musim bersama Fulham yang kala itu masih berlaga di EFL Championship 2014/2015. Gelandang asal Pantai Gading ini bermain sebanyak 21 kali dan mencetak 1 gol sepanjang musim itu.

Seko Fofana sendiri pindah ke Saudi Pro League pada bursa transfer musim panas 2023 dengan bergabung bersama Al-Nassr. Ia dibeli dari klub Ligue 1 Prancis, RC Lens, dengan harga 25 juta euro atau setara Rp435 miliar. Pada pertengahan Saudi Pro League 2023/2024, ia sempat dipinjamkan kepada Al-Ettifaq hingga Juni 2024. Sekarang, ia telah kembali ke Al-Nassr.

2. Moussa Dembélé pernah bermain untuk Fulham U-18 hingga tim senior

4 Mantan Pemain Fulham yang Bermain di Saudi Pro LeagueMoussa Dembélé (instagram.com/mdembele_10)

Moussa Dembélé bermain untuk Fulham U-18 saat didatangkan dari akademi Paris Saint-Germain pada musim panas 2012. Ia baru promosi ke tim senior pada Juli 2014. Striker asal Prancis itu lalu mencatatkan 64 penampilan dengan mengemas 19 gol dan 9 assist di berbagai kompetisi.

Sebelum bergabung dengan Al-Ettifaq pada musim panas 2023, ia berstatus sebagai pemain Olympique Lyon. Al-Ettifaq sendiri mengamankan jasa pemain berusia 28 tahun tersebut secara gratis. Di Saudi Pro League 2023/2024, Moussa Dembélé lantas berhasil mencetak 12 gol dari 25 laga bersama Al-Ettifaq.

3. Aleksandar Mitrovic tampil cukup tajam di Saudi Pro League

4 Mantan Pemain Fulham yang Bermain di Saudi Pro LeagueAleksandar Mitrovic (instagram.com/alhilalinstagram.com/aleksandar_mitrovic_45)

Aleksandar Mitrovic saat ini menjadi salah satu striker yang paling mengerikan di Saudi Pro League. Sejak bergabung dengan Al-Hilal pada bursa transfer musim panas 2023, ia telah mencetak 40 gol dari 43 laga di berbagai kompetisi. Pemain asal Serbia ini juga berada di urutan kedua dalam daftar top skor Saudi Pro League 2023/2024 dengan 28 gol, tepat di bawah Cristiano Ronaldo yang mengemas 35 gol.

Keputusan Aleksandar Mitrovic pindah ke Arab Saudi sempat membuat kejutan. Pasalnya, ketika masih bermain untuk Fulham, mantan pemain RSC Anderlecht ini banyak diincar klub-klub top Eropa. Namun, ia memutuskan untuk bergabung dengan klub Arab Saudi. Untuk mendapatkan jasa Mitrovic, Al-Hilal harus mengeluarkan uang yang cukup fantastis, sekitar 52,6 juta euro atau sekitar Rp979 miliar.

4. Marek Rodák yang minim menit bermain di Fulham hijrah ke Saudi Pro League

4 Mantan Pemain Fulham yang Bermain di Saudi Pro LeagueMarek Rodák (instagram.com/rody.1)

Marek Rodák bakal debut di Saudi Pro League 2024/2025 setelah bergabung dengan Al-Ettifaq. Kiper asal Slovakia berusia 27 tahun ini pergi secara gratis dari Fulham karena kontraknya tidak diperpanjang. Kesempatan bermain yang sedikit juga menjadi alasannya untuk pindah ke Arab Saudi.

Marek Rodák sebenarnya kiper yang membantu Fulham promosi ke Premier League 2022/2023. Namun, sejak musim itu pula, ia kalah bersaing dengan Bernd Leno di sektor penjaga gawang. Ia bahkan tidak pernah dimainkan di Premier League 2023/2024.

Saudi Pro League terus menjadi destinasi yang cukup menarik bagi pemain yang saat ini berkarier di Eropa. Gaji besar dan kompetisi yang tidak terlalu berat macam kompetisi di Eropa mencuri perhatian mereka. Kira-kira, setelah nama-nama di atas, adakah mantan pemain Fulham lain yang akan menyusul ke Arab Saudi?

Baca Juga: 5 Pemain Fulham yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya